Manfaat Memberi Hadiah Dalam Islam

3 Manfaat Memberi Hadiah dalam Islam yang Harus Kamu Ketahui

Dalam menjaga hubungan baik antar sesama manusia, memberi hadiah dalam aspek islam sangat dianjurkan untuk terwujudnya hubungan baik sekaligus mendapatkan pahala dari Allah SWT. Hukum asli manfaat memberi hadiah dalam Islam adalah mubah atau diperbolehkan. 

Walau begitu, dalam beberapa kondisi memberi hadiah dapat dikatakan haram ketika hadiah tersebut berupa suap atau sogokan. Praktik seperti itu sudah terjadi banyak di lingkungan masyarakat. Maka berfokus pada manfaat memberi hadiah sangat diwajibkan untuk menjaga hubungan baik antar sesama manusia.

Sejatinya, hal ini sangat dianjurkan dalam ajaran agama Islam. Memberikan kado atau hadiah memiliki makna saling peduli satu sama lain dan menjauhkan dari sifat iri, dengki, dendam dan lainnya.

Begitu dianjurkannya seseorang saling memberi hadiah juga digambarkan melalui sabda Rasulullah Muhammad SAW yang berbunyi:

“Hendaklah kalian saling memberi hadiah, Niscaya kalian akan saling mencintai”. (HR. Bukhari dalam Adabul Mufrad)

Baca juga: Menyambut Ramadhan, Tamasia Luncurkan Emas Mini Tamagold 

Manfaat Memberi Hadiah dalam Islam

1. Meningkatkan rasa simpati antar sesama manusia

Memberi hadiah dapat meningkatkan rasa simpati kepada manusia termsuk pada teman, keluarga atau bahkan orang lain. Saat memberi hadiah berpikir memberikan hadiah terbaik yang dapat diberikan kepada orang lain dan dapat memberikan manfaat pula. Semakin sering memberikan hadiah kepada orang lain, maka membuat pemberi hadiah semakin memiliki rasa simpati kepada orang lain.

2. Menghilangkan sifat dengki dan iri

Salah satu sifat yang dimiliki manusia adalah dengki dan iri. Kedua sifat tersebut mengarah ke konteks negatif sehingga tidak baik jika masih ada dalam hubungan antar sesama manusia. Untuk mengurangi sifat dengki dan iri salah satunya dengan cara memberikan hadiah. Hadiah bisa dalam berbagai bentuk yang penting diberikannya dengan tulus ikhlas.

Hadiah bisa dijadikan solusi baik untuk mengatasi iri dan juga kedengkian tersebut seperti manfaat sedekah makanan. “Saling menghadiahilah kalian karena sesungguhnya hadiah itu akan mencabut atau menghilangkan kedengkian.” (HR. Ibnu Mandah).

3. Merekatkan hubungan dan sebagai bentuk penghargaan

Manfaat lain saat memberikan hadiah adalah semakin mendekatkan hubungan antara satu dengan yang lainnya. Memberi hadiah atau saling bertukar hadiah bisa semakin membuat erat hubungan antar manusia karena dengan memberi hadiah menunjukkan kepedulian dan bisa menjadi sebuah bentuk penghargaan.

Misalnya, orang tua memberi hadiah kepada anaknya karena berhasil mencapai sebuah pencapaian yang diimpikan oleh anaknya. Untuk itu, hadiah menjadi cara terbaik yang bisa dilakukan orang tua sebagai bentuk penghargaan dan juga kepedulian. Kelak anak semakin sayang dan hormat kepada orang tua.

Secara psikologis, seseorang yang diberi hadiah akan berbahagia, apalagi hadiah itu barang berharga dan yang benar-benar diinginkan. 

Aisyah bercerita, “Rasulullah SAW biasa menerima hadiah dan biasa pula membalasnya.” (HR. Bukhari). 

Jadi, terdapat berbagai manfaat memberi hadiah dalam agama Islam yang harus kamu ketahui. Semakin menambah keakraban dengan sesama manusia sangat dianjurkan dalam Islam seperti membalas hadiah yang sudah didapatkan.

zakat emas

——-

BACA JUGA:

Tamasia Luncurkan Koin Emas Dinar Al-Haramain Series 

5 Jenis Investasi yang Aman untuk Prospek Jangka Panjang, Sudah Coba Yang Mana?

3 Cara Mudah Mengelola Uang Receh Yang Kamu Miliki

——-

Tamasia adalah Aplikasi beli emas mulai dari Rp 10.000 sehingga kamu bisa memulai untuk punya tabungan emas dan berinvestasi di emas. Tamasia berada di bawah pengawasan Bappebti. Emas aman tersimpan di lembaga kliring resmi dan 100% didukung oleh emas LM Antam. Download gratis sekarang di android dan iOS!

Facebook Comments

Share your thoughts