Manfaat Utama Puasa Senin Kamis

7 Manfaat Utama Puasa Senin Kamis Dari Meningkat Rasa Syukur Hingga Menjaga Kesehatan

Puasa Senin-Kamis adalah satu di antara kesunahan yang dianjurkan dalam Islam ada banyak manfaat utama jika menjalankan puasa tersebut. Seperti halnya sunah-sunah lainnya, puasa Senin-Kamis juga memiliki manfaat dan keutamaan yang melimpah bagi siapa saja yang menjalankannya.

Ada banyak manfaat utama puasa senin kamis yang bisa kamu dapatkan jika mengamalkan ibadah sunah yang satu ini. 7 manfaat diantaranya meliputi:

BACA JUGA: 7 Kebiasaan Buruk Yang Harus Dihilangkan Secepat Mungkin Untuk Menjadi Orang Sukses

1. Meningkatkan rasa syukur

Keadaan diri dalam berpuasa mampu menumbuhkan rasa syukur. Seperti halnya puasa Ramadhan, kamu juga akan merasakan kenikmatan yang telah diberikan oleh Allah selama hidup di dunia. Puasa Senin-Kamis membawa diri untuk merasakan susah payah yang dialami oleh mereka yang masih kekurangan.

2. Mengendalikan hawa nafsu

Puasa Senin-Kamis menyebabkan kesabaran bagi yang mengamalkannya. Seperti yang kita tahu, siapapun yang memiliki pondasi kesabaran yang kuat, maka akan lebih mudah dalam mengontrol emosi dan hawa nafsu.

3. Menjaga kesehatan tubuh

Ada banyak manfaat yang bisa didapatkan dari puasa Senin-Kamis untuk kesehatan tubuh.

  • Menjaga imun

Puasa Senin-Kamis menyebabkan organ tubuh akan diistirahatkan dalam kurun waktu tertentu. Dengan begitu, organ memiliki waktu istirahat yang cukup, sehingga tubuh akan tetap dalam kondisi yang sehat.

  • Meremajakan sel-sel kulit

Peremajaan terhadap sel kulit terjadi ketika tubuh tidak mendapatkan asupan selama beberapa waktu. Pada waktu yang sama, sel diberikan waktu untuk beristirahat dan melakukan peremajaan.

  • Menyehatkan gigi

Ketika gigi digosok pada waktu dini hari (setelah sahur) dan mulut tidak mengkonsumsi makanan atau minuman selama seharian, maka gigi akan tetap terjaga dan dalam keadaan bersih untuk sepanjang hari.

  • Menjaga kesehatan jantung

Selama berpuasa, tubuh akan memanfaatkan lemak sebagai cadangan energi. Yang berarti tubuh dapat menurunkan resiko penyumbatan arteri yang disebabkan partikel lemak. Hal ini bisa menjaga kesehatan jantung karena akan mengurangi hormon adrenalin dan non adrenalin.

  • Mengistirahatkan sistem pencernaan

Sistem pencernaan adalah salah satu organ tersibuk dalam tubuh. Dengan berpuasa Senin-Kamis, sistem ini akan beristirahat untuk menormalkan kembali kinerja yang sebelumnya mendapatkan tekanan secara terus-menerus.

4. Mengendalikan stress

Puasa mendorong diri agar senantiasa memperhatikan segala sesuatu yang sebelum dikerjakan. Bahkan mampu meningkatkan kesadaran baik pikiran, emosional, dan keyakinan hati. Alhasil, tubuh dapat meminimalisir resiko stress yang berlebihan.

5. Terhindar dari godaan setan

Lazimnya hampir setiap waktu setan mempengaruhi hati dan pikiran manusia agar melakukan hal-hal tak terpuji. Hal ini bisa diatasi dengan berpuasa Senin-Kamis. Sebab tubuh akan termotivasi untuk senantiasa melakukan kebajikan.

6. Menjaga kestabilan usaha

Orang berpuasa bisa meningkatkan produktivitas dalam bekerja. Produktivitas yang dimaksud adalah memaksimalkan pekerjaan ketika seseorang berusaha untuk menyamarkan rasa lapar selama berpuasa. Puasa Senin-Kamis juga sebagai lantaran hajat untuk memperlancar rezeki.

7. Menambah pahala ibadah sunah

Banyak keutamaan yang didapatkan dari ibadah sunah, terutama puasa Senin-Kamis. Pada hari yang sama, pintu surga dibuka lebar sembari catatan amal diangkat dan diperiksa oleh Allah. Maka tentu amalan ibadah ini membawakan banyak pahala, keberkahan, dan kebaikan untuk diri sendiri.

Melihat manfaat utama puasa senin kamis yang bisa kita dapat dari ibadah sunah ini maka sangat dianjurkan untuk senantiasa diamalkan, khususnya ketika sedang memiliki hajat tertentu. Dengan berpuasa Senin-Kamis, maka bisa menjadi jembatan untuk kita memperoleh hajat yang kita harapkan. Amiin.

——-

BACA JUGA:

7 Cara Sederhana Menjaga Kesehatan Mental Agar Hidupmu Lebih Tenang

7 Cara Mewaspadai Penipuan Online Agar Tidak Tertipu

5 Cara Menjadi Orang Yang Konsisten Agar Tujuanmu Cepat Tercapai!

——-

Tamasia adalah Aplikasi beli emas mulai dari Rp 10.000 sehingga kamu bisa memulai untuk punya tabungan emas dan berinvestasi di emas. Tamasia berada di bawah pengawasan Bappebti. Emas aman tersimpan di lembaga kliring resmi dan 100% didukung oleh emas LM Antam. Download gratis sekarang di android (klik disini) atau iOS (klik disini)

Facebook Comments

Share your thoughts