FAQ

FAQ Umum

1. Apa itu Tamasia?

  • Tamasia adalah perusahaan teknologi yang menyediakan aplikasi jual beli emas secara Syariah mulai dari Rp 10.000. Tamasia juga menawarkan aplikasi untuk reseller sehingga dapat membeli emas secara berkala (cicil) & dapat berbisnis emas sehingga mendapatkan keuntungan bagi hasil tiap bulannya.

2. Bagaimana cara beli emas di Tamasia?

  • Pengguna cukup mengunduh aplikasi Tamasia dari google play store & app store iOS Gratis. Untuk aplikasi reseller, pengguna diharuskan membayar biaya registrasi 99ribu untuk sekali bayar.

3. Apakah Tamasia memiliki ijin dari OJK?

  • Tamasia tidak perlu mendapat ijin dari OJK, karena Tamasia adalah perusahaan jual beli emas melalui aplikasi. Bukan perusahaan yang menghimpun & memutar dana penggunanya.

4. Apakah beli emas di Tamasia sesuai syariah?

  • Tamasia menggunakan asas transparan dan dijalankan sesuai syariah. Dimana untuk #BeliBerkala tidak ada DP, denda/penalti, dan jika gagal bayar uang dapat kembali setelah dikurangi biaya admin & margin. Tidak hanya itu, tamasia berpedoman dengan Fatwa DSN MUI No. 77/DSN-MUI/V/2010 bahwa pembelian emas dengan tidak tunai diperbolehkan.

5. Apakah beli emas di Tamasia Aman?

  • Tamasia bermitra resmi dengan Antam sebagai penyuplai emas. Semua pembelian emas dilakukan dan diasuransikan di kustodian terpercaya di Indonesia.

6. Emas apa yang dijualbelikan di Tamasia?

  • Emas yang dijualbelikan Tamasia hanya emas Logam Mulia Antam.

FAQ Tamasia #BeliSukaSuka

VERIFIKASI AKUN

1. Mengapa saya harus melengkapi data profil & verifikasi data?

  • Untuk menjaga keamanan akun & memastikan bahwa pengguna tersebut adalah benar-benar anda. Selain itu agar dapat menggunakan fitur cetak & jual emas.

2. Mengapa nama rekening bank harus sesuai dengan nama yang tertera di KTP?

  • Karena kami ingin memastikan bahwa penarima dana dari penjualan emas anda adalah benar-benar anda.

3. Bagaimana cara verifikasi akun & lengkapi data profil?

  • Pilih menu “akun saya” lalu klik “data akun” untuk verifikasi email dan upload KTP. Kemudian klik “Profil saya” untuk melengkapi profil data diri, alamat tinggal, & rekening Bank.

4. Berapa lama proses verifikasi akun saya?

  • Proses verifikasi akun membutuhkan 2×24 jam di hari kerja.

5. Mengapa akun saya di tutup?

  • Akun anda ditutup karena tim kami menemukan data KTP & rekening yang sama pada akun Tamasia yang lain. Jika kamu mengalami ini bisa lapor ke kami agar bisa kita tindaklanjuti melalui email ke info@tamasia.co.id.

BELI EMAS

1. Apa itu beli emas suka-suka di Tamasia?

  • Fitur beli emas dimana pelanggan bisa beli mulai dari Rp 10.000 dan langsung di konversi dengan gram sesuai dengan harga emas di hari tersebut.

2. Bagaimana cara beli emas?

  • Pilih menu “beli emas”, lalu pilih nominal yang tersedia, jika kamu ingin input nominal selain pilihan tersebut, klik “lainnya” lalu input nominal sesuai yang diinginkan dengan minimum nominal Rp 10.000,-. Lalu ikuti langkah selanjutnya & lakukan pembayaran melalui tranfer bank. Jika pembayaran berhasil maka emas kamu langsung terbeli dan tertera di “emas saya”.

