9 Ide Undangan Pernikahan Unik dan Hemat

By July 2, 2018Perencanaan Keuangan
undangan pernikahan bibit tanaman

Beberapa bulan lagi hari bahagia pernikahan akan segera tiba. Sudahkah kamu mempersiapkan semua keperluannya dari A-Z? Selain persiapan mental dan teknis, hal lain yang penting dan tidak boleh dilewatkan adalah undangan. Sayangnya, undangan ini, sebagus apa pun desainnya, biasanya hanya akan berakhir di tempat sampah karena tidak punya nilai manfaat. Sayang sekali, kan? Sudah mahal-mahal, kok, dibuang.

Nah, berikut ada solusi brilian buatmu yang masih bingung mencari ide undangan pernikahan yang tidak hanya unik, tapi juga hemat dan bermanfaat. Baca terus sampai selesai, ya!

1. Pembatas Buku

undangan pernikahan unik pembatas buku

Ide undangan pernikahan unik ini pasti tak pernah terpikirkan olehmu sebelumnya. Ketimbang mencetak undangan biasa yang harganya mahal dan kurang bermanfaat, lebih baik buatlah undangan pernikahan yang juga bisa dipakai sebagai pembatas buku. Kamu bisa mencari inspirasi di internet untuk referensi model dan lain-lain.

Selain lebih bermanfaat, pembatas buku juga jauh lebih terjangkau, lho, dibandingkan dengan undangan jenis lainnya. Agar tetap memberikan kesan menarik, bungkus undangan dengan plastik dan pita hias yang cantik.

2. Bibit Tanaman

undangan pernikahan unik bibit tanaman

Sekarang sudah mulai banyak calon pengantin yang go-green dengan memanfaatkan bibit tanaman sebagai undangan dan souvenir. Kamu pun bisa meniru langkah mereka, lho. Di internet ada banyak penjual bibit bunga yang bisa dipesan khusus untuk acara pernikahan. Kemasannya pun sangat unik, lengkap dengan cara menanam dan merawatnya.

Selain bermanfaat, undangan ini juga harganya lebih murah. Akan lebih hemat lagi kalau kamu mencari bibit dan mengemasnya sendiri. Untuk kemasan, kamu bisa memesannya secara khusus ke tukang percetakan di dekat rumah. Tertarik?

3. Blocknote

undangan pernikahan unik blocknote

Kalau kamu sering hadir di workshop, seminar, dan sebagainya, kamu pasti sering mendapat merchandise berupa blocknote. Nah, kamu bisa menjadikannya sebagai inspirasi undangan pernikahan. Selain unik dan bermanfaatm blocknote ini harganya juga cukup murah.

Kamu bisa request khusus desain dan tulisan di bagian cover-nya. Dengan undangan atau souvenir blocknote ini, dijamin tamu undanganmu tidak akan lupa dengan tanggal resepsi pernikahanmu!

4. Totebag

undangan pernikahan unik totebag

Sekarang memang sedang zamannya beralih ke gaya hidup yang lebih ramah lingkungan, termasuk dalam urusan belanja—dari yang dulunya memakai kresek, sekarang orang lebih suka dengan tote bag. Nah, kamu bisa memanfaatkannya sebagai undangan pernikahan.

Tote bag ini pasti akan sangat bermanfaat buat tamu undangan. Harganya pun sangat terjangkau, terlebih kalau kamu memesan dalam jumlah banyak. Kamu bisa memesannya di tukang sablon atau percetakan yang ada di kotamu. Ide yang sangat keren, kan?

5. Sapu Tangan atau Serbet Makan

undangan pernikahan unik sapu tangan

Siapa sangka, sapu tangan dan serbet makan ternyata juga bisa dijadikan ide undangan pernikahan yang murah dan unik, lho. Asal bukan serbet yang kotak-kotak, ya! Kamu bisa memilih kain dan model yang bagus. Urusan penyablonan, serahkan saja pada ahlinya. Kamu hanya tinggal menunggu. Percayalah, dengan sapu tangan/serbet makan, undanganmu akan terus disimpan oleh kawan-kawanmu.

6. Kalender

undangan pernikahan unik kalender

Tidak ada orang yang tidak butuh kalender. Nah, jangan sia-siakan peluang ini sebagai bagian dari pesta pernikahanmu nanti. Beruntungnya, masih banyak percetakan yang siap mewujudkan impianmu membuaat undangan pernikahan berbentuk kalender dengan harga yang murah.

Coba lakukan survei kecil-kecilan. Jika di kotamu tidak ada percetakan yang bisa membantu, kamu bisa memesannya secara online. Tidak hanya murah, undangan model seperti ini juga pasti akan sangat bermanfaat selama setahun ke depan.

7. Cetak Sendiri

cetak undangan nikah hemat sendiri

Kalau kamu punya keahlian dalam bidang photoshop atau editing, kenapa tak memanfaatkannya untuk membuat undangan pernikahan sendiri? Selain unik dan hemat, undangan yang dibuat sendiri tentu memiliki kesan yang lebih mendalam dibandingkan undangan dari hasil memesan.

Di internet ada banyak template undangan unik yang bisa kamu jadikan referensi. Pilih saja mana yang paling kamu suka dan sesuai dengan karaktermu. Setelah proses desain selesai, kamu tinggal menyerahkannya ke percetakan. Pun karena hanya mencetak dan desain sudah fixed, biaya yang dikenakan tentu jauh lebih sedikit.

8. Kipas

undangan pernikahan unik kipas

Biasanya kipas hanya dijadikan souvenir di acara pernikahan. Namun, kali ini kamu bisa memanfaatkannya sebagai pengganti undangan kertas. Kipas untuk buah tangan sendiri ada dua macam: kipas tangan yang lebar dan kipas handscreen berukuran kecil. Pilih saja mana yang menurutmu paling sesuai dengan kebutuhan.

Untuk nama mempelai dan tanggal lahir, kamu hanya tinggal memesannya ke percetakan, sablon, atau digital printing. Harga undangan kipas ini tergolong murah, lho, jika dibandingkan dengan undangan konvensional. Pun kipas punya nilai manfaat yang lebih baik daripada undangan biasa.

9. Gelas

undangan pernikahan unik gelas

Undangan gelas terbilang masih jarang digunakan, sebab orang lebih suka menjadikannya sebagai souvenir. Nah, kamu yang sebentar lagi menikah, kenapa tidak menjadikannya sebagai pengganti undangan saja? Undangan gelas ini tidak hanya unik, tapi juga bermanfaat—biasanya untuk hiasan.

Model undangan gelas pun ada banyak jenis, mulai dari gelas wine, sloki, jar, sampai gelas yang dibuat dari seng. Yang terakhir tentu akan menciptakan kesan unik dan tradisional tersendiri, tapi tetap berkelas. Untuk tulisan, kamu bisa request khusus ke tukang sablon atau percetakannya. Namun, karena space-nya terbatas, tentu kalimat undangan harus dibuat seringkas mungkin agar cukup merangkum inti undangannya.

Demikian ide undangan pernikahan yang unik, hemat, dan juga bermanfaat. Sekarang sudah punya gambaran, kan, mana yang akan kamu pilih?

Facebook Comments

Leave a Reply