tips membangun bisnis

5 Tips Dasar Membangun Bisnis dari Nol

Perkembangan zaman saat ini memberikan peluang yang besar terutama kemajuan jaringan internet agar setiap orang bisa memiliki banyak kesempatan dalam berbagai hal. Salah satunya adalah dengan membangun bisnis  yang bisa dikerjakan dimana saja dan kapan saja tanpa harus terbentur jarak dan waktu.

Apalagi perkembangan internet memberikan peluang setiap bisnis dapat menjangkau calon pelanggannya lebih luas tanpa harus terhalang oleh jarak. Walaupun begitu, membangun bisnis memang tidaklah mudah ada beberapa tips yang bisa kamu lakukan saat ingin membangun bisnis saat ini.

Baca juga: 4 Penyebab Salah Investasi Yang Sering Terjadi Pada Pemula

1. Membangun visi misi bisnis

Kedengarannya memang berat karena sejak awal harus memiliki visi misi yang kuat. Tetapi, dengan menentukan visi dan misi penting untuk menentukan arah tujuan bisnis kedepannya. Sebesar apapun bisnis yang baru mau akan kamu rintis memiliki tujuan yang jelas sangatlah penting.

Dari visi dan misi yang kamu tentukan diawal maka kamu akan mendapatkan tujuan yang jelas kedepannya dan tentu saja target-target yang harus kamu kejar agar bisnis yang kamu jalani terus bertumbuh dari waktu ke waktu. Dari tujuan tersebut kamu baru menentukan strategi apa yang cocok yang harus kamu lakukan ini akan membuat bisnismu lebih terarah.

2. Mulai bangun bisnis dengan bidang yang kamu kuasai atau suka.

Sejatinya peluang bisnis memang sangatlah banyak dan berbagai macam. Kamu bisa membangun bisnis dimulai dari bidang yang paling kamu suka atau kuasai sesuai dengan kemampuan yang kamu miliki.

Bisa berjualan produk ataupun jasa. Mulai dari yang kamu sukai atau passion akan membuatmu lebih ringan dalam memulai karena membangun bisnis tidaklah mudah apalagi untuk memulainya. Kalau dari awal kamu sudah enjoy dengan jenis bisnisnya maka kamu tidak akan bersusah payah untuk menjalaninya.

3. Tentukan model bisnis yang akan kamu jalani

Setelah memutuskan bidang apa yang akan kamu jalani, maka kamu harus membuat model bisnis terlebih dahulu agar bisnismu akan semakin terarah dengan baik. Model bisnis adalah suatu model yang menjelaskan dan menjabarkan bagaimana sebuah perusahaan dapat bergerak dan berkembang untuk memperoleh keuntungan.

Untuk menentukan model bisnis kamu dapat menggunakan metode yang mudah seperti Bisnis Model Canvas (BMC). Dari pembuatan canvas yang terstruktur tersebut maka kamu memahami darimana uang kamu dapatkan, apa saja pengeluarannya, bagaimana cara menjalin hubungan dengan pelanggan dan masih banyak lainnya.

4. Tentukan keunggulan dari produk yang akan kamu buat

Mungkin ini akan terdengar klise, tetapi dengan menentukan keunggulan dari produk yang akan kamu buat, bertujuan agar produk yang kamu keluarkan dengan mudah dapat diterima oleh konsumen apabila keunggulan produkmu dapat memecahkan permasalahan konsumen yang sebelumnya tidak pernah ada.

Keunggulan produk ini akan menjadikanmu lebih unggul dibandingkan dengan kompetitor yang sudah eksis terlebih dahulu. Kamu harus ingat, persaingan bisnis saat ini semakin ketat dan setiap bisnis berlomba masing-masing untuk memikat hati para pelanggan.

5. Mulai dengan menggunakan sosial media dan website untuk memasarkan produkmu

Setelah paham dengan 4 tips diatas, kamu harus menyusun strategi bagaimana pemasaran produkmu ini dapat menyasar kebutuhan dari calon-calon pelangganmu. Gunakan sosial media dan website untuk menjangkau calon pembelimu tanpa hanya terbatas dalam satu daerah saja. Mulai belajar digital marketing saat ini karena sangat berguna untuk memasarkan produkmu secara digital dengan lebih hemat dan terukur. 

5 tips membangun bisnis diatas merupakan tips dasar dalam proses membangun bisnis dari nol. Kamu hanya perlu konsisten dan persistence untuk terus berusaha mencari calon-calon pembelimu dengan keunggulan produk yang kamu miliki.

zakat emas

——-

BACA JUGA:

Mengenal 5 Jenis-Jenis Ekspansi Dalam Dunia Bisnis Yang Dilakukan Oleh Perusahaan

3 Tokoh Perencana Keuangan Yang Bisa Membantu Masalah Keuanganmu!

6 Tantangan yang Harus Dihadapi Oleh Pengusaha Wanita

——-

Tamasia adalah Aplikasi beli emas mulai dari Rp 10.000 sehingga kamu bisa memulai untuk punya tabungan emas dan berinvestasi di emas. Tamasia berada di bawah pengawasan Bappebti. Emas aman tersimpan di lembaga kliring resmi dan 100% didukung oleh emas LM Antam. Download gratis sekarang di android dan iOS!

Facebook Comments

Share your thoughts