4 Cara Hemat Pengeluaran Belanja Ini Akan Membuatmu Terhindar Dari Boros

Dalam perencanaan keuangan, salah satu pengeluaran yang paling besar adalah pos konsumsi yang memakan hingga 40%-50% dari total pengeluaran bulanan. Di dalam pos ini semua kebutuhan yang menuntut dalam kategori konsumsi dijadikan satu termasuk belanja kebutuhan sehari-hari maupun bulanan yang harus kita hemat dengan berbagai cara.

Biasanya, untuk memenuhi kebutuhan selama sebulan kamu dituntut untuk bisa mengatur uang dengan bijaksana. Jangan sampai gajimu habis cuma buat nongkrong dan kebutuhan konsumtif yang hanya membuatmu semakin boros.

Agar terhindar dari sifat boros maka yang harus kamu lakukan adalah hemat dalam berbelanja dengan cara paling efisien agar berhemat untuk kebutuhan lain yang bisa saja sifatnya mendesak atau investasi jangka panjang. Jangan sampai gaji cuma numpang lewat tanpa punya simpanan.

Lalu bagaimana cara hemat dalam berbelanja? Ada beberapa tips yang bisa kamu terapkan.

1. Buat Daftar Belanja Harian dan Bulanan

Cara Hemat Belanja

Langkah paling awal adalah kamu harus membuat daftar belanja baik belanja harian maupun bulanan sebelum pergi ke pusat perbelanjaan. Kenapa? Ini penting sekali agar kamu tau apa prioritasmu dalam berbelanja.

Dengan mengetahui prioritas dalam berbelanja maka akan terhindar dari membeli keperluan yang sebenarnya tidak kamu butuhkan. Bisa saja tanpa daftar belanja maka kamu akan lebih tergoda dalam perang diskon yang harus kamu pilih.

Tentu saja itu bukan perkara mudah untuk menghindari tersebut maka usahakan fokus pada daftar belanja yang sudah kamu buat terlebih dahulu. Fokus adalah kunci utama.

2.  Bawa Uang Sesuai Kebutuhan

Cara Hemat Belanja02

Setelah mempunyai daftar belanjaan maka hal yang harus kamu lakukan adalah membawa uang secukupnya sesuai dengan kebutuhan yang akan kamu beli. Jika kamu membawa uang banyak maka kamu gampang tergoda untuk membeli kebutuhan yang tidak perlu hanya dengan alasan masih memiliki uang di dompet. Wah bisa kacau!

Apakah harus membawa uang benar-benar sesuai dengan kebutuhan? Tentu saja kamu bisa membawa uang lebih tapi jangan sampai berlebihan. Misal setelah kamu hitung ternyata uang belanja bulananmu akan habis 400 ribu maka kamu boleh membawa uang 500 ribu. Uang lebih ini buat kebutuhan yang ternyata sangat mendesak ketika kamu sedang berbelanja.

Tujuan utama ini adalah agar kamu tetap fokus untuk mengendalikan pengeluaran agar terhindar dari boros. Bawa banyak uang pun juga bisa menjadi sasaran tindak kejahatan selain itu lebih gampang tergoda perang diskon.

3. Hindari Menggunakan Kartu Kredit

Cara Hemat Belanja03

Apakah kamu terbiasa menggesek kartu kredit dalam berbelanja? Jika iya sudah saatnya kamu harus mulai menghentikan kebiasaan itu. Jika kamu membayar dengan kartu kredit maka kamu tanpa sadar bisa menambah pos pengeluaran dan merusak perencanaan keuangan yang sudah kamu buat.

Kamu harus mengeluarkan uang lebih untuk menambah pos pengeluaranmu. Kartu kredit juga bisa membuatmu semakin boros karena akan membuatmu terasa hemat tanpa mengeluarkan uang saat ini. Tapi perlu diingat tagihan kartu kredit bulan bulan yang akan datang. Maka gunakanlah dengan bijak

4. Catat Pengeluaranmu Usai Berbelanja

Cara Hemat Belanja04

Biasakanlah setiap selesai berbelanja kamu meminta bon kepada kasir untuk keperluan pencatatan pengeluaranmu selama berbelanja. Terkadang banyak orang yang setelah berbelanja kemudian tidak ingin mencatat pengeluarannya dari alasan males hingga menganggap tidak penting.

Padahal, mencatat pengeluaran sangatlah penting. Kenapa? Agar kamu dapat mengevaluasi biaya apa saja yang sudah kamu keluarkan dengan kebutuhanmu yang banyak. Tujuannya dapat memberikan gambaran besar berapa biaya belanja harian atau bulanan yang kamu keluarkan.

Dengan memiliki bon setelah berbelanja, kamu dapat mengingat barang apa saja dan harga setiap item tersebut. Kemudian kamu bandingkan barang sejenis ditempat pusat perbelanjaan yang berbeda. Siapa tahu kamu dapat menemukan barang yang lebih murah dan ini akan menghemat pengeluaranmu tentu saja.

Sudah tahu kan ke empat tips diatas agar hemat dalam berbelanja? Segera praktikan apa yang sudah kamu baca agar lebih hemat.

Bergaya hidup hemat akan dapat dirasakan manfaatnya kedepan. Tunggu apalagi?

——-

BACA JUGA:

Diawasi BAPPEBTI Kini Investasi Emas Digital di Tamasia Semakin Aman

Apakah Emas Bisa Menjadi Investasi Pelindung Nilai Yang Aman?

3 Manfaat Rutin Financial Check Up Setiap Bulan Yang Harus Kamu Ketahui

——-

Tamasia adalah Aplikasi beli emas mulai dari Rp 10.000 sehingga kamu bisa memulai untuk punya tabungan emas dan berinvestasi di emas. Tamasia berada di bawah pengawasan Bappebti. Emas aman tersimpan di lembaga kliring resmi dan 100% didukung oleh emas LM Antam. Download gratis sekarang di android dan iOS!

Facebook Comments

Share your thoughts