Tips Memulai Podcast

Tertarik Memulai Podcast? Simak 7 Tips Ini Terlebih Dahulu!

Baru-baru ini podcast semakin banyak diminati oleh berbagai kalangan, khususnya remaja. Bertambahnya peminat hingga sekarang membuat aktivitas penyiaran yang menyerupai radio ini pun terus berkembang.

Seorang podcaster tidak hanya memiliki tujuan untuk memberikan informasi tertentu kepada audiens. Justru kini podcast diminati karena mampu memberikan penghasilan tertentu seperti layaknya media informasi lainnya. Jika kamu berminat untuk memulai punya channel podcast sekaligus memperoleh penghasilan, kamu harus memperhatikan tips-tips di bawah ini.

BACA JUGA: Hindari Penggunaan Kartu Kredit Berlebihan! Begini Cara Mengatasinya

1. Siapkan prasarana yang mumpuni

Menjadikan podcast sebagai penghasilan sudah pasti kamu harus teliti dalam mempersiapkan semua yang dibutuhkan dalam membuat konten. Dalam hal ini tips pertama memulai podcast kamu harus memerhatikan prasarana yang digunakan mempengaruhi kualitas audio visual yang dibuat.

Mengandalkan headset dan microfon gadget hanya akan menghasilkan suara layaknya voice note, sangat tidak direkomendasikan untuk podcast yang ditujukan untuk memperoleh profit. Untuk itu buatlah pendengar nyaman dengan kualitas audio yang jernih dan berkualitas.

2. Mampu berbicara yang mengalir

Sumber: www.inc.com

Menjadi seorang podcaster dituntut untuk bisa berbicara banyak tanpa terbelit-belit. Dalam topik apapun seorang yang membangun podcaster harus mampu menguasai materinya. Atau paling tidak bisa menyesuaikan apa saja perkataan yang relevan dengan topik untuk disampaikan podcaster.

Selain itu, sebagai pembicara kamu juga harus bisa menyesuaikan gaya bahasa dengan karakter topik yang diangkat. Kamu harus tahu momen yang pas untuk santai, serius, tegang, haru, dan sebagainya.

3. Menyiapkan skrip yang menarik

Sumber: pengisisuara.com

Menyusun skenario pembicaraan penting untuk membuat siaran podcast yang terarah. Skrip ini juga wajib bagi Kamu yang masih termasuk podcaster pemula. Pembuatan skrip dapat meminimalisir agar pembicaraan tidak merembet ke luar materi.

Siapkan skrip untuk membuat podcast yang mengalir. Sebab skrip bisa mempengaruhi audiens agar tetap terhubung selama podcastmu berlangsung.

4. Mengenal kebutuhan audiens

Sumber: castos.com

Dalam membuat skrip tidak hanya fokus pada skenario yang mengalir, namun kamu juga harus mempertimbangkan materi yang dibutuhkan oleh audiesmu.

Membaca apa yang dicari dan diminati oleh audiens akan membantumu menentukan topik yang relevan untuk siaran podcast nantinya. Jangan sampai kamu membuat materi yang tidak banyak peminatnya. Sebab peluang untuk memperoleh penghasilan jadi lebih sulit karena tidak mampu menjangkau banyak audiens.

5. Membangun konten informatif

Setelah mengetahui materi yang relevan dengan kebutuhan audies, tips berikutnya adalah membuat konten siaran yang informatif. Maksudnya, sebagai podcaster kamu harus mampu menjawab sesuatu yang seolah-olah menjadi pertanyaan audiens.

Seorang audiens mendengarkan podcastmu karena mereka ingin memperoleh sesuatu yang diinginkan. Jadi kamu harus mampu memenuhi keinginan tersebut melalui jaringan podcast yang dijalankan.

6. Menentukan program serial

Membuat konten dengan program serial bisa meningkatkan intensitas audiens dalam setaip siaran podcast yang kamu buat. Kalau kamu yakin materi yang dibangun memiliki kemampuan menarik banyak audiens, maka usahakan jangan menyelesaikan materi tersebut untuk sekali siaran podcast.

Justru dengan memanfaatkan materi tersebut untuk beberapa serial layaknya episode yang tayang secara berkelanjutan, kamu bisa memperoleh audiens yang banyak secara akumulatif. Sebab audiens akan menjadi subscribermu untuk bisa mengakses kelanjutan dari materi sebelumnya yang Kamu siarkan.

7. Mencari suntikan dana

Setelah mampu menjangkau banyak audiens dengan tips-tips diatas, kamu akan memiliki kesempatan untuk memperoleh penghasilan dengan memanfaatkannya. Pertahankan audiensmu agar tetap royal dengan konsisten membangun siaran yang berkualitas. Dengan begitu, secara berkelanjutan podcastmu akan memiliki audiens yang stabil.

Penghasilan dari podcaster bisa kamu dapatkan melalui beberapa metode sebagai berikut.

a. Metode Adlibs

Metode yang dimaksud di sini adalah membacakan sebuah iklan tertentu oleh podcaster yang akan melakukan siaran secara langsung. Sebelumnya kamu harus membuat skrip khusus untuk iklan ini.

b. Metode sponsor

Periklanan dengan metode ini memungkinkan kamu melakukan kerjasama dengan klien pemberi sponsor untuk membuat siaran khusus mengenai iklan jasa/produk.

c. Metode donasi

Memiliki audiens yang royal dan menyukai hasil podcastmu bukan tidak mungkin mereka akan memberimu donasi agar podcastmu berkembang. Dengan begitu mereka bisa mendengarkan siaranmu untuk jangka panjangnya.

d. Metode berbayar

Yakin dengan kualitas podcast yang dimiliki, kamu bisa mengubahnya menjadi layanan berbayar untuk audiens yang mau mendengarkan siaranmu.

Selain beberapa metode tersebut, kamu juga dapat mencoba menjual produk sendiri dengan menawarkannya secara lisan. Misalnya jika siaran pada podcastmu membicarakan tentang seputar kesehatan, kamu bisa menawarkan resep obat, produk kecantikan, atau lainnya yang masih berkaitan dengan materi tersebut. Nah tips-tips diatas merupakan cara sederhana buat kamu memulai podcast. Sudah siap?

BACA JUGA:

Mau Mendapatkan Uang Dari Youtube? Begini 4 Cara Mudah Yang Perlu Kamu Ketahui

Mau Menjadi Affiliate Marketer? Begini Cara Mudah yang Bisa Kamu Lakukan!

4 Cara Mudah Untuk Mendapatkan Penghasilan Melalui Blog 

——-

Tamasia adalah Aplikasi beli emas mulai dari Rp 10.000 sehingga kamu bisa memulai untuk punya tabungan emas dan berinvestasi di emas. Tamasia berada di bawah pengawasan Bappebti. Emas aman tersimpan di lembaga kliring resmi dan 100% didukung oleh emas LM Antam. Download gratis sekarang di android (klik disini) atau iOS (klik disini)

Facebook Comments

Share your thoughts