Cara Mendapatkan Penghasilan Blog

4 Cara Mudah Untuk Mendapatkan Penghasilan Melalui Blog

Aktivitas blogging saat ini bukan hanya sekedar menulis atau hobi, melainkan telah menjadi pekerjaan bagi sebagian pengguna internet. Banyak kalangan Blogger yang memanfaatkan blog untuk mencari penghasilan. Tentu dengan cara tertentu sehingga blog yang mereka bangun mampu menghasilkan keuntungan berupa uang.

Bagi yang merupakan pegiat blog, kamu juga bisa mendapat uang dari blog yang dimiliki. Ada beberapa cara yang bisa  dilakukan, namun sebelumnya harus membangun blogmu sebaik mungkin agar peluang penghasilan yang diperoleh semakin besar.

Berikut 5 cara mendapatkan penghasilan yang bisa kamu coba untuk mendapatkan uang dari blog.

BACA JUGA: 5 Cara Ini Akan Memaksimalkan Pendapatan Bulanan Yang Kamu Miliki 

1. Publisher Iklan

Cara Mendapatkan Penghasilan Blog
Sumber: https://www.advernesia.com/

Pernahkah melihat iklan yang sering bermunculan ketika membuka sebuah website atau blog tertentu? Itu merupakan cara yang seringkali dilakukan oleh para pemilik situs untuk memperoleh penghasilan.

Untuk bisa menjadi publisher semacam ini, kamu cukup mendaftarkan blog yang dimiliki ke penyedia layanan periklanan. Platform periklanan yang sering digemari oleh kalangan publisher adalah Google Adsense, selain itu MGID juga tengah berkembang.

Agar bisa menayangkan iklan ini maka blog harus memenuhi kualifikasi. Sedangkan untuk jumlah pendapatan yang bisa diperoleh ditentukan oleh jumlah trafik dengan sistem CPC/PPC. Semakin besar konversi iklan terhadap trafik blog, semakin besar pula komisi yang akan kamu peroleh.

2. Konten Sponsor

Cara Mendapatkan Penghasilan Blog

Saat ini banyak pelaku usaha tertentu yang membutuhkan konten sebagai strategi pemasaran digital mereka. Bisa berupa event dengan hadiah tertentu atau secara khusus bekerjasama dengan Blogger aktif untuk mengulas informasi usaha mereka. Sebagai imbalannya mereka akan membayar kepada pemilik blog.

Jika blogmu memiliki reputasi yang baik di mesin telusur, kamu bisa menawarkan ke berbagai pelaku usaha untuk menjadi mitra digital marketing mereka. Metode ini biasanya diperuntukkan untuk membuat konten yang berkaitan dengan brand mereka. Dengan tujuan, mereka mampu menjangkau lebih banyak konsumen melalui blog yang kamu miliki.

3. Affiliate Marketing

Hampir serupa dengan konten sponsor, namun dalam metode ini kamu hanya akan dibayar jika terdapat orang membeli produk di sebuah toko online tertentu melalui blogmu. Mungkin juga bisa disebut sebagai periklanan secara manual, dimana kamu memasang link afiliasi pada setiap konten atau widget blog.

Banyak bisnis online yang membuka program afiliasi, seperti Amazon, Lazada, Blibli, dan sebagainya. Kamu bisa mendaftar di situs-situs ternama tersebut untuk kemudian mendapat akses link afiliasi yang harus kamu sematkan di blog. Jika terdapat konsumen yang mengklik link tersebut di blogmu dan membelinya, maka kamu akan mendapat komisi. Afiliasi ini juga tersedia untuk perusahaan di bidang jasa.

4. Penjualan Produk

Kamu juga bisa menjadikan blog sebagai media untuk memproduksikan produk-produk milikmu. Tidak harus dirubah menjadi toko online, kamu cukup menulis konten berupa penjelasan spesifikasi, review, atau lainnya dengan fokus untuk menjualnya. Jika blogmu memiliki jumlah trafik yang baik dan konsisten, maka konversi penjualan produk-produkmu akan semakin tinggi.

Teknik lainnya bisa dengan cara membuat ulasan produk yang  dijual di toko online yang kamu miliki. Sehingga setiap artikel blog yang sudah tulis akan dialihkan ke produk yang dituju pada toko onlinemu. Cara ini telah diterapkan oleh berbagai marketplace terkenal seperti Tokopedia, Bukalapak, dan lainnya.

Keempat cara mendapatkan penghasilan dari blog di atas hingga kini masih memiliki prospek yang sangat besar bahkan untuk ke depannya. Jadi, meskipun kamu memulainya dari sekarang pun masih memiliki waktu yang cukup untuk menjadi Blogger yang sukses.

——-

BACA JUGA:

6 Tantangan Yang Harus Dihadapi dalam Menjalankan Bisnis

3 Platform Iklan Digital Ini Akan Membantumu dalam Pemasaran Secara Online

Mau Berjualan Online? Coba Asah 5 Skill Ini Terlebih Dahulu Agar Omzet Melesat

——-

Tamasia adalah Aplikasi beli emas mulai dari Rp 10.000 sehingga kamu bisa memulai untuk punya tabungan emas dan berinvestasi di emas. Tamasia berada di bawah pengawasan Bappebti. Emas aman tersimpan di lembaga kliring resmi dan 100% didukung oleh emas LM Antam. Download gratis sekarang di android (klik disini) atau iOS (klik disini)

Facebook Comments

Share your thoughts