Cara Mengelola THR

Dapat THR? 5 Cara Ini Akan Membantumu Mengelola THR Dengan Bijak

Di bulan Ramadhan, Tunjangan Hari Raya (THR) adalah momen yang paling ditunggu-tunggu bagi para pekerja kantoran. Tidak heran, banyaknya kebutuhan di hari raya membuat sebagian besar orang sangat bergantung dengan THR yang diperoleh.

Seperti halnya gaji, penggunaan THR juga perlu diatur dengan baik. Untuk dapat menggunakan THR semaksimal mungkin, maka kamu harus mengetahui cara memanfaatkan THR dengan bijak.

Berikut 5 cara menggunakan THR agar mencukupi semua kebutuhan kedepannya.

BACA JUGA: Bosan Dengan Makanan yang Itu-Itu Saja? Coba Rekomendasi Makanan Ini

1. Mengalokasikannya untuk tabungan

Cara Mengelola THR

Tentu saja hal pertama yang tidak boleh terlewatkan adalah menabung. Hal ini penting untuk mencukupi kebutuhan tak terduga di kemudian hari.

Kamu dapat mengalokasikan sekitar 10-20% dari dana keseluruhan THR untuk dimasukkan ke rekening tabungan.

Jangan sampai kamu hanya memikirkan kebutuhan di masa sekarang tanpa melihat kondisi finansial kedepannya

2. Mencukupi kebutuhan sisa Ramadhan

Cara Mengelola THR

THR pada umumnya dibagikan paling lambat sebelum hari raya. Apabila kamu masih memiliki kebutuhan penting di sisa bulan Ramadhan, maka sisihkan dana THR untuk mencukupinya. Hindari resiko tanggungan yang masih tersisa di bulan Ramadhan ketika telah memasuki hari raya.

Kamu bisa menggunakannya untuk berbagai macam keperluan. Seperti membayar tagihan, memberikan THR kepada pembantu dan yang paling penting adalah membayar zakat.

Jangan gunakan dana THR secara keseluruhan untuk membiayai kebutuhan sekaligus. Kamu harus pandai menghemat agar dana dapat menjangkau semua kebutuhan kedepannya.

3. Membeli kebutuhan wajib hari raya

Cara Mengelola THR

Mengingat kebutuhan hari raya sangat besar, maka kamu harus pandai mengelola keuangannya. Baik itu yang bersumber dari gaji bersih maupun THR yang diperoleh.

Cukupi semua kebutuhan hari raya mu, seperti perabot rumah, pakaian, fasilitas anak, jamuan lebaran, dan sebagainya.

Orientasikan terlebih dahulu kebutuhan-kebutuhan yang paling vital. Bedakan antara kebutuhan yang sangat perlu dicukupi dengan keinginan yang tidak harus dituruti.

4. Membayar angsuran dan hutang

Angsuran maupun hutang adalah bagian yang tidak boleh dianggap remeh. Mendapatkan THR adalah masa yang sangat pas untuk menyelesaikan angsuran atau menutup hutang yang kamu punya.

Mengingat THR hanya didapat satu kali dalam setahun, sudah pastinya kamu menggunakannya untuk membayar apa yang tidak bisa dibayar di hari-hari biasanya.

Ketika kamu telah terbebas dari tagihan-tagihan semacam ini, kelak di hari raya dan setelahnya kamu hanya cukup memikirkan kebutuhan pokok. Bahkan kamu dapat menambah persentase tabungan atau investasi jangka panjang sendiri.

5. Investasikan sisa dana THR

Selagi kamu masih memiliki kesempatan kerja yang mapan dan selalu mendapatkan THR setiap tahunnya, berinvestasi adalah pilihan terbaik untuk menyiapkan masa depan.

Bila perlu gunakanlah dana THR yang masih tersisa untuk membeli aset aset produktif seperti emas. Atau paling tidak kamu dapat memanfaatkannya untuk menambah modal usaha yang dapat menunjangmu di suatu hari nanti ketika sudah tidak dapat bekerja secara mapan.

Untuk dapat mencukupi semua kebutuhan di atas, maka kamu harus menentukan besaran persentase dari keseluruhan dana THR untuk tiap-tiap kebutuhanmu. Hal tersebut bertujuan untuk mencukupi semua kebutuhan yang ada.

Jangan sampai hanya karena kamu tidak membuat persentase tersebut, THR yang diperoleh hanya mencukupi beberapa poin kebutuhan saja. Bedakanlah dana THR dengan gaji yang dimiliki. Atur keduanya secara terpisah agar alur penggunaan budget Anda dapat terkelola dengan baik dan maksimal.

Tetap selalu mengelola uang dengan bijak agar kamu dapat menggunakan dana THR dengan lebih baik.

——-

BACA JUGA:

Kisah 5 Pengusaha Muda Yang Sukses Sejak Umur 20 an, Bisa Menjadi Inspirasimu

Penyerahan Zakat Emas, Zakat Fitrah, dan Donasi Peduli Covid-19 Melalui BAZNAS

Rekomendasi Podcast Yang Bisa Kamu Dengarkan Sambil Di Rumah Aja

——-

Tamasia adalah Aplikasi beli emas mulai dari Rp 10.000 sehingga kamu bisa memulai untuk punya tabungan emas dan berinvestasi di emas. Tamasia berada di bawah pengawasan Bappebti. Emas aman tersimpan di lembaga kliring resmi dan 100% didukung oleh emas LM Antam. Download gratis sekarang di android dan iOS!

Facebook Comments

Share your thoughts