3 Instrumen Investasi Ini Mengalahkan Inflasi, Apa Saja?

Di dalam perencanaan keuangan baik pribadi maupun keluarga salah satu hal yang paling penting ada pos investasi. Perencanaan keuangan yang baik harus membagi penghasilan tiap bulan ke dalam pos-pos yang bermanfaat.

Salah satu pos paling penting adalah pos investasi yang dimana di dalam pos ini terdapat sebagian uang yang digunakan untuk menanamkan modal ke beberapa produk investasi yang tepat sesuai profil risiko yang dimiliki masing-masing individu.

Perlu kamu ketahui carilah investasi yang dapat memberikan keuntungan jangka panjang. Selain keuntungan kamu juga harus melihat perkiraan laju inflasi. Inflasi adalah kenaikan harga-harga pokok kebutuhan sehari-hari. Pilihlah investasi yang dapat mengalahkan laju inflasi agar uang investasimu memberikan imbal hasil yang besar. Dan yang pasti carilah produk investasi yang aman.

Dari beberapa produk investasi yang ada saat ini dapat mengalahkan laju inflasi. Apa saja itu?

1. Emas

Siapa yang tak mengenal emas? Instrumen investasi ini paling banyak diminati. Tentu saja dalam jangka panjang harga emas mengalami kenaikan yang cukup signifikan. Selain itu likuiditas kemudahan memperjualbelikan emas menjadi keunggulan utama.

Dalam kondisi perekonomian yang sedang tidak menentu maka investasi emas mengalami kenaikan harga yang lebih tinggi dikarenakan permintaan atas emas semakin banyak. Walau sedang mengalami harga yang semakin naik dalam jangka pendek kenaikan harga emas pun tidak menentu tetapi dalam jangka panjang sangat cocok bagi orang-orang yang memiliki profil risiko rendah.

2.  Properti

Selain emas, properti menjadi investasi yang cukup menarik dan menjadi favorit masyarakat Indonesia. Kondisi dimana jumlah properti dibandingkan dengan jumlah penduduk memang tidak sebanding. Maka dari itu permintaan yang selalu ada dan tinggi akan menyebabkan harga properti selalu mengalami kenaikan.

Harga yang mengalami kenaikan ini tentu saja lebih dari tingkat inflasi sehingga properti menjadi salah satu favorit setiap orang untuk berinvestasi. Tetapi tak ada investasi yang selalu sempurna. Properti juga memiliki risiko membutuhkan waktu yang lebih lama dalam menjual dikarenakan likuiditasnya tak secepat emas.

3. Saham

Saham menjadi salah satu instrumen investasi yang menarik ditengah masyarakat saat ini. Keuntungan yang lebih tinggi dari instrumen lainnya kerap membuat favorit instrumen satu ini menjadi pilihan yang menarik.

Tetapi perlu kamu ingat, saham hanya cocok untuk orang yang memiliki profil risiko agresif dan tidak takut dengan kerugian yang cepat pula. Untuk investasi saham, tidak semudah investasi emas ataupun properti. Kamu harus memiliki waktu untuk mempelajari lebih dalam sebelum memutuskan untuk membeli ataupun menjual saham.

Ketiga instrumen diatas adalah instrumen investasi yang mampu mengalahkan tingkat inflasi. Setiap instrumen juga memiliki tingkat keuntungan dan risiko masing-masing. Maka berhati-hati lah dalam memilih dan perbanyak pengetahuan agar berinvestasi semakin tenang dan sesuaikan juga profil risiko tentu saja.

——-

BACA JUGA:

Diawasi BAPPEBTI Kini Investasi Emas Digital di Tamasia Semakin Aman

3 Kebiasaan Ini Akan Membuat Pengeluaran Semakin Membengkak, Jangan Dibiasakan Ya!

Bingung Mempersiapkan Mahar Pernikahan? Emas Batangan Dapat Menjadi Pilihan

——-

Tamasia adalah Aplikasi beli emas mulai dari Rp 10.000 sehingga kamu bisa memulai untuk punya tabungan emas dan berinvestasi di emas. Tamasia berada di bawah pengawasan Bappebti. Emas aman tersimpan di lembaga kliring resmi dan 100% didukung oleh emas LM Antam. Download gratis sekarang di android dan iOS!

Facebook Comments

Share your thoughts