Fakta tentang Emas

7 Fakta Tentang Emas Ini Akan Membuatmu Terkejut. Apa Saja Itu?

Emas menjadi salah satu komoditas yang terkenal di dunia. Selain terkenal sejak dahulu, emas juga menjadi alat investasi sebagian orang dikarenakan mudah dan dalam jangka panjang mengalami kenaikan. Tahukah kamu kalau emas tidak hanya menjadi investasi saja tetapi punya banyak fakta tentang emas yang tidak semua orang ketahui?

Banyak sekali kegunaan emas selain investasi. Karena banyak hal-hal yang menarik seputar emas maka kamu wajib tahu bagaimana bentuk emas, kegunaan dan lain sebagainya. Memang, emas memiliki kegunaan yang banyak tapi tidak semua orang mengerti fakta-fakta tentang emas selain alat investasi.

Baca Juga: Bagaimana Cara Menghitung Zakat Emas yang Benar dalam Islam?

Fakta Tentang Emas

Terdapat 7 fakta tentang emas yang wajib kamu ketahui untuk menambah wawasanmu yang mendalam tentang dunia emas.

1. Fakta tentang emas dapat dimakan

fakta tentang emas
Sumber: www.ishikawatravel.jp

Siapa yang belum tahu bahwa emas dapat dimakan?

Betul sekali, emas yang berbentuk lembaran tipis yang dapat dimakan disebut Gold Leaf. Gold leaf diperoleh dari emas asli yang dipukul-pukul dengan palu menjadi lembaran yang sangat tipis. Nah, gold leaf asli memiliki kandungan 92 persen emas murni.

Tentu saja, gold leaf tidak beracun dan tidak menyebabkan iritasi yang dapat membahayakan orang tersebut. Beberapa makanan yang mengandung emas metalik adalah minuman beralkohol, jeli, teh, dan kopi. Emas dapat mempercantik makanan sehingga membuat makanan semakin terlihat unik.

2. Tambang emas paling dalam

fakta-tentang-emas

Berbicara tentang emas pasti tidak jauh-jauh dari tambang emas. Tambang emas banyak terdapat di berbagai negara di dunia yang tentu saja terdapat banyak tambang emas tersebut. Tapi tahukah kamu kalau terdapat satu lokasi tambang emas paling dalam dibandingkan dengan lainnya.

Lokasi tersebut adalah tambang emas Mponeng yang terletak di Afrika Selatan, tepatnya di provinsi Gauteng, tambang emas ini punya kedalaman hingga 4.000 meter. Penggalian terus dilakukan karena banyaknya keuntungan yang didapatkan dan diperkirakan kedalaman tambang tersebut akan terus bertambah.

3. Fakta tentang emas yaitu ditemukan dalam bongkahan

fakta tentang emas

Fakta ketiga emas ditemukan dalam bentuk bongkahan. Sejarah mencatat emas berbentuk bongkahan ditemukan di New South Wales – Australia pada tanggal 19 Oktober 1872. Berat bongkahan mencpai 286 kg.

4. Logam yang mudah dibentuk

fakta tentang emas

Ada berbagai macam model perhiasan emas dari bentuk sederhana hingga rumit. Ini menandakan bahwa sifat emas yang mudah dibentuk. lentur dan lunak tentunya. Uniknya emas dapat dijadikan benang untuk sulam.

5. Nama kimia emas punya arti sinar matahari

fakta tentang emas

Sudah pernah tau tabel periodik unsur kimia? Dalam tabel periodik tersebut kamu dapat menemukan nama emas. Emas memiliki nama kimia Aurum atau Au. Kata Aurum diartikan sebagai pancaran sinar matahari karena emas seperti terlihat sinaran yang ada di sekitar matahari.

6. Istilah LBMA pada emas

fakta tentang emas

LBMA adalah London Bullion Market Association. Suatu asosiasi dagang yang mempresentasikan pedagang emas dan perak di seluruh dunia yang berlokasi di London. London adalah pusat perdagangan over the counter yang ada di dunia untuk perdagangan emas dan perak.

7. Satuan Troy Ounce pada emas dunia

Kamu sering mendengar harga satuan troy ounce pada emas dunia kan? Troy Ounce adalah satuan ukur pada emas dan logam mulia lainnya. Mulai dikenal sejak abad pertengahan di sebuah pasar emas di kota Prancis. Satu troy ounce merupakan 31.1035 gram.

Tujuh fakta tentang emas diatas dapat menambah wawasanmu kelak. Apakah ada yang kamu ketahui dan belum masuk dalam daftar?


BACA JUGA:

5 Hal Harus Kamu Lakukan Sebelum Umur 30, Biar Tidak Ada Penyesalan Yang Terjadi Kemudian Hari

3 Jenis Profil Risiko yang Wajib Kamu Pahami Sebelum Berinvestasi

4 Skill Yang Dibutuhkan Di Era Digital Saat Ini, Apakah Kamu Punya Salah Satunya?

——-

Tamasia adalah Aplikasi beli emas mulai dari Rp 10.000 sehingga kamu bisa memulai untuk punya tabungan emas dan berinvestasi di emas. Tamasia berada di bawah pengawasan Bappebti. Emas aman tersimpan di lembaga kliring resmi dan 100% didukung oleh emas LM Antam. Download gratis sekarang di android dan iOS!

Facebook Comments

Share your thoughts