Cara Hemat Promo Ecommerce

8 Cara Hemat Agar Tidak Tergoda Belanja Online Dengan Promo Ecommerce

Salah satu hal yang menarik dalam belanja online adalah adanya promo yang menjadi salah satu hal yang paling ditunggu-tunggu oleh para penggemar shopping. Sayangnya keberadaan promo ini tidak selalu memberikan keuntungan bagi para pengguna ecommerce. Seringnya pengadaan justru membuat promo menjadi salah satu penyebab seseorang lebih boros.

Jika kamu mengalami hal serupa dan ingin berhemat serta tidak tergiur dengan promo di ecommerce, berikut beberapa cara hemat yang bisa kamu lakukan untuk menghindarinya.

BACA JUGA: 5 Alasan Utama Mengasah Pengetahuan Tentang Uang Itu Sangat Penting

1. Batasi saldo di akun ecommerce

Salah satu penyebab borosnya seseorang ketika mendapati promo di ecommerce adalah terlalu berlebihan dalam mengisi saldo. Hal ini akan membuat seseorang kesulitan dalam membatasi diri untuk tidak melakukan transaksi secara terus-menerus selama promo berlangsung. Alternatifnya adalah mengisi saldo secukupnya dan tidak menambah ketika jumlah nominal belanja melebihi saldo yang tersedia.

2. Buat prioritas rencana belanja

Membatasi saldo saja tidak cukup tanpa memiliki susunan rencana belanja yang tepat. Kamu perlu menyusun apa saja yang sekiranya penting untuk dibeli serta membedakan antara kebutuhan dan keinginan. Berapapun cashback atau diskon yang ditawarkan, pastikan kamu tidak membelinya jika memang tidak masuk dalam prioritas rencana belanja.

3. Cukup install satu aplikasi ecommerce

Masing-masing platform ecommerce memiliki bentuk promo yang berbeda di setiap waktunya. Agar dapat meminimalisir belanja yang berlebihan, kamu cukup menginstal satu aplikasi ecommerce saja di gadget yang dimiliki. Langkah ini dapat membantumu untuk membatasi diri supaya tidak banyak melakukan transaksi ketika sering mendapat tawaran promo.

4. Nonaktifkan akses dan notifikasi

E-commerce menjadi salah satu aplikasi yang sering menampilkan notifikasi terutama pada saat diadakan promo. Supaya kamu tidak tergiur dengan penawaran notifikasi tersebut, kamu perlu menonaktifkan akses beserta notifikasinya. Untuk menonaktifkannya sendiri dapat dilakukan secara langsung dari aplikasi tersebut atau melalui pengaturan di gadget

5. Tidak berlangganan email promo

Pemberitahuan promo tidak hanya disampaikan melalui notifikasi pada aplikasi yang terinstal. Perusahaan ecommerce seringkali menawarkan produk-produknya kepada pelanggan atau pengguna melalui email yang terdaftar di database mereka. Kamu bisa mematikan pemberitaan tersebut dengan cara memblokirnya atau berhenti berlangganan.

6. Bandingkan harga normal produk

Para penjual di ecommerce seringkali memanipulasi harga ketika diadakan promo seperti diskon. Hal itu dilakukan agar mereka tetap memperoleh keuntungan lebih meskipun harga produknya terpotong promo. Meskipun tidak semuanya, namun kamu perlu membandingkan antara promo dengan harga produk asli sebelum memutuskan untuk membelinya. Karena bisa jadi harga produk dinaikkan sebelum dikenai potongan akibat pengadaan promo.

7. Lihat peluang promo berikutnya

Banyak ecommerce yang mengadakan promo secara rutin, baik dalam bentuk cashback, diskon, bonus, dan lain sebagainya. Artinya, jika kamu melewati promo pada waktu tertentu kamu masih memiliki kesempatan untuk belanja di promo selanjutnya. Sehingga kamu dapat menahan diri agar tidak berbelanja ketika memperoleh tawaran promo menarik di saat-saat tertentu.

8. Tidak memprioritaskan ecommerce

Cara terakhir untuk menahan diri supaya tidak tergoda dengan promo adalah mengurangi kebiasaan berbelanja di ecommerce. Mengingat lengkapnya segala macam kebutuhan dan juga tawaran yang menarik dari ecommerce akan membuat intensitas belanja jadi meningkat. Sehingga dapat berpotensi akan memburuknya kondisi keuangan apabila kamu belum mampu mengontrolnya.

Delapan cara hemat di atas setidaknya dapat membantumu mengurangi kecanduan akan penawaran promo ecommerce. Aplikasikan semua cara tersebut supaya terhindar dari kondisi keuangan yang boros akibat seringnya berbelanja. Barengi juga dengan menerapkan manajemen keuangan yang baik dan terencana supaya tidak mudah tergiur akan promo belanja di ecommerce.

BACA JUGA:

5 Tips Hemat dan Aman Liburan Bersama Keluarga Saat Masa Pandemi

5 Cara Mendidik Anak Agar Disiplin Mengatur Keuangan Untuk Masa Depan

6 Tantangan yang Harus Dihadapi Oleh Pengusaha Wanita

——-

Tamasia adalah Aplikasi beli emas mulai dari Rp 10.000 sehingga kamu bisa memulai untuk punya tabungan emas dan berinvestasi di emas. Tamasia berada di bawah pengawasan Bappebti. Emas aman tersimpan di lembaga kliring resmi dan 100% didukung oleh emas LM Antam. Download gratis sekarang di android (klik disini) atau iOS (klik disini)

Facebook Comments

Share your thoughts