3. Berapa jumlah minimum pembelian emas?

  • Pembelian minimum emas adalah Rp 10.000,-.

4. Apakah setiap pembelian emas bisa langsung diterima oleh saya?

  • Tidak, emas yang terbeli langsung masuk di “emas saya” dalam aplikasi, jika mencapai satuan cetak tertentu (minimal 1 gram), emas baru bisa dicetak dan dikirim ke alamat pengguna.

5. Berapa jumlah maksimal pembelian emas?

  • Tidak ada jumlah maksimal pembelian emas di Tamasia.

JUAL EMAS

1. Kapan saya bisa melakukan jual emas saya?

  • Untuk pelakukan penjualan emas pertama kali, emas pengguna harus mencapai 2 gram untuk pertama kali, dengan nominal minimal 0,02 gram setiap jual emas. Untuk penjualan kedua & selanjutnya tidak ada batasan minimal jumlah emas pengguna.

2. Bagaimana cara jual emas?

  • Pilih menu “jual emas”. Pastikan pengguna sudah melengkapi data profil & verifikasi data, serta telah mencapai 1 gram pertama. Lalu input nominal gram yang ingin dijual. Kemudian selesaikan proses penjualan. Jika sudah, selanjutnya Tamasia akan memproses penjualan emas pengguna.

3. Apakah uang penjualan emas langsung masuk ke rekening saya?

  • Proses penjualan emas sampai dengan uang masuk ke rekening pengguna memerlukan waktu 1 – 2 hari kerja. Pengguna dapat memantaunya di menu “transaksi” di bagian “jual emas”.

4. Berapa limit/maksimal emas bisa dijual?

  • Maksimal emas dapat dijual adalah senilai Rp 15.000.000 dalam 1 hari.

CETAK EMAS

1. Kapan saya bisa melakukan cetak emas?

  • Cetak emas yang tersedia di Tamasia adalah 1, 5, 10, 25, 50, 100 gram. Untuk itu, pengguna baru dapat melakukan cetak emas setelah emas pengguna mencapai satuan cetak terkecil yakni 1 gram.

2. Bagaimana cara melakukan cetak emas?

  • Pilih “cetak emas’. Lalu pilih satuan gram dan jumlah keping yang diinginkan. Jika ingin cetak lebih dari 1 satuan emas (misal ada 2 satuan cetak yang ingin di cetak yakni 1 & 5 gram), maka klik “+” lalu pilih satuan gram yang berbeda dan jumlah kepingnya. Pastikan total emas yang dicetak sesuai dengan total emas milik pelanggan. Lalu pilih cara pendapatkan emas, kemudian selesaikan pembayaran untuk biaya cetak & biaya kirim (jika pilih opsi kirim). Selanjutnya Tamasia akan memproses penjualan emas pengguna. Pantau status cetak emas di menu “transaksi” di bagian “cetak emas”.

3. Apakah emas yang telah di cetak dikirim ke alamat saya?

  • Jika pengguna memilih opsi “kirim ke alamat saya” dan ekspedisi pengiriman yang bermitra dengan Tamasia melayani pengiriman ke daerah pengguna, maka emas akan dikirim ke alamat pengguna.

4. Apakah ada biaya kirim?

  • Iya ada, biaya kirim sesuai dengan harga yang ditetapkan oleh partner ekspedisi yang bermitra dengan Tamasia. Pengguna bisa memilih opsi “ambil di kantor tamasia” jika tidak ingin dikenakan biaya pengiriman.

5. Adakah biaya cetak?

  • Iya ada, biaya cetak berbeda-beda sesuai dengan besaran satuan gram yang dipilih untuk di cetak. Besaran biaya cetak tertera di dalam aplikasi.

FAQ Tamasia #BeliBerkala

RESELLER TAMASIA

Apa itu beli berkala?

