Daftar Aplikasi Meeting Online

Daftar Aplikasi Meeting Online Yang Bisa Kamu Gunakan

Akhir-akhir ini demi mencegah semakin berkembangnya virus covid-19 maka banyak perusahaan yang menerapkan kerja dari rumah. Karena untuk meminimalisir penyebaran virus ini dengan mencegah untuk banyak berinteraksi dengan orang termasuk rekan kerja di kantor. Kebijakan ini pun sudah diterapkan banyak perusahaan dalam beberapa minggu terakhir.

Walaupun bekerja dari rumah, lantas kegiatan operasional setiap harinya bisa berhenti. Setiap karyawan wajib untuk terus menjalin komunikasi dengan timnya masing-masing agar tidak ada pekerjaan yang terbengkalai. Salah satunya dengan cara melakukan meeting online dengan satu tim dari jarak jauh.

Ada beberapa aplikasi yang bisa membantumu untuk meeting online bersama tim. Apa saja ya itu?

BACA JUGA: 5 Prinsip Hidup Orang Kaya Yang Bisa Kamu Ikuti

1. Zoom

Daftar Aplikasi Meeting Online

Saat ini aplikasi Zoom tengah populer apalagi dengan kondisi maraknya banyaknya perusahaan yang menerapkan work from home. Serentak banyak orang yang menggunakan aplikasi ini untuk berbagai kegiatan seperti rapat hingga kegiatan santai bersama teman. Kemudahan akses aplikasi ini memberikan daya tarik sendiri sehingga mulai banyak diterapkan oleh berbagai kegiatan bahkan hingga kegiatan keagamaan seperti mengikuti kajian.

Hanya butuh laptop dan koneksi internet yang stabil sehingga kegiatanmu bersama teman atau rekan kantor dapat terlaksana dengan baik. Zoom juga memberikan akses gratis kepada penggunanya untuk dapat menikmati layanan video call. Zoom juga dapat kamu gunakan melalui mobile sehingga praktis dapat digunakan dimana saja dan memiliki daya tampung sampai 100 peserta dalam satu pertemuan. Menarik bukan?

Kekurangan

  • Hanya dapat berlangsung selama durasi waktu 40 menit untuk versi gratisnya
  • Zoom dikabarkan memiliki tingkat keamanan penggunanya yang sangat rendah

Kelebihan

  • Pengguna dapat menjadwalkan rapat lewat fitur Schedule yang tersedia
  • Zoom dapat diakses diberbagai Android, iOS, Windows, dan Mac.

Aplikasi Zoom dapat diakses melalui website https://zoom.us/ dan kamu bisa akses juga melalui aplikasi handphone untuk versi Android  dan versi iOS .

2. Skype

Daftar Aplikasi Meeting Online

Ada lagi aplikasi yang juga sudah terkenal dan populer yaitu Skype. Tidak jauh berbeda dengan aplikasi lainnya, aplikasi ini dapat melakukan panggilan video dan audio jarak jauh antara dua atau lebih. Skype memiliki versi Skype Business yang memiliki fitur untuk kegiatan bisnis perusahaan. Untuk versi bisnis ini Skype dapat menampung sebesar 250 orang. Versi yang non bisnis hanya dapat digunakan kurang dari 25 orang. 

Keduanya memiliki fitur dasar yang sama seperti pesan singkat, screen sharing, dan percakapan pribadi. Selain itu juga tersedia fitur lainnya, seperti membagikan lokasi, dan pengiriman file multimedia atau dokumen. Lalu untuk versi yang bisnis ada fitur tambahan seperti dapat mereka, menyimpan dan membagikan hasil konferensi yang diadakan dengan menggunakan skype bahkan dapat digunakan untuk konferensi jarak jauh.

Kekurangan

  • Harus melakukan pembayaran untuk versi bisnis agardapat bertelepon 250 orang
  • Aplikasi akan error jika jumlah percakapan melebihi batas

Kelebihan

  • Skype Versi Business terintegrasi dengan email Microsoft Outlook. Sehingga pengguna bisa memulai video call dengan mengirim email kepada para peserta rapat online.
  • Tidak perlu install aplikasi di desktopvideo call bisa dilakukan berbasis web.
  • Mampu menyimpan semua percakapan yang diperoleh diperoleh dari out

Aplikasi Zoom dapat diakses melalui pc maupun handphone dengan menginstalnya terlebih dahulu yang bisa kamu dapatkan disini

3. Whatsapp

Daftar Aplikasi Meeting Online

Aplikasi lainnya yang dapat digunakan adalah Whatsapp. Rata-rata aplikasi ini sudah banyak digunakan oleh banyak orang. Whatsapp juga memiliki fitur yang dapat digunakan untuk meeting dengan video call tetapi hanya terbatas hingga maksimal 4 orang. Memang diantara aplikasi lain, aplikasi ini sangat terbatas karena lebih unggul dalam chatting tidak seperti aplikasi lainnya yang memang fokus untuk video dan conference jarak jauh.

