Kisah Mahar Hamish Daud: Kupinang Kau dengan Setengah Kilo Emas!

By November 6, 2017Perencanaan Keuangan
emas kawin raisa hamish daud

Membicarakan pernikahan tanpa melibatkan mahar (mas kawin) memang terasa tak lengkap seperti makan tanpa garam. Salah satu hal yang harus dipersiapkan dengan baik oleh pasangan yang akan melangsungkan pernikahan adalah mahar.

Secara singkatnya, mahar merupakan sejumlah harta yang diberikan oleh calon mempelai pria kepada calon mempelai wanita di hari pernikahan. Adapun mahar akan disebut ketika proses ijab kabul dilakukan. Inilah yang menjadikan mahar sebagai sesuatu yang penting dalam persiapan pernikahan.

Mahar merupakan salah satu rukun nikah. Jika mahar tidak terpenuhi maka, pernikahan tidak dinyatakan sah. Di dalam Islam, mahar berupa logam menjadi sesuatu yang dicontohkan sehingga keutamaannya bernilai lebih tinggi dari apa pun.

Mengapa logam? Karena nilainya tidak berubah mengikuti nilai tukar mata uang (inflasi). Bahkan dalam hal pernikahan yang acapkali memiliki asosiasi sebagai sesuatu yang penuh rasa gembira, Islam masih menerapkan ajaran untuk tetap dalam kebaikan. Mahar berupa logam menjauhkan diri dari praktik riba.

Lantas, apa perbedaan antara mahar dengan cincin kawin jika keduanya berupa logam?

Dalam Islam, mahar berfungsi sebagai salah satu syarat sah pernikahan, disebut juga dengan istilah yang bermakna kebenaran (shidaq) sebagai bukti keseriusan calon mempelai pria sebagai suami kepada calon mempelai wanita sebagai calon istri. Ini sekaligus sebagai bukti keseriusan calon suami kepada calon istri dalam upaya mengikuti syariat.

Sementara itu, cincin kawin yang kelak akan melingkar di jari pengantin merupakan semata simbol pernikahan. Tidak ada kewajiban apabila tidak memenuhinya, sebab yang wajib adalah mahar. Cincin kawin umumnya berupa logam berbentuk cincin, entah itu logam mulia (emas) atau yang lainnya.

Perlu diperhatikan bahwa emas diharamkan bagi pria, apa pun bentuknya. Hal ini biasanya diakali dengan pemakaian bahan-bahan logam lainnya yang bisa dipakai mempelai pria, antara lain palladium, platinum, atau perak.

Singkatnya, perbedaan antara mahar (mas kawin) dan cincin kawin dapat dengan mudah diidentifikasikan dengan:

Cincin kawin belum tentu mahar (mas kawin). Mahar tidak harus berupa cincin kawin, bisa apa saja, namun umumnya berupa logam mulia.

Berbicara soal mahar, rasanya tidak lengkap tanpa menyebut nama Hamish Daud yang mempersunting Raisa Andriana. Aktor sekaligus pencinta alam yang juga pembawa acara itu ternyata memberikan Raisa mahar senilai 500 gram logam mulia emas. Ya, mahar yang diberikan Hamish Daud untuk Raisa Andriana berupa emas seberat setengah kilogram!

 

 

Logam mulia emas sebesar setengah kilogram apabila diuangkan menurut harga logam mulia hari ini, Senin, 6 November 2017 di Tamasia yang merupakan aplikasi jual beli emas online terdepan dan terpercaya memiliki nilai:

Rp633.652 X 500 gram = Rp316.826.000

Dengan kata lain, nilai mahar yang diberikan Hamish Daud ke Raisa Andriana setara dengan sebuah rumah baru di daerah pinggiran Jakarta!

Melihat siapa yang dinikahi Hamish Daud yakni seorang Raisa Andriana yang merupakan bintang bersinar dan penyanyi perempuaan kenamaan, mahar senilai tersebut dapat dimaklumi. Terlebih yang memberikannya seorang Hamish Daud, bintang yang juga sedang bersinar dan digandrungi kaum hawa.

Meskipun apa yang didapat Hamish Daud hari ini tak lain dari buah kerja kerasnya. Bayangkan, seorang Hamish Daud terlahir dari keluarga sederhana dan putus sekolah di usia 10 tahun karena tak punya biaya. Bahkan bersama ayahandanya, Hamish Daud pernah tinggal di hutan selama dua tahun lamanya.