Fitur beli emas secara berkala/cicil yang digunakan para reseller tamasia. Selain untuk berbisnis (menjualkan) emas ke pelanggan sekitar, bisa juga digunakan untuk diri sendiri sehingga mendapatkan keuntungan bagi hasil tiap bulan dari pembayaran berkala.

Apa itu Reseller?

Pengguna Tamasia yang dapat membeli emas di aplikasi tamasia serta menjadi perpanjangan tangan Tamasia untuk menjualkan emas & melayani pelanggan di sekitar lingkungan sehingga memperoleh keuntungan bagi hasil. Tugas lain reseller adalah:

  1. Memberikan edukasi produk Tamasia.
  2. Menyediakan dana untuk pembayaran transaksi pelanggan.
  3. Melayani transaksi dan permintaan pencairan emas pelanggan.

Apa itu Pembelian dengan bayar berkala?

Fitur Pembelian emas di Tamasia dimana pelanggan bisa memilih jangka waktu pembayaran mulai dari 3 bulan hingga 24 bulan pada saat akan bertransaksi, sehingga dapat membayar tiap bulan sesuai dengan kemampuan pelanggan

Apa itu Deposit?

Modal untuk bertransaksi yang wajib dimiliki oleh reseller dengan cara menyetorkan dana ke rekening PT.Tamasia Global Sharia sesuai dengan petunjuk yang ada di aplikasi tamasia. Deposit ini nantinya akan digunakan untuk melakukan transaksi emas. Penyetoran deposit minimum yang kami terima adalah Rp 250.000,-. Dikarenakan sistem penjualan kami adalah dengan pembayaran berkala, maka Reseller cukup menyediakan modal minimum sebesar jumlah angsuran pelanggan yang dimiliki.

Dimana aplikasi digital Tamasia dapat diperoleh?

Aplikasi digital Tamasia dapat diunduh langsung oleh pengguna Smartphone bersistem Android di Play Store dan iOS di App Store dengan nama platform yaitu Tamasia atau dikirimkan link download langsung dari Tamasia via email atau Whatsapp.

Bagaimana cara menjadi Reseller Tamasia? Apa Syaratnya?

Daftar langsung melalui aplikasi Tamasia. Pelanggan wajib menyiapkan KTP/SIM, NPWP (bila ada) dan nomor rekening tabungan.

Adapun syarat untuk menjadi Reseller yaitu:

  1. Individu / badan usaha (toko emas, toko kelontong, kios agen pembayaran online).
  2. Memiliki reputasi yang baik di lingkungan sekitar.
  3. Memiliki jiwa wirausaha.
  4. Memiliki kecukupan modal untuk melayani pelanggan.
  5. Membayar biaya registrasi sebesar Rp 99.000,-.

Darimana pelanggan mengetahui kebenaran bahwa seorang Reseller adalah Reseller resmi Tamasia?

Setiap Reseller akan memiliki no. Id Reseller yang terdaftar secara resmi di Tamasia dan calon pelanggan dapat melakukan verifikasi ke CS Tamasia.

Apa keuntungan menjadi Reseller Tamasia?

  1. Transaksi atau bisnis dapat dilakukan dimana saja.
  2. Reseller dapat membeli emas untuk dirinya sendiri lebih murah karena mendapat cashback berupa keuntungan bagi hasil dari pembelian emas nya sendiri.
  3. Semakin banyak pelanggan yang bertransaksi logam mulia emas kepada Reseller maka Reseller tersebut akan semakin banyak memperoleh keuntungan bagi hasil dari setiap transaksi tersebut.

Berapa keuntungan bagi hasil dari setiap transaksi pelanggan untuk Reseller Tamasia?

1. Bagi hasil pendaftaran pelanggan baru Rp 5.000

Bagi hasil ini didapatkan 1 kali jika mendaftarkan pelanggan baru, pelanggan bisa melakukan 2 transaksi pembelian emas sekaligus dan reseller tetap mendapatkan bagi hasil pendaftaran pelanggan baru.

