Cara Menjadi Affiliate Marketer

Mau Menjadi Affiliate Marketer? Begini Cara Mudah Yang Bisa Kamu Lakukan!

Seiring dengan berkembangnya bisnis berbasis digital yang terus meningkat dari waktu ke waktu, mencari uang melalui internet kini semakin mudah. Siapapun bisa memulai usahanya dengan memanfaatkan berbagai program bisnis online yang tersedia. Salah satu program yang cukup potensial dan banyak diminati adalah affiliate marketer dan begini cara menjadi affiliate marketer yang handal.

BACA JUGA: 4 Cara Mudah Untuk Mendapatkan Penghasilan Melalui Blog

Pengertian Affiliate Marketer

Secara umum, affiliate marketer diartikan sebagai program dimana kamu akan dibayar ketika berhasil menarik konsumen tertentu melalui kode referal unik yang umumnya berupa link afiliasi. Program affiliate marketer banyak disediakan oleh berbagai perusahaan ternama seperti Amazon dan sebagainya.

Keuntungan Affiliate Marketer

Sumber: https://www.sab.id/

1. Tidak perlu modal besar bahkan nol

Pendaftaran menjadi afiliasi umumnya tersedia secara gratis. Kamu cukup mendaftar dan melakukan promosi sebagaimana prosedur yang telah ditentukan oleh perusahaan penyedia program.

2. Waktu kerja fleksibel dan tidak terikat

Dengan menjadi affiliate marketer, kamu bisa melakukannya kapan saja. Penyedia program tidak menuntutmu untuk mencapai target tertentu dalam kurun waktu yang telah ditetapkan. Dengan begitu kamu akan lebih leluasa untuk menjalankan bisnis affiliate marketing ini.

3. Peluang penghasilan sangat besar

Perusahaan umumnya akan membayar affiliate marketer dengan sistem komisis sesuai konversi yang dihasilkan. Jika kamu mampu menarik banyak pengguna jasa/pembeli produk melalui link referalmu maka komisi yang akan kamu peroleh sangat menjanjikan.

Langkah-Langkah Menjadi Affiliate Marketer

Sumber: https://www.tabloidpeluangusaha.com/

1. Tentukan jenis program affiliate marketer

Banyak perusahaan yang menyediakan program affiliate marketing, mulai dari penyedia layanan jasa hingga platform jual-beli. Kamu bisa menyesuaikan program apa yang cocok untuk Kamu coba dengan memperhatikan komisi, dukungan, reputasi perusahaan, jenis konten, kondisi pasar, dan sebagainya. Yang tidak kalah penting adalah sistem afiliasi yang diterapkan oleh perusahaan tersebut.

2. Mendaftar sebagai affiliate marketer

Di perusahaan yang kamu pilih, lakukan pendaftaran sesuai prosedur yang ada. Jika mendapat penawaran dari program afiliasi perusahaan tersebut, silahkan pilih dengan mempertimbangkan relevansi program terhadap kemampuan ketika promosi nanti.

3. Menentukan media untuk promosi

Ada berbagai media yang bisa kamu gunakan untuk mempromosikan link afiliasi. Umumnya, seorang afiliat marketer menggunakan platform situs, channel YouTube, sosial media, email, dan sejenisnya. Kamu cukup memilih media yang memiliki relevansi serta mendukung terhadap jenis program afiliasi marketing yang kamu pilih. Jika kamu hobi menulis, maka website sangat disarankan. Berbeda dengan channel YouTube yang mengharuskan kamu untuk pintar dalam membuat konten video. Sedangkan di media sosial kamu hanya perlu aktif saja dalam menggunakannya.

4. Membuat konten yang menarik

Tahap berikutnya adalah membuat konten sesuai jenis produk atau layanan di program afiliasi marketingmu. Konten yang kamu buat bisa berupa review, ulasan, atau konten promosi secara umum. Yang terpenting di tahap ini adalah bagaimana konten yang dibuat mampu menarik minat konsumen, tentu dengan kreativitas yang kamu miliki.

5. Melakukan promosi

Setelah kamu memiliki bahan yang cukup untuk mempromosikan link afiliasi, berikutnya tinggal menyebarkan tautan afiliasi tersebut melalui media-media yang akan kamu gunakan. Sematkan link di tulisan jika menggunakan blog kemudian lakukan optimasi agar blogmu terindex mesin telusur.

Demikian halnya dengan YouTube, kamu perlu membuat konten yang menarik untuk mengarahkan penonton agar mengklik tautan yang kamu promosikan. Jika menggunakan sosial media, kamu cukup menulis beberapa kalimat dan menambahkan gambar pendukung yang telah kamu buat sebelumnya. Ajak kontak di sosial mediamu agar mengklik tautan yang dimaksud.

Program afiliasi hingga kini masih cukup potensial dengan melihat perkembangan teknologi informasi khususnya digitalisasi bisnis. Untuk itu, bagi kamu yang berminat dengan bisnis online sangat disarankan untuk mencoba menjalankan program affiliate marketer sesuai dengan cara yang sudah dijabarkan agar menjadi marketer handal.

——-

BACA JUGA:

6 Tantangan Yang Harus Dihadapi dalam Menjalankan Bisnis

3 Platform Iklan Digital Ini Akan Membantumu dalam Pemasaran Secara Online

5 Cara Ini Akan Memaksimalkan Pendapatan Bulanan Yang Kamu Miliki

——-

Tamasia adalah Aplikasi beli emas mulai dari Rp 10.000 sehingga kamu bisa memulai untuk punya tabungan emas dan berinvestasi di emas. Tamasia berada di bawah pengawasan Bappebti. Emas aman tersimpan di lembaga kliring resmi dan 100% didukung oleh emas LM Antam. Download gratis sekarang di android (klik disini) atau iOS (klik disini)

Facebook Comments

Share your thoughts