Bagi Pemula Investasi Mana Yang Lebih Cocok, Emas Atau Saham?

Saat ini, siapapun dapat memulai investasi kapanpun dan dimanapun. Apalagi di era digital seperti saat ini semua akses untuk memperoleh produk investasi sangat beragam dan lebih mudah.

Dahulu memang jika ingin berinvestasi membutuhkan nominal yang sangat besar dan hanya bisa dinikmati oleh kalangan menengah atas. Sekarang? Siapapun dapat mencoba investasi dengan nominal yang lebih murah dan tentu saja aksesnya dapat dilakukan oleh siapapun tanpa terkecuali.

Nah saat ini investasi yang lagi mengalami trend kenaikan saat ini dan disukai oleh para pemula dan milenial adalah emas dan saham. Kedua investasi memang tergolong mudah dan dapat dijangkau oleh siapapun. Siapa yang tak tertarik?

Walaupun keduanya sama-sama produk investasi tetapi tentu saja memiliki perbedaan. Perbedaan ini lah yang wajib diketahui oleh para pemula sebelum memutuskan untuk berinvestasi.

Apa saja perbedaan yang harus kamu ketahui dari keduanya?

1. Keuntungan Investasi

investasi saham emas1

Jika berbicara tentang investasi pastilah yang dicari pertama adalah keuntungan yang bisa kamu dapatkan. Tentu saja siapa yang tak mau untung?

Nah, dalam memberikan keuntungan kedua jenis investasi emas ataupun saham memiliki perbedaan masing-masing. Tapi perlu kamu ketahui bahwa keduanya memberikan keuntungan yang tidak menentu alias berubah setiap harinya terkadang naik ataupun turun (fluktuatif).

Untuk saham, keuntungannya memang memiliki return yang lebih besar daripada emas dan lebih cepat. Hanya saja tidak stabil jika dibandingkan emas. Jika perekonomian kita mengalami kondisi tidak stabil maka saham lah yang akan mengalami trend penurunan tetapi emas tetap lebih stabil dan mengalami kenaikan yang signifikan.

2.  Kekurangan Investasi

investasi saham emas2

Dalam setiap investasi apapun itu pasti memiliki kekurangannya. Memang wajar, jika ada produk investasi yang hanya menawarkan keuntungan tanpa memiliki kekurangan biasanya adalah produk keuangan yang abal-abal.

Kekurangan saham adalah terlalu signifikan untuk kenaikan dan penurunan harganya sehingga lebih beresiko tinggi. Sedangkan emas, membutuhkan waktu yang lebih lama dalam kenaikan harga emas yang dimiliki ketimbang saham yang setiap harinya bisa mencapai puluhan persen.

Perlu kamu ketahui bahwa sebelum berinvestasi harus dilakukan cek profil risiko terlebih dahulu agar mengetahui sejauh mana kamu dapat mentolerir dari kekurangan dan resiko investasi yang akan kamu pilih.

3. Modal Investasi

investasi saham emas3

Bagaimana untuk modal investasinya?

Saat ini kamu dapat membeli emas dan saham melalui online dengan menggunakan aplikasi saja. Dengan kemudahan tersebut kamu dapat memanfaatkannya untuk berinvestasi dengan nominal yang sangat terjangkau.

Saat ini untuk membeli emas kamu dapat memanfaatkan tabungan emas hanya dengan membeli emas dimulai dari 10 ribu saja. Dengan nominal segitu maka kamu dapat membeli emas dari 0,01 gram. Sangat terjangkau bukan? Jika kamu rutin untuk menabung emas hingga minimal 1 gram maka kamu dapat melakukan proses cetak fisik emas yang dapat kamu bawa dan simpan.

Untuk membeli saham kamu dapat membuka akun di perusahaan sekuritas dengan nominal 100 ribu. Tetapi dengan nominal 100 ribu kamu harus memilih saham yang harganya terjangkau dengan nominal tersebut dan minimal pembelian adalah 100 lembar. Belum lagi kamu harus melakukan analisis sebelum memilih saham.

Itu tadi tiga perbandingan antara investasi emas dan saham. Jadi, mana nih menarik minat mu untuk berinvestasi sebagai pemula? Kalau mau untung banyak secara cepat dan menguntungkan dengan diikuti resiko yang sangat tinggi maka kamu dapat memilih saham. Sementara kalau ingin mencari investasi yang lebih aman, pilihlah investasi emas.

——-

BACA JUGA:

Diawasi BAPPEBTI Kini Investasi Emas Digital di Tamasia Semakin Aman

3 Kebiasaan Ini Akan Membuat Pengeluaran Semakin Membengkak, Jangan Dibiasakan Ya!

Bingung Mempersiapkan Mahar Pernikahan? Emas Batangan Dapat Menjadi Pilihan

——-

Tamasia adalah Aplikasi beli emas mulai dari Rp 10.000 sehingga kamu bisa memulai untuk punya tabungan emas dan berinvestasi di emas. Tamasia berada di bawah pengawasan Bappebti. Emas aman tersimpan di lembaga kliring resmi dan 100% didukung oleh emas LM Antam. Download gratis sekarang di android dan iOS!

Facebook Comments

Share your thoughts