2. Bagi hasil pembayaran berkala

Jangka Waktu Keuntungan
3 – 12 bulan 1.5% /tahun
18 & 24 bulan 3% /tahun

Bagi hasil ini didapatkan selama pelanggan terus membayar angsuran emasnya, contoh:
Pelanggan A membeli emas 100 gram dengan jangka waktu 24 bulan, maka Reseller akan mendapatkan Bagi hasil ini selama 24 kali. Namun jika pelanggan tidak membayar ataupun berhenti mengangsur di tengah jangka waktu yang ditetapkan, maka Reseller tidak mendapatkan bagi hasil ini.

Cara perhitungan bagi hasil transaksi pembayaran berkala:
Total angsuran per bulan x persentasi bagi hasil x tenor (jangka waktu) / tahun
Contoh : Rp 5.000.000 x 1.5% x 6 / 12 = Rp 37.500 (bagi hasil per transaksi emas atau perbulannya)

3. Bagi hasil pelunasan emas

Bagi hasil pelunasan dalam jangka waktu 3 – 12 bulan
Gram Keuntungan
1 Rp 4.000
5 Rp 20.000
10 Rp 40.000
25 Rp 95.000
50 Rp 205.000
100 Rp 445.000

 

Bagi hasil pelunasan dalam jangka waktu 18 & 24 bulan
Gram Keuntungan
1 Rp 7500
5 Rp 25.000
10 Rp 55.000
25 Rp 140.000
50 Rp 265.000
100 Rp 635.000

Bagi hasil pelunasan ini diberikan pada saat pelanggan telah selesai melunasi pembayaran emas berkalanya.

Contoh : Pelanggan A membeli emas 10 gram melalui Reseller B untuk jangka waktu 18 bulan, maka Reseller B akan mendapatkan tambahan bagi hasil sebesar Rp 55.000
Note : bagi hasil Tamasia bayarkan setiap tanggal 10 di bulan berikutnya.

4. Bagi hasil pendaftaran 10 pelanggan baru /bulan (berlaku kelipatan) Rp 40.000

Bagi hasil bonus ini diberikan jika dalam 1 bulan pertama Reseller mendapatkan 10 pelanggan baru, maka pihak Tamasia akan memberikan tambahan bonus Rp 40.000,-. Berlaku juga untuk kelipatannya.

Contoh : Reseller A mendapat 20 pelanggan baru dalam 1 bulan, maka Reseller akan mendapatkan bonus tambahan sebesar Rp 80.000,-.

5. Bagi hasil reseller get reseller Rp 50.000

Reseller akan mendapatkan 1 kali bagi hasil sebesar Rp 50.000 jika mendaftarkan seseorang menjadi Reseller (dengan ketentuan Rp 25.000 penambahan deposit pendaftar dan Rp 25.000 ke rekening pendaftar)

Apa yang dimaksud pelanggan baru yang termasuk ke dalam bagi hasil?

Pelanggan baru yang termasuk kedalam bagi hasil adalah pelanggan yang baru pertama kali melakukan transaksi pembelian di Tamasia/baru terdaftar sebagai pelanggan Tamasia.

Kapan bagi hasil diterima oleh Reseller Tamasia?

Bagi hasil Reseller akan diakumulasi dalam sebulan dan akan dibayarkan pada tanggal 10 setiap bulannya.

Apakah Reseller akan mendapatkan detail perhitungan bagi hasil per bulannya? Bisakah nantinya diunduh langsung dari aplikasi?

Reseller akan mendapatkan detail perhitungan bagi hasil per bulan dan kedepannya akan dapat diunduh langsung melalui aplikasi.

Bagaimana teknis pembayaran angsuran?

