3 Cara Menjaga Kesehatan Dengan Mudah Agar Tetap Sehat dan Bugar

Kondisi saat ini memang tengah tidak menentu. Apalagi sejak awal tahun Indonesia sudah memasuki musim hujan dengan curah hujan yang tinggi sehingga menyebabkan banjir di berbagai kota. Banyak penyakit-penyakit yang disebabkan oleh musim hujan seperti diare, flu, penyakit kulit dan masih banyak lainya.

Tidak hanya musim hujan seperti saat ini, kondisi saat ini mulai diperparah dengan meluasnya virus corona yang menyerang banyak negara di dunia dan membuat ribuan orang terkena infeksi virus yang dapat membunuh banyak orang. Penyakit-penyakit bisa datang ketika kondisi kesehatan sedang tidak dalam kondisi fit.

Kesehatan semakin mahal harganya ditengah keadaan seperti saat ini. Jika sakit, aktifitas pun dapat terganggu. Jika sudah terkena sakit maka semakin merogoh banyak uang untuk berobat medis maupun non medis.

Tetapi sebenarnya menjaga diri agar selalu sehat dan fit agar terhindar dari penyakit untuk tetap sehat tidaklah sulit. Ada beberapa cara yang bisa kamu terapkan untuk menjaga kesehatan dengan kondisi seperti saat ini:

BACA JUGA: 3 Tips Membuat Akhir Pekanmu Menjadi Produktif dan Tidak Membosankan

1. Menjaga daya tahan tubuh agar terhindar dari berbagai penyakit

Di tengah kondisi seperti saat ini daya tahan tubuh yang kuat adalah kunci utama agar dapat mencegah berbagai penyakit di sekitar kita. Sebenarnya, menjaga daya tahan tubuh sederhana seperti mengonsumsi makanan sehat seperti sayur-sayuran dan buah-buahan, makanan berprotein dan lainnya.

Tidak hanya makanan, kamu juga wajib untuk rutin berolahraga setiap harinya. Berolahraga tidaklah membutuhkan biaya yang mahal, kamu bisa dengan cara sederhana seperti jalan kaki atau jogging setiap pagi. Mudah bukan? Tidak perlu cara rumit untuk terus menjaga kesehatan tubuh yang penting tetap konsisten.

Selain rutin olahraga, jauhi dalam mengonsumsi minuman-minuman beralkohol dan tetap tidur yang cukup tidak begadang setiap malam. Berangsur-angsur maka kesehatanmu akan tetap terjaga dan fit dalam kondisi apapun baik kondisi musim hujan ataupun penularan virus Corona.

2. Menjaga kebersihan lingkungan serta tempat tinggalmu saat ini

Cara Menjaga Kesehatan 1

Selain menjaga daya tahan tubuh, kamu juga wajib untuk menjaga kebersihan lingkungan sekitar termasuk tempat tinggalmu sehari-hari. Menjaga kebersihan memang wajib saat ini apalagi dengan banyaknya penyakit dengan kondisi akhir-akhir ini.

Tempat tinggal yang bersih akan jauh dari penyakit, virus dan lainnya karena dengan kondisi bersih tidak membuat penyakit untuk berkembang biak. Tentu saja, dengan tempat yang bersih ketika musim hujan seperti ini pasti dapat terhindar dari penyakit-penyakit yang mengancam.

Mulailah membersihkan tempat tinggal sesegera mungkin. Setelah tempat tinggal, kamu bisa mulai membersihkan lingkungan sekitar dengan bekerjasama penduduk sekitar. Gunakan minggu pagi untuk bekerja bakti dan gotong royong. Selain menambah akrab para tetangga kegiatan ini menjadi hal positif untuk menambah kebersihan lingkungan rumah.

3. Melakukan cek kesehatan secara berkala

Cara Menjaga Kesehatan

Tips terakhir yang bisa kamu lakukan adalah melakukan cek kesehatan secara berkala. Dengan melakukan cek kesehatan secara berkala dapat melihat riwayat kesehatan secara rutin. Jika terdapat penyakit dapat dideteksi secepat mungkin sehingga penyakitnya tidak menjalar kemanapun dan segera dapat diatasi.

Biasanya kebanyakan orang enggan untuk melakukan cek kesehatan karena perasaan takut dan was-was. Padahal, ketika penyakit dapat dideteksi segera mungkin akan memudahkan untuk mengambil langkah selanjutnya. Usahakan dalam setahun 1- 2 kali kamu rutin untuk melakukan cek kesehatan.

Keadaan saat ini memang tidak dapat diprediksi maka dari itu sudah sewajibnya kamu mulai sadar akan pentingnya kesehatan untuk terus melakukan cek kesehatan. Jika tidak memiliki keluhan, tetap lakukanlah pemeriksaan kesehatan secara rutin minimal setahun sekali.

Tiga tips yang bisa kamu terapkan dengan berbagai kondisi cuaca dan keadaan saat ini.

Mana saja yang sudah kamu terapkan?

——-

BACA JUGA:

Menjangkau Seluruh Pelosok Indonesia, Nabung Emas Kini Bisa di Kantor Pos

4 Tantangan Yang Harus Hadapi Demi Menjalani Hidup Yang Lebih Baik 

Terus Mencetak Rekor Lagi, Apa Penyebab Harga Emas Melonjak Tinggi?

——-

Tamasia adalah Aplikasi beli emas mulai dari Rp 10.000 sehingga kamu bisa memulai untuk punya tabungan emas dan berinvestasi di emas. Tamasia berada di bawah pengawasan Bappebti. Emas aman tersimpan di lembaga kliring resmi dan 100% didukung oleh emas LM Antam. Download gratis sekarang di android dan iOS!

Facebook Comments

Share your thoughts