7 Hidangan Makanan yang Sering Dijumpai Saat Idul Adha

Hari raya Idul Adha bukan hanya sekedar dirayakan untuk berkurban setiap tahunannya. Banyak masyarakat yang mengisi momen Idul Adha dengan membuat menu hidangan masakan khas, yaitu makanan yang terbuat dari daging sapi dan kambing.

Ada banyak pilihan makanan yang bisa disajikan dari olahan daging sapi dan kambing. Jika kamu tengah mencari referensi tentang makanan apa saja yang sering dijumpai ketika Idul Adha, mungkin 7 pilihan berikut ini bisa kamu pertimbangkan untuk membuatnya saat Idul Adha besok.

BACA JUGA: 7 Macam Gaya Hidup Ini Bikin Boros Uang Bulananmu

1. Gulai kambing

Hidangan Makanan Idul Adha
Sumber: https://tastynesia.com/

Masakan yang satu ini kerap menjadi menu favorit di saat Idul Adha. Selain mudah dibuat, orang tua atau ibu rumah tangga bisanya memilih gulai kambing karena dagingnya yang mudah didapat. Olahan daging kambing dibuat untuk hidangan berkuah yang dimasak dengan berbagai racikan bumbu. Hasil masakan biasanya berwarna kuning kenyal dengan cita rasa gurih.

2. Sate

Hidangan Makanan Idul Adha
Sumber: https://doyanresep.com/

Membuat sate sebagai menu makanan atau hanya sekedar cemilan seringkali ditemui saat Idul Adha. Kemudahan dalam membuatnya menjadi pilihan tepat buat kamu yang tidak mau repot memasak. Cukup dengan menyediakan bumbu sederhana perendaman sate sebelum dibakar. Setelah matang tinggal disajikan dengan bumbu kacang serta kecap/saus. Jika terdapat banyak anak kecil di rumahmu, membuat sate sapi atau kambing sangat direkomendasikan.

3. Rendang

Hidangan Makanan Idul Adha
Sumber: https://www.beepdo.com/

Makanan yang satu ini mungkin bukanlah hidangan yang asing, bahkan popularitasnya telah sampai ke mancanegara. Cita rasa yang dimiliki rendang yakni gurih santan dengan sedikit pedas. Kamu bisa membuatnya dengan menggunakan daging sapi atau kambing, baik untuk membuat rendang basah maupun kering.

4. Sop Daging

Hidangan Makanan Idul Adha
Sumber: https://tastynesia.com/

Sop daging biasanya diprioritaskan ketika mendapat daging sapi atau kambing yang cenderung lebih banyak tulangnya. Karenanya kebanyakan ibu sering memanfaatkan daging semacam ini untuk membuat sop daging ketimbang masakan lainnya. Olahan sop daging identik dengan warna kuah yang bening. Meskipun demikian, cita rasanya sangat nikmat untuk disantap saat Idul Adha.

5. Tengkleng

Sumber: https://travel.tribunnews.com/

Tidak berbeda jauh dengan gulai, masakan khas Solo ini juga memiliki model sajian serupa. Hanya saja kuah tengkleng dibuat lebih encer dari gulai. Selain itu, dalam komposisinya cenderung lebih banyak tulang sumsum dan jeroan. Masakan ini bisa Kamu jadikan alternatif lain jika tidak ingin membuat sop daging. Sebab tengkleng juga cocok untuk memasak daging sapi atau kambing yang lebih banyak tulang dan jeroan.

6. Semur

Bagi masyarakat yang tinggal di Jakarta, mungkin hampir setiap Idul Adha semur menjadi masakan yang wajib ada. Kelezatan yang dihasilkan dari kombinasi bumbu rempah-rempah dengan daging sapi atau kambing banyak disukai oleh berbagai kalangan. Karakteristik dari semur adalah olahan dagingnya yang terkesan hitam pekat akibat kuahnya yang didominasi kecap. Makanan ini sangat cocok untuk disajikan bersamaan dengan hidangan apapun.

Jika masih belum menemukan hidangan yang cocok dari 7 pilihan di atas, mungkin kamu juga bisa mencoba beberapa masakan lainnya untuk mengisi menu makanan di Idul Adha besok, seperti rawon, tongseng, nasi kebuli, dan rica-rica.

——-

BACA JUGA:

7 Cara Sederhana Menjaga Kesehatan Mental Agar Hidupmu Lebih Tenang

7 Manfaat Utama Puasa Senin Kamis Dari Meningkatkan Rasa Syukuri Hingga Menjaga Kesehatan

7 Cara Mewaspadai Penipuan Online Agar Tidak Tertipu

——-

Tamasia adalah Aplikasi beli emas mulai dari Rp 10.000 sehingga kamu bisa memulai untuk punya tabungan emas dan berinvestasi di emas. Tamasia berada di bawah pengawasan Bappebti. Emas aman tersimpan di lembaga kliring resmi dan 100% didukung oleh emas LM Antam. Download gratis sekarang di android (klik disini) atau iOS (klik disini)

Facebook Comments

Share your thoughts