Cara Mengetahui Passion

Bingung Cara Mengetahui Passion? 5 Tips Ini Akan Membantumu!

Setiap orang mempunyai passion tersendiri yang menggambarkan karakteristik yang sesuai kepribadiannya dengan beragaim cara untuk mengetahui passion yang dimiliki dirinya sendiri. Dengan passion tersebut, seseorang jadi lebih mudah untuk mengembangkan potensi diri seperti melakukan pekerjaan yang disukai, membuat lebih banyak karya dan lainnya.

Umumnya, passion mampu mengantarkan seseorang menjadi lebih mudah untuk menyelesaikan berbagai persoalan. Bahkan untuk menjangkau target besar pun, passion akan sangat membantu peningkatan kapasitas diri. Sayangnya, passion pada diri sendiri kadang cenderung susah untuk diketahui. Butuh berbagai proses dan tahapan agar bisa mengenal siapa diri kita yang sebenarnya.

Berikut ini 5 cara yang dapat kamu lakukan untuk mencari tahu bagaimana passion yang ada pada dirimu sendiri.

BACA JUGA: Kisah Inspiratif Pengusaha Sukses Memulai Bisnis Dari Nol, Modal Uang Bukan Segalanya!

1. Apa kelebihan dan kelemahan yang kamu miliki

Cara Mengetahui Passion

Setiap orang tentu memiliki kelebihan dan kelemahan masing-masing, bukan? Ini adalah proses awal kamu mengenal passion diri sendiri.

Coba lakukan analisis SWOT, bila perlu minta bantuan orang lain untuk menilai kepribadianmu. Ingatlah apa saja yang pernah kamu lakukan selama ini. Dari banyaknya rutinitas yang dikerjakan, hal apa saja yang paling menonjol. Jangan lupa pikirkan juga hal apa yang membuat kamu kesulitan.

Temukan sesuatu yang unik sehingga kamu percaya jika itu adalah bagian dari passionmu.

2. Apa hobi dan kesukaanmu sejak kecil

Cara Mengetahui Passion

Ini akan membantu melihat sesuatu yang tersembunyi dari dirimu sendiri. Masa kecil adalah titik awal kamu mengenal kehidupanmu sendiri. Bisa jadi, apa yang Kamu sukai di waktu kecil adalah passionmu yang belum disadari.  Jika lupa, tanyakan orang-orang yang sering berada di sekelilingmu di waktu kecil. Berikutnya, tinjau apakah kesukaanmu itu masih relevan dengan hobimu sekarang.

3. Apa harapan terbesarmu saat ini

Mustahil seseorang tidak memiliki harapan di masa mendatang, atau lebih tepatnya cita-cita. Di saat masih kecil, mungkin cita-citamu didapat dari apa yang kamu lihat itu menarik.

Tapi sekarang berbeda. Kamu akan menentukan harapan besar di masa mendatang setelah mengetahui peluang dan kesempatan yang kamu dapat hari ini. Artinya, secara tidak langsung kamu telah mengenal passion yang mengantarkanmu berpikir tentang harapan tersebut.

4. Aktivitas apa yang membuat kamu enjoy dan senang menjalaninya

Dilihat dari rutinitas yang kamu kerjakan setiap hari. Adakah kegiatan yang membuatmu senang selain hobi? Melalui cara inilah kamu akan bisa mengenal karakter diri sendiri. Kesukaan di waktu kecil juga erat kaitannya dengan hal yang satu ini.

Coba pikirkan, apakah yang kamu senangi sekarang merupakan bagian dari sesuatu yang penting dalam hidupmu? Jika iya, berarti rutinitas tersebut menggambarkan passion yang kamu miliki. Kamu bisa mengembangkannya untuk mendapatkan apa yang Kamu harapkan tadi. Maksudnya, kamu bisa menggapai harapanmu melalui cara unik, yaitu dengan rutinitas yang kamu sukai.

5. Apa motivasi yang menjadi doronganmu saat ini

Keberadaan motivasi terkadang berasal dari suatu keadaan tersulit dalam hidupmu. Passion secara tidak langsung mendorong Kamu agar bangkit dari masa sulit tersebut. Jadi, ketahuilah bahwa motivasi yang kamu miliki berawal dari passion pribadimu. Pahami apa saja yang melatarbelakangi motivasimu saat ini. Pertimbangkan hal-hal apa yang pernah Kamu lakukan sebelumnya sehingga Kamu menemukan motivasi tersebut.

Itulah 5 cara yang bisa kamu coba untuk mengetahui passion. Ikutilah sesuatu yang telah menjadi keyakinan hatimu, bukan jalan pikiranmu. Passion terbangun dari kepekaan hati mengenai apa yang kamu lihat hingga hari ini. Sedangkan jalan pikiran hanya menjadi perantara antara kepribadianmu dengan passion.

——-

BACA JUGA:

6 Manfaat Digital Marketing Untuk Pengembangan Bisnis Yang Lebih Potensial

5 Cara Meningkatkan Omzet Bisnis Online Dengan Mudah

4 Cara Sederhana Merencanakan Biaya Pendidikan Untuk Anak

——-

Tamasia adalah Aplikasi beli emas mulai dari Rp 10.000 sehingga kamu bisa memulai untuk punya tabungan emas dan berinvestasi di emas. Tamasia berada di bawah pengawasan Bappebti. Emas aman tersimpan di lembaga kliring resmi dan 100% didukung oleh emas LM Antam. Download gratis sekarang di android (klik disini) atau iOS (klik disini)

Facebook Comments

Share your thoughts