Bingung Memilih Emas Batangan atau Perhiasan? Baca Ini Biar Kamu Paham

Siapa yang tak mengenal emas? Sudah bukan rahasia lagi jika emas adalah investasi yang populer dan banyak diminati oleh semua orang. Harga stabil dan dalam jangka panjang mengalami kenaikan menjadikan permintaan emas tidak pernah sepi dari orang-orang yang berminat untuk membeli emas sebagai investasi.

Umumnya, di masyarakat jika ingin berinvestasi pada emas saat ini ada yang dalam bentuk emas batangan atau emas perhiasan. Kedua jenis emas tersebut memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Pemilihan jenis emas mana yang cocok bagimu memang penting untuk menjadi pertimbangan kedepannya.

Tidak semua orang pasti akan memilih emas batangan jugapun sebaliknya. Untuk sebagian orang yang sangat memperhatikan penampilan akan lebih memilih perhiasan rata-rata ini akan disukai oleh kalangan wanita. Baik emas dalam bentuk perhiasan ataupun emas dalam bentuk batangan, keduanya akan memberikan nilai yang berbeda dalam investasi yang kamu lakukan.

Apa saja pertimbangan dalam memilih emas batangan atau emas perhiasan?

BACA JUGA: [Video] 7 Fakta Menarik Tentang Emas Ini Akan Membuatmu Terkejut. Apa Saja Itu?

Emas Batangan

emas-batangan-perhiasan

Di antara emas batangan dan perhiasan, paling banyak peminatnya masih dikuasai oleh emas batangan hingga saat ini karena lebih cocok untuk semua kalangan dan cocok untuk jangka panjang. Dalam jangka panjang harga jual emas batangan lebih tinggi daripada saat harga beli emas. Harga jual dan beli mengikuti harga dari emas dunia tidak seperti emas perhiasan yang mengikuti tren tertentu saja. Jika tujuan investasi maka ada baiknya kamu melakukan investasi dalam bentuk emas batangan

Kemurnian emas batangan dianggap lebih terjamin dan juga memiliki sertifikat yang sudah menjadi satu pada emasnya. Sertifikat ini ini akan memberikan informasi kepada pemegang emas seperti nomor id, berat, ukuran serta tingkat kadarnya. Hal ini tentu menjadi pertimbangan tersendiri bagimu dalam memilih investasi ini di tengah ketidakpastian ekonomi yang tinggi seperti saat ini.

Apalagi emas bisa menjadi investasi pelindung nilai dari uang-uangmu agar tidak tergerus oleh inflasi. Walaupun emas menjadi primadona jika dibandingkan dengan emas perhiasan tetapi saat ini dengan membeli minimal 1 gram yang harganya diatas 700ribu saat ini lebih mahal jika dibandingkan perhiasan. Emas batangan juga tidak mudah didapatkan berbeda dengan emas perhiasan yang menjamur di semua daerah sehingga masih banyak orang yang membeli. Hal ini menjadi kendala tersendiri bagi masyarakat untuk bisa berinvestasi dalam bentuk emas batangan.

Emas Perhiasan

emas-batangan-perhiasan1

Bagi para wanita, emas perhiasan lebih dikenal jika dibandingkan emas batangan. Itulah alasan kenapa hingga saat ini emas perhiasan masih tetap populer. Motif membeli emas perhiasan lebih banyak untuk aksesoris penampilan seseorang dibandingkan investasi. Selain itu emas perhiasan lebih mudah didapatkan jika dibandingkan emas batangan yang tidak semua ada ditoko emas. Karena mudahnya akses membeli emas perhiasan membuat perhiasan masih diminati ketika ingin menjual kembali perhiasan yang dimiliki.

Walaupun bisa dibeli di toko emas mana saja kamu harus tetap waspada agar tidak terjebak emas perhiasan palsu. Apalagi tidak semua orang memiliki keahlian dalam mengukur kadar emas yang sesuai. Jadi hati-hatilah dalam memilih toko emas untuk membeli perhiasan agar tidak mengalami kerugian dari pembelian perhiasan.

Emas dalam bentuk perhiasan juga akan dikenakan sejumlah biaya pembuatan yang jumlah biaya pembuatan ini berkisar antara 15-20% dari nilai emas itu sendiri, beberapa toko perhiasan ternama bahkan menerapkan sejumlah biaya pembuatan yang berkisar antara 30% pada perhiasan mereka. Biaya-biaya ini harus benar-benar kamu perhatikan. Jangan sampai kamu membayar sejumlah biaya pembuatan yang mahal.

Walaupun emas batangan dan perhiasan memiliki keunggulan dan kekurangannya masing-masing, emas masih tetap menjadi kesukaan investasi yang banyak dipilih oleh semua kalangan masyarakat. Jika kamu memiliki sejumlah dana yang cukup besar serta bertujuan untuk melakukan investasi jangka panjang, maka emas batangan layak untuk dijadikan pilihan.  Jika untuk aksesoris maka emas perhiasan akan lebih cocok untuk dikoleksi.

Kamu pilih yang mana? #EmasBatangan atau #EmasPerhiasan

——-

BACA JUGA:

Sering Menunda Membeli Emas? Ini Waktu Yang Tepat Membeli Emas

4 Aplikasi Yang Membuatmu Mudah Dalam Mengelola Keuangan. Sudah Pernah Coba Yang Mana?

4 Tokoh Perencana Keuangan Yang Bisa Membantu Masalah Keuanganmu

——-

Tamasia adalah Aplikasi beli emas mulai dari Rp 10.000 sehingga kamu bisa memulai untuk punya tabungan emas dan berinvestasi di emas. Tamasia berada di bawah pengawasan Bappebti. Emas aman tersimpan di lembaga kliring resmi dan 100% didukung oleh emas LM Antam. Download gratis sekarang di android dan iOS!

Facebook Comments

Share your thoughts