Harga Emas Mengalami Penurunan, Apa Penyebabnya?

Harga emas dalam beberapa bulan terakhir mengalami kenaikan yang cukup signifikan. Penyebab kenaikan harga emas adalah semakin memanasnya perang dagang Amerika dengan China.

Tidak hanya itu saja, kebijakan penurunan suku bunga the fed turut menyebabkan harga emas terus beranjak mengalami kenaikan yang cukup signifikan. Di tengah keadaan perekonomian global yang memanas emas menjadi pilihan asset yang tepat untuk berinvestasi.

Kenapa emas?

Emas sering disebut sebagai asset safe heaven yang artinya dimana emas sebagai aset investasi yang mempunyai tingkat risiko rendah, ketika perekonomian global tidak menentu atau ada gejolak geopolitik. Sehingga ketika seperti saat ini terjadi perang dagang antar negara akan membuat risiko dalam berinvestasi di berbagai asset seperti saham, obligasi, dan lainnya menjadi lebih sangat beresiko.

Maka dari itu, para investor lebih menyukai emas yang tahan banting untuk mengamankan uangnya. Karena permintaan naik dan stok terbatas maka harga emas terus mengalami kenaikan.

Lalu setelah mengalami kenaikan yang tinggi, dalam beberapa hari terakhir emas mengalami penurunan.

Penyebabnya adalah kebanyakan investor mulai melepas asset emas nya untuk mengambil keuntungan yang sudah mengalami kenaikan tinggi. Selain itu, tensi perang dagang antara AS dengan China kian mereda. Kabarnya November tahun ini presiden AS Donald Trump dan presiden China Xi Jinping dijadwalkan bertemu untuk menyelesaikan permasalahan antar negara.

Menurut peneliti INDEF Bhima Yudhistira “Ada harapan sebelum November tidak ada kenaikan tarif baru lagi. Tapi penurunan harga emas ini diperkirakan hanya temporer,” jelasnya.

Oleh karena itu, Bhima menilai saat ini adalah waktu yang tepat bagi investor untuk membeli emas sebagai aset aman di tengah kondisi global yang tidak pasti. Sebab, jika pertemuan dua petinggi negara itu tidak terjadi ada potensi harga emas kembali naik.

Jika pertemuan gagal mencapai kesepakatan yang diharapkan antar negara maka ketidakpastian global akan naik lagi dan emas akan kembali diburu investor.

Mumpung harga emas sedang turun maka manfaatkan dengan membeli sebanyak-banyaknya untuk mendapatkan harga yang lebih murah. Dikarenakan emas memiliki potensi yang besar untuk kembali naik

——-

BACA JUGA:

Diawasi BAPPEBTI Kini Investasi Emas Digital di Tamasia Semakin Aman

3 Kebiasaan Ini Akan Membuat Pengeluaran Semakin Membengkak, Jangan Dibiasakan Ya!

Bingung Mempersiapkan Mahar Pernikahan? Emas Batangan Dapat Menjadi Pilihan

——-

Tamasia adalah Aplikasi beli emas mulai dari Rp 10.000 sehingga kamu bisa memulai untuk punya tabungan emas dan berinvestasi di emas. Tamasia berada di bawah pengawasan Bappebti. Emas aman tersimpan di lembaga kliring resmi dan 100% didukung oleh emas LM Antam. Download gratis sekarang di android dan iOS!

Facebook Comments

Share your thoughts