  1. Pastikan saldo deposit tidak lebih kecil dari jumlah Tagihan angsurannya. Jika lebih kecil mohon lakukan top up terlebih dahulu.
  2. Pelanggan membayar cash atau transfer ke Reseller sejumlah tagihannya, tidak lebih dan tidak kurang
    Pastikan Reseller sudah menerima dana dari pelanggan dan lakukan konfirmasi pembayaran via aplikasi Reseller. Lalu masuk ke menu transaksi pelanggan – pilih pelanggan terkait – ketuk “bayar”.
  3. Setelah itu deposit pada aplikasi Reseller akan otomatis dikurangi sejumlah tagihan pelanggannya. Apabila pelanggan membayar secara cash maka dana tunai yang diterima Reseller menjadi milik Reseller.

Ketika pelunasan, kemana Tamasia mengirimkan emas pelanggan? Apakah melalui Reseller atau diantar langsung ke pelanggan oleh Tamasia?

Ketika masa pembayaran angsuran berakhir/lunas, Reseller terkait akan memberikan dua pilihan kepada pelanggan (buyback atau kirim emas). Jika pelanggan memilih kirim emas, maka CS Ta­­­­masia akan menghubungi pelanggan terkait untuk konfirmasi kembali pengiriman emasnya dan dapat memilih antara dikirimkan langsung ke alamat pelanggan, atau pelanggan dapat mengambil ke kantor Tamasia.

Bagaimana cara Top Up Deposit?

Untuk Top Up deposit Reseller dapat dilakukan dengan transfer ke nomor rekening resmi Tamasia. Setelah Reseller melakukan transfer dan mengisi data Top Up pada aplikasi Tamasia maka secara otomatis deposit bertambah dan Reseller dapat mengirimkan bukti transfer ke Customer Service Tamasia apabila deposit belum bertambah.

Berikut nomor rekening resmi Tamasia:
MANDIRI
1260007286478
PT Tamasia Global Sharia

BCA
0703838283
PT Tamasia Global Sharia

CIMB Niaga Syariah
860005232300
PT Tamasia Global Sharia

Apakah Reseller bisa menarik kembali saldo depositnya?

Tidak bisa, saldo yang sudah menjadi deposit tidak dapat ditarik kembali. Deposit dapat ditarik hanya dalam bentuk gram emas dengan menutup akun Reseller terlebih dahulu.

Apa yang dimaksud dengan transaksi berdasarkan prinsip syariah?

Untuk setiap transaksi yang dilakukan pelanggan Tamasia akan diinformasikan secara transparan yang terdiri dari: harga nett logam mulia/gram, margin keuntungan yang didapat Tamasia, dan biaya admin yang dibebankan kepada pelanggan. Sehingga akad untuk setiap transaksi akan jelas diawal dan pelanggan berhak setuju ataupun tidak menyetujui transaksi tersebut.

Lihat juga Fatwa DSN MUI No. 77/DSN-MUI/V/2010 bahwa jual beli emas secara tidak tunai diperbolehkan.

Adapun skema perhitungan margin Tamasia bisa dilihat disini:

Tenor Margin
3 Bulan 5 %
6 Bulan 8 %
10 Bulan 12 %
12 Bulan 14 %
18 Bulan 20 %
24 Bulan 26 %

 

Gram Admin
1 Rp 10.000,-
5 Rp 30.000,-
10 Rp 50.000,-
25 Rp 150.000,-
50 Rp 225.000,-
100 Rp 450.000,-

Apa itu Margin?

Margin adalah keuntungan yang diperoleh Tamasia dari setiap transaksi. Margin ini nantinya juga berisi bagi hasil untuk Reseller Tamasia.

Apakah Tamasia sudah memiliki ijin dari OJK?

Tidak perlu, karena Tamasia adalah perusahaan jual beli bukan perusahaan investasi. Tamasia tidak menghimpun dana dari masyarakat dan tidak menyalurkannya kembali kepada masyarakat. Hal-hal tersebut menyebabkan Tamasia tidak berada dibawah naungan OJK.

TEKNIS

Jika emas pelanggan sudah dikirimkan, apakah ada notifikasinya untuk Reseller?

