Cara Konsisten

5 Cara Menjadi Orang yang Konsisten Agar Tujuanmu Cepat Tercapai!

Berbicara tentang konsisten sepertinya telah menjadi momok hampir semua orang karena setiap orang memiliki cara masing-masing untuk berusaha konsisten. Pola pikir yang masih enggan untuk mempriotitaskan suatu tujuan seringkali kita alami dalam kehidupan sehari-hari.

Konsistensi penting untuk memastikan tujuan tertentu mampu dicapai sebagaimana mestinya. Sayangnya, untuk mengimplementasi konsisten dalam aktivitas sehari-hari masih cukup sulit diterapkan.

Di bawah ini ada 5 cara yang bisa kamu coba untuk menumbuhkan konsistensi pada dirimu sendiri.

BACA JUGA: Bingung Cara Mengetahui Passion? 5 Tips Ini Akan Membantumu!

1. Susun rencana jangka pendek dan panjang

Cara Konsisten

Kebiasaan umum yang sering dilakukan oleh sebagian besar orang adalah sering memulai sesuatu namun tidak sampai menyelesaikannya. Entah, karena banyak faktor yang memungkinkan seseorang jadi enggan atau bahkan tidak sanggup untuk meneruskannya. Rata-rata rasa malas menjadi factor terbesar untuk tetap terus konsisten.

Agar kamu bisa memaksimalkan potensi pencapaian yang telah ditarget, menyusun rencana dapat membantumu konsisten terhadap tujuan tersebut. Maka buatlah rincian apa saja yang ingin kamu rencanakan dalam waktu dekat ini dan setelahnya. Dengan begitu, kamu akan tahu apa saja yang harus dipersiapkan untuk mencapai rencana-rencana tersebut.

2. Buat agenda secara bertahap dan berkelanjutan

Cara Konsisten

Setiap planning tentu tidak bisa dicapai secara instan. Melainkan harus melewati tahap demi tahap untuk mencapai target. Buatlah skedul agenda apa saja yang harus kamu lakukan untuk mencapai tujuanmu. Masing-masing agenda harus jelas dan memiliki keterkaitan satu sama lain.

Sebagai contoh, jika kamu berkeinginan untuk bisa mendapatkan penghasilan sampingan diluar gaji utama. Maka jadwal yang dibuat adalah mengenai apa saja yang perlu kamu kerjakan seperti mencari pekerjaan sampingan yang sesuai dengan skill yang kamu miliki. Kamu bisa membuat agenda setiap waktu apa saja yang harus kamu kuasai untuk memenuhi kualifikasi pekerjaan sampingan yang ingin kamu geluti agar lebih banyak membuat portofolio dan mendapatkan banyak pekerjaan.

3. Melatih untuk senantiasa bersabar

Cara Konsisten

Kendala terbesar konsisten adalah ketika kita tidak mampu menyikapi suatu kegagalan dengan baik. Mungkin Kamu pernah mengalami suatu kekecewaan yang kemudian mendorongmu putus asa? Begitulah konsistensi diri diuji. Seringkali ditemukan ketika seseorang tengah mengejar suatu impian, alhasil berhenti di tengah jalan karena hasil sementara yang didapat kurang memuaskan. Padahal, jika dia tetap meneruskannya sekalipun banyak hambatan maka pasti hasil yang didapat akan lebih baik dari yang dia target.

4. Memulai sesuatu dari yang sederhana

Jangan sering memberikan janji ketika kamu belum tentu mampu menepatinya. Konsisten dibangun untuk memastikan bahwa kamu benar-benar akan berusaha untuk mecapai tujuanmu. Jika yang Kamu lakukan tidak menjamin dapat dicapai, maka cobalah memulai sesuatu dari hal-hal yang sederhana. Hal ini dimaksudkan untuk meminimalisir kendala di saat kamu berusaha untuk menjalankannya.

Penting juga agar kamu merencanakan sesuatu sesuai dengan cara dan kapasitas yang kamu miliki agar menjadi konsisten. Boleh saja kamu memiliki impian yang besar, namun tetap harus mempertimbangkan kemampuanmu untuk mencapainya, kecuali jika kamu dapat memastikan konsisten terhadap apa yang setiap kali kamu kerjakan.

5. Evaluasi secara berkala

Apakah Kamu telah mengetahui manfaat dari masing-masing tujuan yang ingin dicapai? Konsistensi juga membutuhkan penilaian terhadap apa yang kamu inginkan di masa mendatang. Untuk itu, lakukanlah evaluasi setelah kamu menyelesaikan masing-masing agenda dan proses pencapaian sementara. Dengan begitu, kamu akan mengetahui perkembangan yang telah dicapai, begitupun juga masalah-masalah yang harus kamu perbaiki untuk tahap/proses berikutnya.

Evaluasi secara rutin juga bisa membantumu semakin konsisten, terlebih jika apa yang Kamu kerjakan telah memberikan sinyal positif mengenai tujuan yang diharapkan.

Carilah motivasi-motivasi yang dapat mendorong kamu untuk semakin giat dan konsisten menyelesaikan suatu tujuan itu merupakan salah satu cara yang bisa kamu lakukan. Motivasi bisa didapat dari berbagai cara. Mengikuti seminar, workshop, sharing bersama orang-orang sukses, dan masih banyak lagi cara yang bisa Kamu lakukan untuk memotivasi diri.

——-

BACA JUGA:

6 Manfaat Digital Marketing Untuk Pengembangan Bisnis Yang Lebih Potensial

5 Cara Meningkatkan Omzet Bisnis Online Dengan Mudah

Kisah Inspiratif Pengusaha Sukses Memulai Bisnis Dari Nol, Modal Uang Bukan Segalanya!

——-

Tamasia adalah Aplikasi beli emas mulai dari Rp 10.000 sehingga kamu bisa memulai untuk punya tabungan emas dan berinvestasi di emas. Tamasia berada di bawah pengawasan Bappebti. Emas aman tersimpan di lembaga kliring resmi dan 100% didukung oleh emas LM Antam. Download gratis sekarang di android (klik disini) atau iOS (klik disini)

Facebook Comments

Share your thoughts