Kekurangan

  • Tidak bisa diakses melalui website
  • Keterbatasan jumlah pengguna sekali video call

Kelebihan

  • Lebih ringkas dan lebih mudah digunakan
  • Efektif untuk meeting kecil dengan peserta meeting sebanyak 4 orang

Aplikasi ini dapat kamu gunakan setiap saat dan mudah digunakan. Sayangnya untk versi website tidak dapat melakukan panggilan dan hanya optimal dihanphone saja. Tersedia dalam versi android maupun iOS.

4. Google Hangouts Meet

Google juga memiliki aplikasi percakapan online yang dapat membantumu untuk melakukan panggilan video hingga sebanyak 250 pengguna dalam sekali video call dan banyak fitur-fitur lain yang bisa kamu gunakan. Jika kamu ingin mengundang bergabung dalam video call maka kamu dapat membagikan kode meeting ke orang lain dan kemudian orang tersebut dapat memasukkan kode meeting yang telah diberikan.

Kekurangan

  • Tidak terintegrasi dengan layanan di luar Google
  • Tidak dapat menampung lebih banyak lagi untuk peserta

Kelebihan

  • Lebih mudah digunakan pengguna karena terintegrasi dengan ekosistem Google, seperti Google Calendar dan Gmail.
  • Bisa digunakan banyak peserta hingga 250 orang.

Untuk Google Hangouts Meet dapat kamu gunakan versi website nya ataupun dapat menggunakan handphone yang tersedia dalam versi android maupun iOS.

5. Cisco Webex

Aplikasi berikutnya adalah Cisco Webex. Secara fitur memang nggak jauh beda dengan yang lain. Harga yang ditawarkan untuk aplikasi ini paling murah dibanderol dengan harga US$ 14,95 per bulan dan dengan kapasitas maksimal 50 orang. Untuk lebih banyak lagi kapasitasnya maka harga yang ditawarkan akan semakin mahal. Selain itu, aplikasi ini memiliki dapat menjadwalkan pertemuan, mengirim undangan melalui email dan lain sebagainya.

Kekurangan

  • Kualitas Audio jelek jika dibandingkan dengan kompetitor yang lainnya
  • Butuh kecepatan internet yang tinggi karena jika tidak tersedia dalam jaringan yang stabil maka video bakal sering terputus

Kelebihan

  • Dapat menggunakan versi gratis hingga 100 peserta tanpa batas waktu

Untuk Cisco Webex dapat kamu liat website nya disini dan dapat menggunakan handphone yang tersedia dalam versi android maupun iOS.

6. Qiscus Meet

Aplikasi lainnya yang bisa kamu manfaatkan adalah Qiscus Meet. Kalau sebelum-sebelumnya adalah aplikasi buatan dari luar negeri maka aplikasi satu ini adalah buatan dari Indonesia. Aplikasi ini memang tergolong masih baru sehingga belum banyak orang yang tahu ataupun review dengan keunggulan dan kelemahan aplikasi satu ini. Tidak berbeda jauh dengan yang lain, Qiscus Meet memberikan kemudahan kepada pengguna untuk mengadakan meeting online dengan kemudahan aksesnya.

Aplikasi ini adalah slaah satu produk buatan Qiscus, perusahaan yang menyediakan platform multichannel conversation yang mengintegrasikan berbagai sosial media dalam satu dashboard. Kamu bisa mengunjungi website Qiscus Meet disini untuk memulai pengalaman pertamamu menggunakan aplikasi ini. Kamu bisa menggunakan versi handphone nya juga loh yang tersedia dalam versi Android dan iOS .

7. Biznet Gio Meet

Aplikasi dari Indonesia yang baru-baru saja diluncurkan berikutnya adalah Biznet Gio Meet. Secara tampilan memang sangat sederhana bahkan lebih simpel jika dibandingkan aplikasi lainnya. Kamu akan lebih mudah untuk melakukan meeting online bersama tim mu dengan menggunakan ini. Nah, Aplikasi ini adalah buatan perusahaan Biznet yang merupakan perusahaan infrastruktur digital terintegrasi di Indonesia, menyediakan layanan Internet, Data Center, Cloud Computing dan IPTV.

Jika kamu tertarik untuk mencoba ini kamu bisa mengaksesnya melalui website. Sayangnya saat ini Biznet Gio Meet belum tersedia untuk versi handphone.

Nah tujuh aplikasi diatas dapat kamu manfaatkan untuk dapat meeting online bersama teman dan hingga rekan kerja di kantor. Sudah coba yang mana saja?

——-

BACA JUGA:

3 Hal Yang Harus Kamu Perhatikan Saat Menjalani Social Distancing

Merasa Malas Saat Work From Home? Coba Ikuti Cara Ini Agar Lebih Produktif

10 Rekomendasi Serial Netflix Ini Cocok Buat Kamu Yang Lagi Di Rumah Aja

——-

Tamasia adalah Aplikasi beli emas mulai dari Rp 10.000 sehingga kamu bisa memulai untuk punya tabungan emas dan berinvestasi di emas. Tamasia berada di bawah pengawasan Bappebti. Emas aman tersimpan di lembaga kliring resmi dan 100% didukung oleh emas LM Antam. Download gratis sekarang di android dan iOS!

Facebook Comments

Share your thoughts