Jenis Ekspansi Bisnis

Mengenal 5 Jenis-Jenis Ekspansi Dalam Dunia Bisnis Yang Dilakukan Oleh Perusahaan

Sebagai aset bisnis yang sangat berharga dalam dunia ekonomi, perusahaan memiliki berbagai jenis sistem yang diperlukan untuk meningkatkan efisiensi operasional di berbagai sektor. Salah satu sistem yang paling sering menjadi perhatian bagi perusahaan adalah ekspansi bisnis. Hal ini tidak lepas dari adanya peran penting ekspansi bagi pengembangan suatu perusahaan khususnya dalam hal peningkatan daya saing demi meraih pasar yang lebih potensial.

Adapun berikut ini 5 jenis ekspansi bisnis yang sering diterapkan oleh perusahaan-perusahaan pada umumnya.

BACA JUGA: [PROMO] Beli Emas Tamasia Pakai Promo Online Investment dari OVO

1. Merger (penggabungan)

Merger merupakan jenis ekspansi bisnis dimana terjadinya penggabungan dua atau lebih perusahaan menjadi satu kesatuan yang terpadu. Apabila terdapat penggabungan yang tidak memiliki keseimbangan antar perusahaan, maka proses merger akan didominasi oleh perusahaan yang lebih besar.

Alhasil perusahaan kecil akan mengaburkan identitasnya untuk beralih ke identitas yang sejalan dengan perusahaan besar tersebut. Merger sendiri memiliki dua jenis itu vertikal, horizontal, dan konglomerasi.

  • Merger vertikal

Penggabungan dua atau lebih perusahaan yang berada dalam satu bidang industri namun memiliki tingkat operasional yang berbeda. Sebagai contoh restoran cepat saji menggabungkan usahanya dengan perusahaan pemasok bahan baku.

  • Merger horizontal

Penggabungan dua atau lebih perusahaan yang berada dalam satu bidang industri juga memiliki tingkat operasional yang setara. Contohnya adalah penggabungan dua perusahaan yang sama-sama bergerak di bidang perangkat lunak.

  • Merger konglomerasi

Penggabungan dua atau lebih perusahaan yang berbeda bidang industri juga tingkat operasionalnya. Tujuan penggabungan ini adalah untuk meningkatkan profit perusahaan melalui berbagai strategi dan unit bisnis. Contoh merger semacam ini adalah penggabungan dua perusahaan yang masing-masing bergerak di bidang ecommerce dan telekomunikasi.

2. Akuisisi

Ekspansi bisnis berikutnya adalah akuisisi, yaitu pembelian suatu perusahaan oleh perusahaan lain dengan tujuan tertentu seperti upaya pengembangan bisnis di sektor baru. Akuisisi menjadi salah satu strategi bisnis yang seringkali digunakan oleh perusahaan-perusahaan besar untuk meningkatkan serta mempertahankan reputasi mereka. Satu contoh ekspansi yang satu ini adalah diakuisinya perusahaan air minum Aqua oleh Danone. Dalam perkembangannya pun kini semakin banyak perusahaan-perusahaan lain yang juga diakuisi oleh perusahaan tertentu.

3. Hostile Take Over

Istilah hostile take over juga disebut sebagai pengambilalihan secara paksa terhadap suatu tindakan akuisisi oleh perusahaan tertentu. Strategi ekspansi yang satu ini seringkali dilakukan dengan memanfaatkan pasar modal. Hostile take over memungkinkan suatu perusahaan tertentu menguasai saham perusahaan lain dengan menaikkan harga hingga melebihi harga pasar.

Dari pengambilalihan secara paksa tersebut umumnya menimbulkan berbagai dampak bagi perusahaan yang diakuisisi. Beberapa dampak tersebut meliputi penggantian jajaran staf atau pegawai di lingkungan perusahaan hingga penggantian sistem kebijakan.

4. Leverage Buyout

Jenis ekspansi yang terakhir adalah leverage buyout, merupakan pembelian suatu perusahaan tertentu dengan metode pinjaman utang. Pihak manajemen harus mempersiapkan modal awal yang besar agar bisa mencapai target tersebut, meskipun pada realitanya tidak semua harus diawali dengan modal yang besar.

5. Joint Venture

Ekspansi bisnis joint venture adalah penggabungan dua atau lebih negara dengan sistem kerja sama untuk membuat sistem perusahaan demi mencapai kekuatan ekonomi yang lebih besar tanpa melihat latar belakang modal dan lokasi di masing-masing negara yang bersangkutan.

Meskipun memiliki potensi yang sangat besar untuk kemajuan perusahaan, namun joint venture memiliki kendala yang sangat besar pula khususnya di bidang undang-undang dan kebijakan ekonomi yang berbeda di antar negara.

Demikian 5 jenis ekspansi bisnis yang lazim dikenal di dunia ekonomi. Masing-masing jenis ekspansi di atas hingga kini masih berlaku dan tidak jarang menjadi acuan bagi para perusahaan untuk meningkatkan bisnis mereka.

BACA JUGA:

10 Cara Mudah Meningkatkan Produktivitas Agar Menjadi Pribadi Yang Lebih Baik

7 Tips Sukses Memulai Bisnis Online Menggunakan Facebook

6 Tantangan yang Harus Dihadapi Oleh Pengusaha Wanita

——-

Tamasia adalah Aplikasi beli emas mulai dari Rp 10.000 sehingga kamu bisa memulai untuk punya tabungan emas dan berinvestasi di emas. Tamasia berada di bawah pengawasan Bappebti. Emas aman tersimpan di lembaga kliring resmi dan 100% didukung oleh emas LM Antam. Download gratis sekarang di android (klik disini) atau iOS (klik disini)

Facebook Comments

Share your thoughts