5 Tips Mudah Cara Mengurangi Rasa Lapar Ketika Sedang Berpuasa

Pernahkah kamu merasa lapar ketika saat menjalani puasa? Di bulan Ramadhan ini, ada berbagai macam godaan yang seakan-akan mengharuskan kita untuk membatalkannya. Selama berpuasa, kita dituntut untuk menahan diri dari godaan nafsu juga makan dan minum sejak terbit fajar hingga terbenamnya matahari. Tentu bukanlah waktu yang sebentar bagi orang yang berpuasa.

Sayangnya membatalkan puasa khususnya di bulan Ramadhan sangat dilarang. Lalu bagaimana cara mengatasinya? Berikut ini tips-tips mudah cara mengatasi rasa lapar ketika tengah berpuasa di siang hari:

BACA JUGA: Rekomendasi Bacaan Inspiratif  Yang Wajib Dibaca Oleh Siapapun

1. Memberikan asupan yang pas ketika sahur dan berbuka

Sumber: https://www.anlene.com

Hidangan menu khususnya untuk sahur harus benar-benar diperhatikan agar tubuh tidak mudah lapar di saat berpuasa. Alangkah baiknya jika menu yang dipilih merupakan kombinasi makanan yang tidak mudah cepat dicerna oleh sistem pencernaan. Hal ini dapat dipraktikkan dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung tinggi akan karbohidrat kompleks.

Perbanyaklah mengkonsumsi sayuran dan umbi-umbian ketika sahur. Bila perlu konsumsi secara rutin buah kurma dan madu. Hindari makanan sejenis mie instan dan bubur yang hanya dapat memberikan efek kenyang sementara.

Ketika berbuka, konsumsilah makanan secukupnya saja. Hal ini bertujuan untuk meminimalisir agar tidak merasa kenyang ketika sahur. Sehingga tubuh dapat menerima asupan makan yang cukup di waktu sahur.

2. Memastikan kadar cairan dalam tubuh tetap tercukupi

Untuk membuat tubuh lebih bugar dalam rentang waktu yang lama ketika berpuasa, maka cairan di dalam tubuh tidak boleh mengalami kekurangan. Setidaknya tubuh membutuhkan 8 gelas air minum dalam sehari.

Minumlah masing-masing 2 gelas air kerika berbuka dan sahur. Tambahkan paling sedikit 4 gelas di malam hari guna memastikan cairan dalam tubuh mencukupi untuk kebutuhan sehari.

Sangat dianjurkan takaran ini menjadi patokan untuk air putih, bukan air yang telah diolah menjadi minuman lain seperti kopi dan sebagainya.

3. Jaga pola istirahat yang cukup

Cara Mengurangi Lapar Saat Puasa

Tubuh membutuhkan waktu istirahat yang cenderung lebih lama ketika berpuasa. Sebab dalam rutinitas tertentu tubuh akan lebih banyak memakan stamina. Untuk itu sangat penting menjaga pola istirahat yang teratur.

Hindari kebiasaan tidur sampai larut malam supaya ketika bangun sahur badan lebih ringan untuk mendapat asupan makanan. Sempatkan juga untuk istirahat sejenak pada waktu siang hari agar tubuh tetap bugar dalam beraktivitas.

4. Jaga intensitas olahraga dan aktifitas fisik

Cara Mengurangi Lapar Saat Puasa

Olahraga sangat cocok dilakukan ketika tubuh merasa lapar di kala menjelang maghrib atau sore hari. Selain itu, dengan berolahraga tubuh akan terus merasa aktif dan meminimalisir tekanan lapar sewaktu-waktu.

Kadangkala lapar yang dirasakan oleh tubuh dipicu karena tidak adanya aktifitas fisik yang menyebabkan badan jadi terasa berat dan lemas.

Olahraga yang sangat cocok dilakukan ketika berpuasa adalah jenis-jenis olahraga ringan. Contohnya seperti yoga, senam, jalan santai, dan lainnya.

5. Menjaga produktifitas tubuh ketika bekerja

Cara Mengurangi Lapar Saat Puasa

Produktif sangat penting dalam menjaga daya taha tubuh. Semakin baik produktifitas yang dialami oleh orang berpuasa, maka ia akan lebih sanggup menahan rasa lapar dalam rentang waktu yang relatif lama.

Tetap fokus bekerja dan hindari pekerjaan atau aktivitas yang terlalu memberatkan tubuh. Semakin sibuk jadwal tubuh dengan agenda-agenda ringan maka dapat terhindar dari rasa lapar.

Melalui 5 tips sehat cara mengurangi rasa lapar saat puasa di atas merupakan rangkain aktifitas yang sangat mudah untuk kita lakukan. Kalau bisa membiasakan diri dalam mengaplikasikan tips-tips sehat tersebut, maka sangat memungkinkan tubuh akan jadi lebih bugar dan fit sepanjang hari.

——-

BACA JUGA:

Kisah 5 Pengusaha Muda Yang Sukses Sejak Umur 20 an, Bisa Menjadi Inspirasimu

5 Cara Untuk Meningkatkan Imunitas dan Menjaga Kesehatan Tubuh

[Video] Apakah Saatnya Membeli Emas Saat Pandemi Virus Corona? Ini Kata Sandiaga Uno

——-

Tamasia adalah Aplikasi beli emas mulai dari Rp 10.000 sehingga kamu bisa memulai untuk punya tabungan emas dan berinvestasi di emas. Tamasia berada di bawah pengawasan Bappebti. Emas aman tersimpan di lembaga kliring resmi dan 100% didukung oleh emas LM Antam. Download gratis sekarang di android dan iOS!

Facebook Comments

Share your thoughts