8 Tips Mengatur Rencana Keuangan yang Baik di Usia 25-an

By June 28, 2018Perencanaan Keuangan
perencanaan keuangan usia muda

Usia 25 tahun bagi banyak orang merupakan salah satu titik permulaan menuju kehidupan yang lebih serius. Selain memilih pasangan hidup, pada usia seperempat abad ini kita juga dituntut untuk, setidaknya, punya penghasilan tetap dan cukup untuk bekal masa depan. Jadi tidak heran kalau masa ini dikenal sebagai usia produktif untuk berkarya.

Nah, berikut ada panduan lengkap mengatur rencana keuangan di usia 25 tahun yang bisa kamu jadikan referensi dalam mengelola finansial demi masa depan yang lebih terjamin.

1. Kerja Keras dan Cerdas

kerja keras dan kerja cerdas di usia 25-an
Mumpung masih muda, manfaatkan sebaik mungkin waktumu untuk berkarya. Selain mengumpulkan pundi-pundi rupiah untuk membiayai kebutuhan, lewat bekerja kamu juga bisa mengasah skill dan pengetahuanmu. Serap informasi sebanyak mungkin, belajarlah dari lingkungan dengan baik, serta terapkan pengetahuan yang kamu miliki di tempat kerja.

Kerja keras tidak hanya akan membuatmu disukai oleh atasan, tapi juga meningkatkan bargaining position kamu, sehingga peluang untuk mencapai karier yang lebih cemerlang akan semakin besar.

2. Menabung

manabung di usia 25-an
Menabung wajib dimasukkan dalam daftar prioritas saat menyusun rencana keuangan oleh siapa pun, terutama kamu yang sekarang berusia 25 tahunan. Tidak bisa dipungkiri, semakin bertambah usia, semakin besar pula dana yang kamu perlukan untuk menutup kebutuhan.

Misalnya untuk persiapan menikah, membeli rumah, menyiapkan pendidikan anak, dan masih banyak lagi yang lainnya. Ya, meski kamu masih melajang, hal-hal seperti ini wajib dipikirkan sejak dini agar tidak kerepotan atau merepotkan banyak orang nantinya. Jadi, menabunglah sejak dini daripada repot berhutang sana-sini.

3. Kerja Sampingan

kerja sampingan barista cafe
Jika waktumu cukup, tak ada salahnya jika kamu juga ingin memiliki pekerjaan sampingan di luar profesi utama. Kerja part time tak perlu yang repot-repot, kamu bisa memanfaatkan hobi dan kesenanganmu sebagai peluang usaha yang menghasilkan. Misalnya kamu senang dengan dunia fotografi, tidak ada salahnya jika menerima tawaran proyek untuk memotret dari teman.

Jika ditekuni dengan baik, pekerjaan-pekerjaan sampingan semacam ini ternyata juga bisa menghasilkan income dalam jumlah yang besar lho. Lumayan sekali kan dipakai untuk menabung?

Nantinya, kerja sampingan semacam ini juga bisa menolongmu saat sudah memasuki usia tak produktif lagi. Asal dijalani secara serius, kamu bisa menjadikannya sebagai alternatif income sehingga kamu tak perlu bekerja sampai tua.

4. Dana Darurat

siapkan dana darurat
Keadaan darurat bisa terjadi kapan pun tanpa direncanakan sebelumnya, baik itu berupa kecelakaan, dana pendidikan yang mendesak, atau saat kamu betul-betul sudah tidak punya pegangan untuk membiayai kehidupan sehari-hari.

Nah, agar tak pusing, kamu perlu menyiapkan dana darurat dari jauh-jauh hari. Kalau memungkinkan, sebaiknya dana darurat jangan dicampur dengan uang tabungan, ya. Buat pos khusus untuk ini, dan pakai hanya ketika betul-betul diperlukan.

5. Investasi

emas investasi tahan inflasi
Investasi merupakan salah satu perencanaan masa depan yang wajib dilakukan oleh kamu yang berusia 25 tahun. Investasi yang ini berbeda dengan menabung, ya. produk investasi ada banyak, seperti investasi properti, reksadana, emas batangan, saham, investasi berjangka, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Sedikit saran, jika modal yang kamu punya cukup besar, investasi properti berupa kost/rumah kontrakan adalah yang paling tepat. Selain tidak membutuhkan perawatan berkala, harga tanah dan bangunan kian tahun akan kian mahal. Kamu pun tidak perlu khawatir akan mengalami kerugian.

6. Persiapan Pensiun

persiapan dana pensiun
Kamu memang baru akan pensiun dalam beberapa puluh tahun lagi. Namun, tentu tak ada salahnya jika kamu juga menyiapkan tabungan khusus pensiun mulai dari sekarang. Tabungan pensiun ini bisa berupa investasi, bisnis, atau yang lainnya.

Dana pensiun ini akan sangat diperlukan kelak ketika kamu sudah tak lagi bekerja dan memiliki penghasilan tetap. Dengan begitu, kamu bisa menikmati masa pensiun bersama keluarga dengan tenang tanpa dipusingkan oleh urusan pemasukan untuk menutup kebutuhan sehari-hari.

7. Punya Aset Tetap

persiapkan untuk miliki asset rumah sedini mungkin
Bagi masyarakat Indonesia, rumah merupakan salah satu parameter untuk mengukur sukses tidaknya seseorang. Nah, mumpung kamu masih muda dan belum memiliki keluarga, lebih baik persiapkan diri dengan menabung untuk memiliki rumah.

Tak perlu menunggu menikah dulu baru punya rumah, sebab umumnya kebutuhan setelah menikah akan jauh lebih besar lagi sehingga keinginan untuk membeli rumah terpaksa harus dikesampingkan demi menutup kebutuhan lain yang lebih urgent. Rumah selain sebagai aset tetap, juga bisa dimanfaatkan sebagai warisan kelak untuk anak atau cucu kamu, lho.

8. Ikut Kelas / Workshop Financial Planning

pelatihan workshop financial planning

Selain menerapkan tips-tips di atas, agar rencana keuanganmu di usia 25 semakin matang, jangan ragu untuk mengikuti seminar, kelas, atau workshop mengenai financial planning. Di sini, kamu akan dibekali dengan pengetahuan-pengetahuan baru mengenai cara mengatur dan mengelola uang seefektif mungkin, tips menabung, bagaimana mempersiapkan masa pensiun, dan lain-lain.

Nah, itulah hal-hal yang wajib kamu perhatikan ketika mengatur rencana keuangan pada usia 25-an. Selamat mempraktikkan dan semoga bermanfaat, ya!


Mulailah jalankan rencana keuanganmu untuk wujudkan impian masa depan dengan mulai beli emas di Tamasia. Download, daftar dan buktikan mudahnya memiliki emas 24 karat dari genggaman.

Download Aplikasi Android TamasiaDownload Aplikasi iOS Tamasia

Facebook Comments

Leave a Reply