Kalau Mau Jual Emas Antam Di Mana Saja Tempatnya?

By October 26, 2017Investasi
jual emas antam di mana

Kamu punya emas batangan Antam dan sendang ingin menguankannya? Ingin tahu jual emas Antam di mana dan apa saja yang perlu diketahui sebelum kamu jual emasmu? Kali ini kita akan coba sama-sama belajar bagaimana jual emas atau menguangkan emas yang kita miliki.

Sejak dulu emas telah menjadi pilihan favorit masyarakat untuk menyimpan kekayaan. Kini pun tak jauh berbeda, emas seperti emas batangan cetakan Antam menjadi salah satu pilihan populer di masyarakat umum sebagai bentuk investasi maupun tabungan.

Di mata para investor emas adalah “safe haven”. Emas menjadi aset yang tidak memiliki hubungan negatif dengan aset atau portofolio investasi lain ketika terjadi situasi kacau dan penuh ketidakpastian di pasar finansial. Sebagai safe haven, emas diharapkan dapat bertahan dan bahkan mampu merangkak naik saat situasi pasar mengalami goncangan atau ketika aset investasi lain menurun.

Tak seperti uang yang ada di dompet atau rekening kamu, emas ini boleh dibilang tidak beresiko kehilangan nilai di tengah gonjang-ganjing finansial maupun politik. Emas bisa jadi bentuk investasi yang membantu mengurangi kerugian saat pasar saham ambruk.

Maka tak heran kalau banyak orang yang segera mengalihkan investasinya menjadi emas saat terjadi gunjang-ganjing di pasar keuangan yang tidak wajar. Emas sebagai safe haven bukanlah isapan jempol semata.

Yang Wajib Kamu Ketahui Sebelum Menjual Emas!

Ada kalanya kamu memerlukan uang lebih dan menjual emas batangan Antam yang kamu miliki jadi opsi yang paling memungkinkan. Sebelum kamu pergi untuk menjual emas, kamu perlu tahu beberapa hal ini:

  1. Cek sertifikat dan nota pembelian emas. Sebelum berangkat pastikan kamu telah menemukan nota pembelian emas lengkap dengan sertifikat emas batangan yang kamu miliki. Ini penting sebagai bukti penguat keaslian emas yang akan kamu jual. Sehingga kamu bisa mendapatkan harga yang maksimal untuk setiap gram emasmu.
  2. Hindari tes keaslian emas dengan digosok. Umumnya sekarang tes kadar emas dilakukan menggunakan avometer atau X-Ray Fluorescence. Bila tempat yang kamu datangi melakukan tes keaslian emas dengan cara menggosok sebaiknya kamu cari tempat lain saja kecuali jika kamu terpaksa.
  3. Cek harga emas terkini. Tidak semua toko emas mau membeli emas dengan harga bagus. Pastikan kamu ketahui harga pasaran emas di hari kamu jual emas kamu sehingga kamu bisa pertimbangkan baik-baik harga yang diberikan untuk emas yang akan kamu jual.
  4. Menjual di tempat kamu membeli emas. Kalau memungkinkan cobalah untuk menjual emas di tempat yang sama saat kamu membelinya. Biasanya prosesnya akan lebih mudah dibandingkan bila kamu menjualnya di toko emas yang lain.

Tempat Jual Kembali Emas Batangan Antam yang Kamu Miliki:

1. Pegadaian.
Saat ini Pegadaian masih menjadi andalan tempat menguangkan emas batangan. Selain karena cabangnya tersebar di mana-mana, konon katanya di Pegadaian kamu bisa mendapatkan harga terbaik. Beberapa orang juga lebih memilih pegadaian karena bisa memilih opsi gadai.

2. Kantor Pusat Antam.
Emas batangan Antam tentunya akan diterima untuk dijual kembali ke Antam. Kamu bisa coba kunjungi kantor pusat PT Antam yang berada di Jl. Simatupang, Jakarta. Di kantor pusat Antam ini juga terdapat Butik Emas Antam. Katanya harga jual emas di kantor ini lebih tinggi sedikit dibandingkan Butik Emas Antam lainnya. Otomatis Butik Emas di kantor pusat Antam ini relatif lebih sepi dan nyaman bila kamu ingin menjual emas bantanganmu. Harga buybacknya sama dengan Butik Emas Antam lainnya yaitu di kisaran 95% dari harga pasar.

3. Butik Emas Antam.
Selain melayani pembelian emas batangan, Butik Emas Antam yang tersebar di berbagai daerah juga melayani buyback emas batangan cetakan Antam. Bila kamu menjual emas mu di Butik Emas Antam uang buyback akan ditransfer langsung ke rekening kamu dalam waktu kurang lebih 2 x 23 jam.

4. Bank Syariah.
Selain di Pegadaian dan Antam, kamu juga bisa menguangkan emas batangan yang kamu miliki di bank syariah. Beberapa bank syariah memberikan layanan pembelian dan gadai emas.

5. Toko Emas.
Toko emas menjadi pilihan terakhir ketika kamu ingin membeli emas. Karena bisa jadi akan lebih ribet prosesnya dan harga yang kita dapatkan mungkin tidak setinggi di tempat lain. Namun di Toko Emas kamu bisa langsung menerima uang dalam bentuk cash. Pastikan emas batanganmu tidak dites keasliannya dengan cara digosok.

Nah, itu tadi 5 tempat dimana kamu bisa jual emas Antam yang telah kamu miliki. Pastikan kamu sudah siapkan dokumen yang kamu perlukan dan tahu harga emas terkini.

Kalau kemudian kamu ingin beli emas batangan Antam lagi, untuk kemudahanmu, kamu bisa coba beli emas online di Tamasia.co.id melalui aplikasi. Dengan Tamasia kamu juga bisa jual kembali emas yang telah kamu beli dari Tamasia cukup lewat aplikasinya. Yuk beli emas di Tamasia 🙂

Facebook Comments

Leave a Reply