Reseller akan mendapat notifikasi melalui email.

Apakah setiap notifikasi hanya dikirimkan ke nomor handphone terdaftar saja? Bagaimana jika nomor tersebut hilang?

SMS notifikasi akan dikirimkan ke nomor handphone yang terdaftar saja. Apabila terdapat perubahan nomor handphone (pelanggan atau Reseller) maka dapat melakukan perubahan data/update nomor handphone terbaru melalui Customer Service Tamasia.

Saya sudah mendaftar dan membayar biaya pendaftaran Reseller Tamasia namun saya belum terima No. PIN untuk Login?

Kendala seperti ini biasanya dikarenakan sistem SMS yang sedang bermasalah. Jika sebelumnya sudah ada pemberitahuan mengenai hal tersebut dari Pusat Informasi Tamasia ke Reseller, maka pada saat pengajuan pendaftaran, Reseller disarankan agar menggunakan nomor telpon provider lain jika ada. Jika tidak ada nomor telpon lainnya atau sudah terlanjur diajukan maka ikuti langkah berikut ini:

  • Langkah pertama, hubungi CS Tamasia dengan sebutkan nama lengkap, email, dan nomor telepon terdaftar. Juga kirimkan bukti pembayaran biaya pendaftaran 99,000 ke Whatsapp Info Tamasia.
  • Kedua, CS akan mengecek data dan berkordinasi dengan Tim IT Tamasia. Jika sudah valid maka No.PIN akan kami kirimkan melalui Whatsapp atau Email Info Tamasia.

Kemana kode OTP dikirimkan pada saat pendaftaran pelanggan?

Kode OTP akan dikirimkan melalui SMS ke nomor handphone pelanggan yang terdaftar.

Bagaimana jika kode OTP tidak kunjung diterima oleh nomor pelanggan?

Kendala seperti ini biasanya dikarenakan sistem SMS yang sedang bermasalah. Jika sebelumnya sudah ada pemberitahuan mengenai hal tersebut dari Pusat Informasi Tamasia ke Reseller, maka pada saat pengajuan pendaftaran, pelanggan disarankan agar menggunakan nomor telpon provider lain jika ada. Jika tidak ada nomor telpon lainnya atau sudah terlanjur diajukan maka ikuti langkah berikut ini:

  • Langkah pertama, jangan keluar dari halaman input 6 digit OTP di aplikasi Tamasia.
  • Kedua, Reseller menghubungi CS dan beritahukan kendalanya. Infokan nama pelanggan, detail transaksi (berat emas dan tenor), dan nomor telpon pelanggan yang terdaftar.
  • Ketiga, pihak CS Tamasia akan melakukan verifikasi data langsung ke pelanggan. Jika data sudah valid, kode OTP digit akan diberikan ke nomor telpon Reseller terkait.

Apakah aplikasi Tamasia dapat bekerja dijaringan 3G?

Bisa, aplikasi Tamasia bisa bekerja pada jaringan 3G

PELANGGAN TAMASIA

Apa itu Pelanggan?

Orang perorangan atau badan usaha yang melakukan transaksi emas (jual-beli, titip, simpan) melalui Reseller/Tamasia.

Bagaimana cara membeli logam mulia emas di Tamasia?

