Mau Nongkrong Hemat di Mall? Coba 10 Tips Ini, Yuk

By July 3, 2018Perencanaan Keuangan
10 tips nongkrong hemat di mall

Mall merupakan salah satu pusat hiburan dan rekreasi yang paling banyak dikunjungi saat musim liburan dan akhir pekan. Selain pengunjung merasa lebih nyaman karena tak perlu berdesakan atau berpanas-panasan, mall juga punya segudang pilihan wisata yang beragam, mulai dari wisata belanja, kuliner, nonton, sampai wahana permainan khusus anak.

Biasanya, saat di mall kita akan tergoda membeli barang-barang yang lucu, padahal tidak terlalu diperlukan. Sadar tidak sadar, hal inilah yang membuat kantong jebol. Lalu, biasanya kita baru menyesal setelah sampai rumah dan uang habis. Nah, berikut ada tips tetap hemat saat nongkrong di mall.

1. Manfaatkan Promo

promo cosmetic di mall

Brand tertentu sering mengadakan event-event khusus di mall. Saat event berlangsung, mereka biasanya juga menawarkan promo-promo menarik. Nah, tidak ada salahnya nuatmu untuk mampir sebentar dan melihat-lihat siapa tahu ada promo yang bisa kamu manfaatkan. Lumayan sekali, kan, kalau kamu bisa mendapat paket kosmetik yang selama ini menjadi incaranmu secara cuma-cuma?

2. Bawa Uang Pas

bawa cash secukupnya

Aturan hemat kedua: bawalah uang pas saat pergi ke mall. Biasanya orang cenderung kalap dan membeli ini itu ketika merasa memegang banyak uang. Jadi, bawalah uang secukupnya, misal untuk makan dan nonton saja. Boleh lebihkan sedikit untuk berjaga-jaga siapa tahu kamu butuh membeli bensin atau naik ojek.

3. Menu Paket saat Makan

menu paket hemat makan di mall

Tips hemat nongkrong di mall yang berikutnya adalah memilih menu paket saat makan di restoran. Dibanding dengan menu satuan (makanan dan minuman terpisah), menu paketan ini tentu jauh lebih nyaman di kantong. Silakan saja jika kamu memang menginginkan menu tambahan. Alternatif agar lebih hemat lagi adalah makan di restoran yang menawarkan diskon atau sedang promo.

Tips: pastikan kamu sudah makan dari rumah agar tidak perlu memesan terlalu banyak makanan saat di restoran nanti. Secara psikologis, perasaan kenyang juga akan menghindarkanmu dari kalap dan lapar mata saat berbelanja.

4. Jangan Tergiur Diskon

diskon belanja di mall

Jangan mudah tergiur diskon jika ingin uangmu aman selama nongkrong, sebab ada trik yang mungkin kamu tak pernah tahu. Biasanya, untuk menarik perhatian pihak mall akan menaikkan dulu harga barang, lalu memajangnya kembali dengan harga diskon—seolah-olah produk tersebut memang sedang turun harga. Jadi, jangan sampai terkecoh, ya.

5. Promo Cashback

promo cashback di mall

Cashback merupakan jenis promo yang sedang cukup tren beberapa waktu terakhir ini. Kamu pun bisa memanfaatkannya untuk menghemat pengeluaran saat nongkrong di mall. Jangan malas untuk mencari informasi mengenai promo cashback saat akan hangout di pusat perbelanjaan. Uang sisa cashback ini nantinya bisa kamu pakai untuk membeli keperluan lain. Lumayan sekali, kan?

6. Pakai Voucher Online

voucher belanja murah

Tiket/voucher yang dibeli secara online ternyata jauh lebih murah, lho, dibandingkan dengan yang dibeli on the spot. Kamu bisa membelinya di beberapa e-commerce atau website resmi restoran/bioskop tertentu. Oh ya, biasanya voucher punya masa berlaku yang tidak lama. Jadi, pastikan kamu membeli voucher atau tiket hanya ketika akan nongkrong di mall. Sayang, kan, kalau kamu sudah mengeluarkan uang tapi tiketnya tidak lagi bisa dipakai karena kamu urung pergi?

7. Hati-Hati Strategi “Buy More”

promo diskon supermarket

Beli 2 detergen dapat 1 piring cantik. Diskon 50% hanya untuk hari ini.
Kamu pasti sering, kan, menemukan penawaran-penawaran serupa? Ya, itulah yang disebut dengan strategi buy-more. Pihak mall akan memberikan promo bombastis agar pengunjung membeli lebih dari yang dibutuhkan. Tapi, tahukah kamu kalau sebetulnya hal ini justru bikin kamu boros?

Promo semacam ini terkadang memang menarik, terlebih jika produk yang promo adalah yang sedang kita perlukan. Namun, lebih baik, berpikirlah secara bijak ketika hendak membeli sesuatu agar tidak menyesal di kemudian hari. Pertimbangkan ulang apakah barang tersebut memang betul-betul kamu butuhkan atau tidak.

8. Punya Kartu Member

kartu member belanja hemat

Saat memegang kartu member suatu restoran/pusat perbelanjaan, kamu berkesempatan untuk mendapat diskon dan promosi menarik dibandingkan ketika membeli secara regular. Nah, hal ini bisa kamu manfaatkan untuk menghemat pengeluaran. Meskipun jumlah diskonnya tidak begitu besar, kartu member tetap bisa membantumu memangkas jumlah uang yang seharusnya dikeluarkan.

9. Pakai E-Money

kartu e-money flazz

Saat ini, e-money hampir menggantikan keberadaan uang tunai. Selain praktis, e-money juga lebih aman karena kamu juga tidak perlu membawa uang tunai dalam jumlah banyak. Nah, kamu bisa memanfaatkan benda yang satu ini untuk mengontrol hasrat belanjamu. Triknya, isi e-money dengan saldo secukupnya saja agar tidak kalap memakainya untuk membeli barang yang tidak dibutuhkan.

10. Pelajari Jadwal Nonton

tiket bioskop murah

Tahukah kamu kalau harga tiket bioskop lebih murah pada hari Senin-Kamis dibandingkan saat Jumat, Sabtu, Minggu? Nah, kamu bisa memanfaatkan peluang ini untuk menghemat pengeluaran saat nongkrong. Ini sangat membantu terutama buatmu yang suka menonton film lebih dari 3 kali dalam sebulan.

Nah, itulah dia tips agar tetap hemat saat nongkrong di mall. Kamu sudah mulai menerapkan yang mana?


Sekarang kamu bisa miliki emas 24 karat mulai dari Rp 10.000,- saja langsung dari smartphone kamu. Caranya mudah download dan daftar di aplikasi Tamasia, beli emas untuk mulai menabung emas dari sekarang:

Download Aplikasi Android TamasiaDownload Aplikasi iOS Tamasia

Facebook Comments

Leave a Reply