Manfaat Silaturahmi

6 Manfaat Silaturahmi yang Dianjurkan Dalam Islam

Salah satu ajaran Islam yang sangat mudah untuk dikerjakan sekaligus mendapatkan keutamaan adalah menjalin silaturahmi. Baik dengan keluarga, saudara, teman, rekan kerja, kenalan, tetangga, dan lainnya. Saat kita berusaha memperkokoh tali silaturahmi, akan ada banyak manfaat yang bisa diperoleh, baik untuk diri kita sendiri maupun orang lain.

Berikut 6 di antara manfaat keutamaan silaturahmi yang harus kamu ketahui.

BACA JUGA: 5 Kisah Inspiratif Orang Sukses di Usia 30-an yang Bisa Kamu Contoh

1. Sebagai bentuk tawakal kepada Allah

Silaturahmi adalah satu di antara sekian banyak cara beribadah yang sangat dianjurkan oleh Allah. Terlebih Rasulullah seringkali menggambarkan jalinan silaturahmi dengan para sahabat dan penduduk di sekitarnya.

Dengan kita menjaga hubungan baik antar sesama manusia, secara tidak langsung telah menjalankan tuntunan agama, yakni hablu minannas. Bentuk tawakal kita akan semakin teguh dengan mendekatkan diri kepada Allah, dimana salah satunya yaitu menjalin hubungan silaturahmi.

2. Memperlapang usia dan rezeki

Setidaknya kita bisa berpedoman pada sabda Rasulullah:

“Barangsiapa yang senang diluaskan rizqinya dan dipanjangkan umurnya, maka hendaklah ia menyambung hubungan silaturahmi”

Dengan rutin berkunjung ke rumah saudara atau lainnya, kita bisa memperpanjang umur dan meluaskan rezeki ketika Allah menghendakinya. Tentu dengan niat untuk silaturahmi, bukan semata-mata karena umur atau rezeki.

3. Mempererat tali persaudaraan

Seringkali berkunjung dan dikunjungi oleh saudara ataupun orang lain akan membuat hubungan menjadi akrab dan akan selalu lebih baik.

Banyak yang bisa kita petik jika mengaplikasikan kebiasaan ini. Kita akan semakin mudah untuk saling tolong menolong, gotong royong, menjaga kekompakan, dan masih banyak lagi. Ini juga akan berdampak positif terhadap anak cucu di kemudian hari.

4. Membuat hidup lebih nyaman dan bermakna

Silaturahmi sangatlah berdampak pada upaya meminimalisir terjadinya konflik antar sesama. Bahkan tidak hanya meminimalisir, melainkan mampu mencegahnya.

Ketika ada orang mengunjungi rumah kita atau sebaliknya dengan tujuan yang baik, tentu sangat tidak mungkin kita atau orang lain memiliki rasa dendam, dengki, dan sejenisnya.

Hal ini apabila kita praktikkan dengan keluarga besar atau tetangga, maka kita bisa membuat hidup terasa lebih nyaman karena terbebas dari upaya saling menyalahkan satu sama lain. Selain itu kita juga akan lebih leluasa dalam menjalankan ibadah.

5. Memperdekat diri kepada Allah

Silaturahmi merupakan salah satu cara ibadah anjuran langsung dari Allah selain kewajiban-kewajiban lainnya. Hal ini dibubuhi manakala kita berpegang teguh dan berpendirian terhadap segala perintah Allah, termasuk silaturahmi dengan siapapun.

Apapun yang kita lakukan selama masih berada dalam jalur ketentuan Allah niscaya akan mempermudah dalam memperoleh imbalan surga sekaligus menjauhkan diri dari siksa neraka. Termasuk penyebab yang diakibatkan permusuhan karena tidak pernah menjalin silaturahmi.

6. Menjaga keharmonisan

Melahirkan suasana guyup rukun antar sesama di sekeliling kita sebagai gambaran cara hidup orang-orang yang mulia. Sebab kita telah menjalankan cara hidup terpuji, sesuatu yang diperintahkan oleh Allah.

Sebagaimana yang kita tahu, setiap orang tidak pernah luput dari yang namanya kesalahan. Silaturahmi dijalin agar kita sama-sama bisa memaklumi dan saling memaafkan satu sama lain. Bahayanya lagi, orang yang memutus tali persaudaraan dapat menjadikan hidup seseorang terasa sempit

Nah 6 manfaat diatas adalah yang bisa kita peroleh dengan senantiasa menjaga silaturahmi dengan siapapun. Tidak hanya untuk kepentingan agama saja, melainkan juga untuk kehidupan, baik kita sendiri maupun orang lain agar semakin membaik.

——-

BACA JUGA:

4 Cara Berbisnis Ala Sahabat Nabi Utsman bin Affan yang Wajib Dipelajari

4 Kisah Sahabat Nabi Muhammad SAW yang Patut Dipelajari

4 Manfaat Puasa Yang Harus Kamu Ketahui untuk Kesehatan

——-

Tamasia adalah Aplikasi beli emas mulai dari Rp 10.000 sehingga kamu bisa memulai untuk punya tabungan emas dan berinvestasi di emas. Tamasia berada di bawah pengawasan Bappebti. Emas aman tersimpan di lembaga kliring resmi dan 100% didukung oleh emas LM Antam. Download gratis sekarang di android (klik disini) atau iOS (klik disini)

Facebook Comments

Share your thoughts