Kebiasaan Baik Mengatur Keuangan Ini Akan Membuat Hidupmu Semakin Mapan

Dalam segala hal apapun setiap manusia akan diajarkan untuk memiliki kebiasaan yang baik. Kebiasaan yang baik akan membuatmu disukai oleh banyak orang dalam hal apapun dan membuatmu lebih maju dalam segala aspek kehidupan. Tak terkecuali kebiasaan baik dalam mengatur uang.

Dalam perencanaan keuangan tentu saja kamu harus menerapkan kebiasaan-kebiasaan baik. Kenapa? Dengan begitu maka akan menentukan kondisi finansialmu kedepannya akan lebih hemat atau semakin boros. Mau sejago apapun mengatur keuangan pasti akan berawal dari kebiasaan bagaimana mengelola uangnya dalam kehidupan sehari-hari.

Jika tidak memiliki kebiasaan tersebut maka kamu akan lebih dekat dengan sifat boros. Seberapa banyak penghasilan bulananmu tidak menentukan apakah kamu bisa menjadi hemat atau malah semakin lebih boros.

Lalu kebiasaan apa yang harus kamu lakukan dengan baik agar terhindar dari sifat boros?

1. Tidak Suka Menimbun Hutang

kebiasaan baik mengatur uang

Memang, hidup memang tidak selalu bisa lepas dari hutang baik hutang kredit rumah, kredit kendaraan dan lainnya. Tetapi harus dapat membatasi itu semua dengan menanamkan kebiasaan baik untuk tidak suka berhutang.

Apalagi di era saat ini kemudahan akses untuk mendapatkan pinjaman semakin mudah. Pinjaman online juga semakin marak sehingga membuat orang-orang tergoda untuk sibuk gali lubang tutup lubang, pinjam sana sini.

Kalau kamu lebih jeli dengan menghitung bunga-bunga yang dari hasil pinjaman sana sini akan semakin membuat hutang yang kamu miliki membengkak. Tentu saja hutang besar akan mulai menyusahkan perencanaan keuangan yang sudah kamu buat.

2.  Rajin Mencatat Pemasukan dan Pengeluaran

kebiasaan baik mengatur uang02

Agar terhindar dari sifat boros, kebiasaan mencatat pemasukan dan pengeluaran setiap bulannya sangatlah penting. Kebiasaan ini berlaku buat semua orang agar terhindar dari sifat boros.

Pencatatan yang kamu buat akan memudahkanmu untuk mengontrol pengeluaran. Jika kamu mulai merasa boros dengan pencatatan yang kamu buat akan membuatmu bisa introspeksi diri. Jangan sampai lebih besar pasak daripada tiang.

3. Belanja dengan Bijak

kebiasaan baik mengatur uang03

Salah satu hal yang rentan terhadap pemborosan adalah aktifitas berbelanja apalagi yang saat ini sudah berkeluarga. Tanpa kita sadarai berbelanja bisa membuat kita semakin boros tanpa perencanaan yang baik dan benar.

Mayoritas gampang tergiur oleh perang diskon harga untuk barang-barang yang sebenarnya tidak kita butuhkan. Ini menjadi sebuah kebiasaan buruk untuk perencanaan keuanganmu.

Sifat konsumtif akan semakin membuat ingin terus berbelanja tanpa mengenal keinginan atau kebutuhan. Tapi kebiasaan buruk ini dapat dihindari dengan membuat perencanaan dan skala prioritas. Gunakan uangmu dengan bijak dan alokasikan untuk keperluan lain seperti investasi.

4. Rajin Menabung dan Investasi

kebiasaan baik mengatur uang04

Kebiasaan baik yang wajib kamu lakukan dan sangat penting adalah rajin untuk menabung dan berinvestasi. Kamu bisa mempersiapkan untuk masa depanmu lebih baik dengan menabung dan berinvestasi.

Mulai sisihkan minimal 10-20% dari total pendapatanmu setiap bulannya untuk rajin menabung. Semakin besar maka semakin baik karena kamu bisa mempersiapkan kehidupanmu jauh lebih baik dan dapat menjamin masa depanmu.

Untuk investasi saat ini tidak membutuhkan dana yang sangat besar. Bahkan kamu dapat memulai dengan 10 ribu saja. Apa itu? Investasi emas lewat aplikasi Tamasia. Dengan kemudahan nominal yang kecil dan terjangkau investasi emas selalu menjadi favorit semua kalangan sejak dahulu kala hingga saat ini.

Dari kebiasaan-kebiasaan baik diatas, apakah sudah kamu terapkan semua? Jadi jangan tunda lagi untuk menjauhi kebiasaan boros dengan kebiasaan baik dalam mengatur keuangan. Segera mulai dari sekarang.

——-

BACA JUGA:

Diawasi BAPPEBTI Kini Investasi Emas Digital di Tamasia Semakin Aman

Apakah Emas Bisa Menjadi Investasi Pelindung Nilai Yang Aman?

3 Manfaat Rutin Financial Check Up Setiap Bulan Yang Harus Kamu Ketahui

——-

Tamasia adalah Aplikasi beli emas mulai dari Rp 10.000 sehingga kamu bisa memulai untuk punya tabungan emas dan berinvestasi di emas. Tamasia berada di bawah pengawasan Bappebti. Emas aman tersimpan di lembaga kliring resmi dan 100% didukung oleh emas LM Antam. Download gratis sekarang di android dan iOS!

Facebook Comments

Share your thoughts