  1. Calon pelanggan bisa langsung membeli logam mulia emas melalui Reseller terdekat atau langsung ke kantor pusat Tamasia.
  2. Setelah itu tentukan besaran gram logam mulia emas dan lama jangka waktu pembayaran sesuai keinginan pelanggan.
  3. Pada aplikasi akan tertera perincian harga logam mulia emas, margin (persentase margin+admin fee), total harga logam mulia yang diperoleh, dan besaran biaya yang harus dikeluarkan perbulannya. Jika pelanggan sudah setuju maka Reseller akan ajukan penawaran tersebut.
  4. Selanjutnya pelanggan menginformasikan data-data pribadi (nama lengkap, nomor handphone, nomor KTP, alamat sesuai KTP, pekerjaan, dan unduh foto KTP) kepada Reseller. Sebelum didaftarkan, Reseller akan memastikan kembali bahwa pelanggan benar-benar menyetujui segala syarat dan ketentuan atas transaksi tersebut, karena setelah pendaftaran selesai maka transaksi tidak bisa dibatalkan.
  5. Setelah pelanggan setuju maka akan dikirimkan kode OTP ke nomor handphone pelanggan yang terdaftar.
    Selanjutnya pelanggan langsung melakukan serah-terima pembayaran pertamanya kepada Reseller dan akan dikonfirmasi oleh Reseller ke sistem pusat Tamasia melalui aplikasi Reseller.
  6. Pelanggan akan mendapatkan konfirmasi (pembayaran berhasil) melalui SMS ke nomor handphone pelanggan yang terdaftar.
  7. Selanjutnya pelanggan akan dibuatkan dan diberikan sertifikat kepemilikan sementara atas transaksi emasnya dalam 10 hari kerja Tamasia.
  8. Perlu diketahui bahwa tanggal akad transaksi dibuat sama dengan tanggal jatuh tempo pembayaran.

Bagaimana cara pembayaran ke-2 dan seterusnya?

Pembayaran ke-2 dianjurkan untuk dilakukan langsung ke Reseller tempat pelanggan bertransaksi agar prosesnya dapat disaksikan kedua belah pihak.

Apakah pelanggan akan mendapatkan notifikasi untuk setiap proses transaksi ataupun pembayaran?

  1. Pelanggan akan menerima SMS notifikasi pembayaran berhasil ke nomor handphone apabila pelanggan yang terdaftar dan disarankan untuk tidak menghapus notifikasi tersebut. Jika notifikasi tersebut terhapus, pelanggan dapat menghubungi Reseller tempat pelanggan melakukan transaksi atau dapat menghubungi CS kami untuk menanyakan perihal sisa pembayaran.
  2. Pelanggan akan menerima SMS notifikasi jatuh tempo pembayaran pelanggan pada H-5 dan H+5 jika telat membayar.
  3. Pelanggan juga akan menerima pemberitahuan melalui email jika ada pembaharuan aplikasi Tamasia.

Bagaimana jika pelanggan sudah melakukan pelunasan?

Jika pelanggan sudah selesai masa pembayaran berkalanya maka Reseller terkait akan menghubungi pelanggan dan memberikan dua pilihan yaitu:

  1. Buyback oleh Tamasia (emas yang telah lunas dibeli kembali oleh pihak Tamasia dan hasilnya akan ditransfer ke rekening pelanggan).
  2. Logam mulia emas dikirimkan langsung ke pelanggan atau pelanggan dapat mengambil ke kantor Tamasia.

Untuk pilihan kedua, jika pelanggan ingin dikirim langsung emasnya maka Tamasia akan mengantarkan emasnya ke alamat yang ditunjuk oleh pelanggan. Namun jika pelanggan merasa tidak aman jika disimpan di tempat tinggalnya karena tidak memiliki brangkas, maka pelanggan bisa menitipkan dahulu emasnya di brangkas Tamasia dan akan dikenakan biaya titip logam mulia.

Saya tidak menyanggupi pembayaran berkala dengan tenor X, apakah bisa diperpanjang tenornya meskipun pembayaran berkala tenor X sudah berjalan?

Bisa, dengan ketentuan sebagai berikut:
1. Pelanggan sudah tidak mampu melakukan pembayaran angsuran berkala salama 3 (tiga) bulan berturut-turut, namun masih ingin melanjutkan pembayaran.

2. Pembayaran yang sudah diselesaikan minimal adalah 3 bulan atau 1/3 dari tenor awal.

3. Penambahan jangka waktu pembayaran dihitung dengan cara menambahkan sisa bulan yang belum dibayar ditambah dengan selisih tenor awal ke tenor baru.

