6 Manfaat Shalat Dhuha Bagi Yang Sering Mengamalkannya

Shalat dhuha merupakan salah satu amalan sunnah dalam agama Islam yang sangat dianjurkan bagi umat dan memiliki berbagai manfaat. Adapun ibadah sunnah yang satu ini dipercaya mampu memberikan banyak manfaat terutama mengenai persoalan rezeki. Selain memiliki jumlah rakaat yang fleksibel, yaitu minimal 2 rakaat sampai 12 rakaat, shalat dhuha juga memiliki rentang waktu cukup lama untuk mengerjakannya, yaitu pagi hingga siang hari waktu zuhur tiba.

Berikut ini beberapa manfaat yang bisa kamu peroleh jika rutin melakukan sholat dhuha.

BACA JUGA: 5 Cara Membuat Brand Agar Lebih Dikenal Oleh Masyarakat

1. Lantaran ampunan atas dosa

Ada banyak manfaat yang bisa kita dapat dengan rutin menjalankan ibadah salat dhuha, salah satunya yaitu sebagai lantaran untuk mengurangi dosa-dosa yang pernah diperbuat. Hal ini telah banyak diterangkan di hadits-hadits shohih, yang mana salah satunya sebagai berikut.

“Barangsiapa yang masih berdiam diri di masjid atau tempat salatnya setelah salat shubuh karena melakukan iktikaf, berzikir, dan melakukan dua rakaat salat dhuha disertai tidak berkata sesuatu kecuali kebaikan, maka dosa-dosanya akan diampuni meskipun banyaknya melebihi buih di lautan.” (HR Abu Daud).

2. Kemudahan atas segala urusan

Manfaat yang akan kita dapat selanjutnya yaitu Allah akan melapangkan atas segala urusan kita. Artinya ketika kamu sedang memiliki beberapa urusan yang kemungkinan besar sulit untuk diselesaikan akibat sulitnya mengatur waktu atau ketidakmampuan melakukannya, maka dengan salat dhuha Insyaallah akan ada kemudahan.

Tentu tidak satu atau dua kali dalam pengamalannya, kamu perlu menjadikan ibadah ini sebagai rutinitas. Sehingga tanpa kamu sadari salat dhuha membawa pengaruh yang besar terhadap semua urusan.

3. Dicukupkan semua kebutuhan

Menjalankan ibadah salat dhuha banyak dikenal sebagai solusi untuk mendatangkan kemudahan rezeki. Praktek ini sudah diamalkan oleh banyak orang khususnya bagi mereka yang sedang memiliki hajat tertentu. Namun tentu saja pengamalan ibadah salat dhuha harus didasari untuk mendekatkan diri kepada Allah, bukan semata-mata karena ingin memohon kelapangan rezeki.

Luangkan waktu sejenak untuk mendirikan shalat dhuha di kesibukan pagimu. Lebih baik kerjakan ibadah ini sebelum kamu memulai aktivitas di luar ruangan. Jika tidak memungkinkan buatlah rencana jadwal untuk itu.

4. Hati berasa lebih tentram

Pernahkah kamu merasakan hati yang penuh dengan tekanan akibat terlalu banyaknya hal yang harus pikirkan? Masalah ini kerap dihadapi oleh sebagian besar orang dan tidak sedikit dari mereka yang kesulitan untuk menyudahinya. Jika kamu mengalami hal serupa, sholat dhuha bisa menjadi solusi untuk mengatasi tekanan tersebut.

Sering melaksanakan ibadah salat dhuha di pagi hari bisa mencegah terjadinya stres. Adapun dengan tidak memikirkan banyak hal tentu akan membuat hati terasa lebih nyaman dan tentram.

5. Dapat merawat kualitas diri

Rutin melaksanakan ibadah shalat dhuha merupakan kelebihan yang dimiliki seseorang. Pasalnya ibadah shalat yang satu ini bukanlah kewajiban yang diperuntukkan bagi setiap Muslim, melainkan hanya dianjurkan bagi siapa saja yang bersedia untuk menunaikannya. Tentu tidak sembarang orang tersedia melaksanakan ibadah sunnah kecuali memiliki dorongan tersendiri.

Jadi bisa dikatakan bahwa shalat dhuha dapat merawat kualitas diri dengan ditandainya keleluasaan waktu di pagi hari untuk lakukan hal-hal positif seperti beribadah.

6. Terhindar dari perilaku negatif

Shalat dhuha dapat menjadi awal yang baik untuk memulai rutinitas di pagi hari. Jika mampu menempatkan ibadah ini layaknya ibadah fardhu atau sesuatu yang wajib dikerjakan, tentu akan berimbas pada perilaku-perilaku lainnya. Dengan begitu perilaku-perilaku negatif yang memiliki potensi besar untuk dilakukan bisa terminimalisir.

Namun kembali lagi pada orang yang melakukan ibadah tersebut, apakah kamu mampu Istiqomah dalam mengamalkannya atau justru hanya bersifat sementara yang membuat perilaku negatif sulit dihindari.

Itulah sedikitnya 6 manfaat sholat dhuha yang bisa menjadi dorongan untuk kamu agar terus mengamalkannya. Jadikan sholat dhuha ini sebagai bagian untuk mendekatkan diri kepada Allah. Tunaikan dengan penuh keikhlasan agar semua manfaatnya dengan mudah bisa diperoleh.

BACA JUGA:

6 Tantangan yang Harus Dihadapi Dalam Menjalankan Bisnis

Daftar 5 Orang Pengusaha Sukses dan Terkaya Di Dunia, Mana yang Menjadi Inspirasimu?

7 Kebiasaan Buruk yang Harus Dihilangkan Secepat Mungkin Untuk Menjadi Orang Sukses 

——-

Tamasia adalah Aplikasi beli emas mulai dari Rp 10.000 sehingga kamu bisa memulai untuk punya tabungan emas dan berinvestasi di emas. Tamasia berada di bawah pengawasan Bappebti. Emas aman tersimpan di lembaga kliring resmi dan 100% didukung oleh emas LM Antam. Download gratis sekarang di android (klik disini) atau iOS (klik disini)

Facebook Comments

Share your thoughts