Rekomendasi Bacaan Inspiratif Yang Wajib Dibaca Oleh Siapapun

Seringkali saat ditanya tentang hobi, maka kita akan menyebutkan bahwa membaca adalah salah satunya. Membaca sudah menjadi bagian dari kehidupan kita. Mulai dari sesederhana membaca chat di smartphone, status di media sosial, informasi di kanal berita, dan masih banyak lainnya, menjadikan membaca hal yang tidak dapat dipisahkan dari keseharian.

Namun, masihkah kita rutin untuk membaca buku? Membaca buku dapat meningkatkan daya konsentrasi dan pikiran. Kata-kata yang terangkai dalam buku, hanya imajinasi kita sajalah yang mampu memvisualisasikannya.

Terlebih pada kondisi pandemik saat ini, yang menyebabkan penyebaran informasi sangat tidak terkendali. Entah informasi fakta ataupun hoax, setiap hari akan selalu ada informasi yang diterima. Ada kalanya pun diri akan menjadi panik, karena terlalu sering terpapar informasi yang belum jelas kebenarannya. Oleh karena itu, jeda untuk menjauh dari smartphone dan media social menjadi sangat dibutuhkan. Maka, kembalilah kita pada kebiasaan lama yang mungkin sudah ditinggalkan, membaca buku.

Selain mampun meningkatkan daya konsentrasi dan pikiran, membaca buku pun dapat menjadi sarana untuk menghibur dan menenangkan diri. Dengan membaca buku, diri dapat menjadi lebih rileks dan fokus pada rangkaian kata yang dibaca.

Untuk menemani hari selama #dirumahaja, inilah rekomendasi bacaan inspiratif berbahasa Indonesia yang patut kamu baca.

BACA JUGA: Daftar Aplikasi Konsultasi Dokter Online Untuk Bantu Jaga Kesehatan Dengan Mudah dan Murah

1. Burung-Burung Manyar (Y. B. Mangunwijaya)

Rekomendasi Bacaan Inspiratif
Sumber: twitter @kedaiboekoe

Inilah salah satu novel Indonesia yang legendaris. Kisah inspiratif dari karakter utamanya masih relevan hingga sekarang, meski diterbitkan pertama kali pada 1981. Novel ini pun sudah diterjemahkan ke banyak bahasa.

Dalam novel sejarah ini, dapat dipelajari berbagai hal yang berhubungan dengan nasionalisme, kemanusiaan, dan cinta. Kamu juga akan diajak berpetualang dari masa era penjajahan Belanda, penjajahan Jepang, hingga Indonesia modern.

2. Bumi Manusia (Pramoedya Ananta Toer)

Sumber: https://februarian.id/

Bumi Manusia seringkali dinobatkan sebagai buku Indonesia terbaik. Pada buku ini memang banyak emosi yang terbangun. Bumi Manusia mampu memadukan sejarah Indonesia dan kisah percintaan dengan harmonis.

Menggambarkan kondisi sosial budaya Hindia Belanda pada awal 1900-an, Bumi Manusia mampu menyampaikan cerita yang juga membakar semangat nasionalisme. Mulai dari kisah seorang perempuan pribumi hebat bernama Nyi Ontosoroh, hingga kisah percintaan yang menyayat hati antara bangsawan pribumi bernama Minke dan wanita blasteran Indonesia-Belanda bernama Annelies.

Pada Bumi Manusia, kamu juga akan menemukan arti dan hak menjadi manusia. Bukan sekedar hidup dan menjalani hari, manusia memiliki harga diri dan martabat yang tidak untuk diremehkan dan pantas untuk diperjuangkan.

3. Negeri 5 Menara (Ahmad Fuadi)

Sumber: dwdarmayana.blogspot.com

Rekomendasi bacaan inspiratif lainnya adalah Negeri 5 Menara, yaitu jangan pernah meremehkan mimpi! Sekecil apapun itu, mimpi adalah bahan bakar penting untuk memacu diri dan memberikan motivasi agar lebih bersemangat. Dengan adanya mimpi, hidup jadi memiliki tujuan untuk dijalani dan keinginan untuk dicapai.

Negeri 5 Menara juga mengajarkan tentang pentingnya menghargai keadaan dan kemampuan untuk bersyukur. Belum tentu keadaan yang kita sukai adalah pilihan terbaik untuk masa depan, begitupun sebaliknya. Oleh karena itu, rasa syukur sangatlah penting.

Selain itu, Negeri 5 Menara menceritakan tentang keindahan bersahabat. Tanpa melihat latar belakang suku, daerah, maupun kondisi sosial ekonomi, persahabatan akan menjadi semakin indah dan erat layaknya keluarga. Adanya sahabat dapat membantu untuk saling mengingatkan dan memotivasi.

4. Generasi Langgas: Millennials Indonesia (Yoris Sebastian)

Sumber: https://makassarkekinian.wordpress.com/

Bercerita tentang generasi Millennials di Indonesia, yaitu mereka yang lahir tahun 1980 hingga 2000. Buku ini mengajak Millennials untuk mengetahui potensi diri dan memaksimalkannya. Menurut Yoris Sebastian, para Generasi Langgas inilah yang menentukan apakah Indonesia sukses mendapatkan bonus demografi pada tahun 2020.

Banyak info menarik yang bisa didapatkan dari buku ini. Disampaikan dengan kreatif dan inovatif, buku ini berusaha untuk menarik perhatian dan minat para Millenials, sesuai dengan judulunya. Terdapat pula quote dan kata-kata inspiratif yang memotivasi. Inilah amunisi yang sesuai untuk para Millenials agar dapat segera take action dan memberikan sisi terbaik mereka untuk kemajuan bangsa.

5. Notes from Qatar 1, 2, 3 (Muhammad Assad)

Sumber : https://twitter.com/notesfromqatar

Berawal dari tulisan rutin di blog, Notes from Qatar dibukukan dan memberi inspirasi pada lebih banyak orang. Notes from Qatar telah diterbitkan menjadi 3 buku, yang semuanya sangat direkomendasikan untuk dibaca oleh generasi muda Indonesia.

Merangkaikan kisah inspiratif dengan ayat Al-Qu’ran dan Hadist adalah ciri khas dari buku ini . Melalui kehidupan sehari-hari yang sederhana, ternyata banyak hal yang dapat diambil pelajarannya. Cara penyampaian yang berdasarkan pengalaman sehari-hari dipadu dengan ayat Al-Qur’an dan Hadist, mampu memberikan energi positif pada pembaca.

Nah, dari daftar rekomendasi bacaan inspiratif diatas, mana yang sudah kamu baca? Bagikan pengalamanmu dikolom komentar ya!

——-

BACA JUGA:

Kisah 5 Pengusaha Muda Yang Sukses Sejak Umur 20 an, Bisa Menjadi Inspirasimu

5 Cara Untuk Meningkatkan Imunitas dan Menjaga Kesehatan Tubuh

[Video] Apakah Saatnya Membeli Emas Saat Pandemi Virus Corona? Ini Kata Sandiaga Uno

——-

Tamasia adalah Aplikasi beli emas mulai dari Rp 10.000 sehingga kamu bisa memulai untuk punya tabungan emas dan berinvestasi di emas. Tamasia berada di bawah pengawasan Bappebti. Emas aman tersimpan di lembaga kliring resmi dan 100% didukung oleh emas LM Antam. Download gratis sekarang di android dan iOS!

Facebook Comments

Share your thoughts