4. Ketentuan jangka waktu yang bisa diubah adalah:

 

Tenor Awal Tenor Baru Penambahan tenor
3 Bulan Tidak bisa ubah tenor 0 Bulan
6 Bulan 10 Bulan 4 Bulan
10 Bulan 12 atau 18 Bulan 2 atau 8 Bulan
12 Bulan 18 Bulan 6 Bulan
18 Bulan 24 Bulan 6 Bulan

Saya ingin berhenti melakukan pembayaran berkala namun belum selesai/lunas.

Bisa, pelanggan dapat menghubungi Customer Service Tamasia untuk berhenti menabung. Uang yang sudah disetorkan akan ditransfer ke rekening pelanggan setelah dikurangi margin dan admin fee.

Bagaimana jika nomor handphone pelanggan hilang atau sudah tidak aktif lagi?

Pelanggan dapat melakukan perubahan data/update nomor handphone terbaru melalui Customer Service Tamasia.

Darimana informasi nomor hp pelanggan jika mereka mempunyai lebih dari 1 hp dan lupa nomor hp yang terdaftar?

Pelanggan dapat menghubungi Reseller tempat pelanggan bertransaksi atau menghubungi Customer Service Tamasia.

Bagaimana jika pelanggan tidak mendapatkan notifikasi SMS pembayaran berhasil ketika pembayaran dilakukan diluar jam kerja?

Pelanggan dapat menghubungi Customer Service Tamasia untuk memastikan keberhasilan pembayaran.

Apakah pembayaran berkala bisa dibayarkan ke Reseller Tamasia lainnya?

Tidak bisa.

Apakah untuk pelunasan yang dipercepat pelanggan akan mendapatkan diskon?

Untuk pelunasan yang dipercepat, pelanggan tidak mendapatkan diskon apapun.

Darimana pelanggan dapat memperoleh data pembayaran berkalanya?

Dari Reseller tempat pelanggan melakukan transaksi atau dapat menghubungi Customer Service Tamasia.

Bagaimana jika calon pelanggan tidak mempunyai KTP atau hilang? Apakah ada dokumen pengganti?

Calon pelanggan dapat menggunakan SIM atau Passport .

Apakah pengiriman emas yang sudah lunas gratis?

Tidak, pengiriman emas pelanggan yang sudah lunas akan dikenakan biaya kirim dan dicover asuransi. Biaya kirim tersebut akan dibebankan kepada pelanggan. Pelanggan yang keberatan dengan biaya kirim bisa mengambil langsung ke kantor Tamasia pada waktu yang telah ditentukan pihak Tamasia dan pelanggan.

Karena ini emas adalah emas produksi ANTAM, apakah nanti pelanggan dapat sertifikat emasnya?

Untuk setiap pembelian emas di Tamasia, pelanggan akan mendapat Sertifikat kepemilikan Emas Sementara yang akan dikirimkan via Email atau Whatsapp pelanggan. Setelah lunas maka pelanggan akan menerima Logam mulia ANTAM yang dilengkapi dengan sertifikat ANTAM.

Apakah logam mulia emas yang dibeli di Tamasia bisa di jual di toko emas / bukan ke Tamasia?

Bisa, logam mulia emas yang dibeli melalui Tamasia adalah Logam Mulia Antam dan bersertifikat Antam, sehingga bisa dijual di Toko Emas mana saja

Apakah pelanggan akan menerima bukti angsuran seperti buku tabungan atau sejenisnya untuk rekapannya selain yang ada di aplikasi dan SMS yang diterima pelanggan?

Bukti pembayaran untuk pelanggan adalah SMS notifikasi setiap kali pembayaran angsuran berhasil dan selain itu data bisa dilihat di aplikasi Reseller Tamasia atau bertanya langsung ke CS Tamasia.