4 Cara Ini Untuk Mengatur Pendapatan Tambahan Agar Semakin Bermanfaat

Saat ini mencari pendapatan tambahan diluar gaji bulanan semakin mudah dengan berkembangnya teknologi saat ini. Hanya bermodal internet kamu bisa bekerja paruh waktu / freelance di sela-sela aktifitasmu. Semakin mudahnya mendapatkan side job tersebut kamu harus mulai mengatur waktu dan juga uang.

Pendapatan tambahan pun juga beragam tidak hanya dari side job yang kamu dapatkan. Bisa juga dari hasil THR, bonus tahunan atau lainnya. Nah pendapatan tambahan juga menggiurkan jika dengan nominal yang besar.

Alhasil, pendapatan tambahan jika tidak diatur dengan baik maka akan lebih mudah diboroskan. Bisa dihabiskan untuk belanja, liburan ataupun pesta bersama teman-teman. Agar tiak lenyap untuk hal konsumtif maka kamu wajib mengatur pendapatan tambahan dengan beberapa cara ini.

1. Masukan Uang ke Tabungan

mengatur-pendapatan-tambahan03

Apa yang kamu lakukan ketika mendapatkan penghasilan tambahan? Langkah paling bijak pertama adalah langsung sisihkan uangmu untuk kemudian ditabung. Kamu dapat langsung mentransfer uang ke rekening khusus tabungan jauh lebih bermanfaat agar tidak menjadi satu dengan rekening operasional mu sehari-hari.

Langkah ini untuk mencegah dari godaan untuk membelanjakan hal yang tidak kamu butuhkan. Pilihlah fasilitas tabungan yang memberikan manfaat lebih banyak jika dibandingkan dengan rekening bank operasionalmu.

Menyiapkan tabungan memang sangat penting agar kamu dapat menjaga uang untuk kebutuhan lainnya.

2.  Siapkan Dana Darurat

mengatur-pendapatan-tambahan02

Selain tabungan secukupnya, kamu harus menyiapkan dana darurat dengan uang hasil pendapatan tambahanmu. Dana darurat untuk mempersiapkan dari kejadian atau musibah yang diluar dugaan dan tanpa rencana.

Persiapkan dana darurat sebesar tiga hingga enam kali biaya pengeluaranmu setiap bulannya. Semakin cepat terkumpul maka semakin baik untuk menjaga dari hal-hal yang tidak kamu inginkan.

3. Menambah Porsi Investasi

mengatur-pendapatan-tambahan01

Salah satu cara terbaik untuk menggunakan pendapatan tambahan adalah dengan menambah porsi investasi yang kamu miliki saat ini. Sangat beragam instrumen investasi yang dapat kamu pilih salah satu yang aman adalah dengan membeli emas.

Selain menambahkan asset yang kamu miliki, dengan berinvestasi secara rutin akan membuatmu mendapatkan keuntungan yang lebih dari modal investasimu. Alih-alih boros, kamu akan mendapatkan hasil yang berguna untuk masa depanmu.

Jangan lupa kamu harus memilih instrumen investasi yang sesuai dengan profil risiko mu. Pilih yang memberikan keuntungan diatas inflasi tahunan agar kamu tidak merugi.

4. Gunakan Untuk Berbagi

mengatur-pendapatan-tambahan03

Hidup ini tidak hanya selalu terkait seberapa banyak investasi yang kita miliki tetapi juga seberapa banyak bisa memberikan apapun kepada keluarga dan orang tua. Ketika kamu memiliki penghasilan tambahan gunakan kesempatan itu untuk memberikan uang atau hadiah kepada keluarga yang kamu cintai.

Beri juga hadiah yang berkesan dan memiliki nilai kegunaan. Apakah hanya untuk keluarga terdekat? Tentu saja tidak. Kamu dapat berbagi dan beramal sekaligus kepada siapapun seperti panti asuhan atau panti jompo.

Kalau perlu sekalian buat kegiatan bersama yang menarik dan berkesan. Percayalah uang yang kamu keluarkan untuk berbagi ke sesama akan bernilai sangat besar bagi banyak orang dengan begitu kamu akan mendapatkan ketenangan hati dan jiwa.

Beberapa cara diatas dapat kamu jalankan dengan membuat alokasi uang yang sesuai rencana yang dibuat dan tentu saja untuk tetap disiplin. Dengan disiplin maka kamu tetap menikmati uang hasil tambahan pendapatanmu dengan tepat dan pas sesuai manfaatnya terhindar dari boros.

——-

BACA JUGA:

Diawasi BAPPEBTI Kini Investasi Emas Digital di Tamasia Semakin Aman

Kebiasaan Baik Mengatur Keuangan Ini Akan Membuat Hidupmu Semakin Mapan

4 Cara Hemat Pengeluaran Belanja Ini Akan Membuatmu Terhindar Dari Boros

——-

Tamasia adalah Aplikasi beli emas mulai dari Rp 10.000 sehingga kamu bisa memulai untuk punya tabungan emas dan berinvestasi di emas. Tamasia berada di bawah pengawasan Bappebti. Emas aman tersimpan di lembaga kliring resmi dan 100% didukung oleh emas LM Antam. Download gratis sekarang di android dan iOS!

Facebook Comments

Share your thoughts