Ngomong-ngomong soal Hamish Daud dan mahar setengah kilogram emas yang diberikannya pada Raisa Andriana, sebenarnya ada barang-barang berbahan emas apa yang bisa dijadikan alternatif mahar tanpa mengurangi kemewahan emas itu sendiri. Berikut beberapa contohnya:

1. Pelat Emas
Pelat atau plakat berlapis atau bahkan berbahan emas adalah alternatif utama. Ini berguna apabila kalian melihat mahar dalam bentuk cincin dan perhiasan lainnya sudah sangat biasa dan ingin tampil beda.

Pelat emas ini tentu saja tidak hanya polosan tanpa hiasan apa pun. Pelat emas bisa ditambahkan kutipan romantis, inisial atau sebutan sayang pasangan pengantin, atau tanggal dilangsungkannya hari bahagia pernikahan.

Untuk ukuran, pelat emas memiliki beragam bentuk dan ukuran, antara lain berukuran 25 gram, 50 gram, dan 100 gram. Sifatnya yang berupa kostum ada baiknya untuk memesan dari jauh-jauh hari. Jangan sampai ada yang salah ketik, ya!

2. Lukisan Emas
Lukisan hanya bagus sebagai hiasan yang dipajang di dinding? Tidak selalu. Lukisan emas berbentuk relief pun bisa dijadikan alternatif pilihan mahar pernihakan. Untuk lukisan emas sendiri biasanya merupakan gabungan dari lembaran uang yang dibentuk dan dilipat sedemikian rupa sehingga menghasilkan bentuk yang menarik atau yang diinginkan. Relief dari lukisan emas sangat baik jika berupa tempat yang melukiskan bagaimana Anda dan pasangan pertama kali bertemua atau tempat yang kalian anggap sangat istimewa.

3. Cincin Emas Unik
Katanya selain berbentuk cincin, kenapa ini masih membahas cincin lagi? Hm, jangan salah sangka dulu. Jika cincin biasanya memliki bentuk yang biasa saja seperti kue donat, maka untuk kali ini bentuk cincin yang dimaksud lain dari biasanya. Misalnya berupa sepasang orang yang saling melingkar dan bertemu kepala di ujungnya yang menyiratkan bahwa kalian akan terikat selamanya. Atau cincin berbentuk kotak. Beda, kan?

4. Emas Dinar
Siapa yang saat kecil tak suka membeli cokelat berlapis alumunium foil berwarna emas? demikianlah gambaran emas berupa dinar. Ya, dinar dikenal sebagai koin emas murni. Beratnya tersedia biasanya 4,25 gram. Memberikan dinar sebagai mahar tentu akan sangat istimewa mengingat dinar dan dirham melambangkan kemakmuran Islam. Mengapa tidak memilihnya?

Sebenarnya, mahar merupakan bentuk kerelaan suami dalam menafkahi istri. Artinya, tidak selalu harus mahal. Sebagai laki-laki yang akan mempersunting wanita untuk dijadikan pilihan hati, tentulah sikap rela dan ikhlas harus menjadi alasan utama pemberian mahar.

Kembali lagi ke kisah mahar Hamish Daud, pertanyaan selanjutnya adalah apakah mahar emas setengah kilogram yang diberikan Hamish Daud ke Raisa Andriana merupakan yang paling besar?

Ternyata tidak!

Sebelumnya, sudah ada pernikahan yang terjadi di Indonesia dengan mas kawin yang lebih spektakuler daripada milik Hamish Daud. Pernikahan tersebut terjadi di Jeneponto, Sulawesi Selantan antara dua anak pengusaha.

Mempelai laki-laki merupakan anak dari pengusaha beras dan jagung yang terkenal di Jeneponto, sementara mempelai wanita merupakan anak dari pengusaha bahan material dan pengembang bangunan ternama di daerah yang sama.

Berapa besar maharnya?

Dikenal dengan sebutan uang panai, mahar yang diberikan tidak hanya satu jenis sebagaimana umum terjadi. Uang panai yang dimaksud berupa uang tunai satu miliar rupiah, sebuah rumah mewah, sebuah mobil Alphard, satu hektar tanah, dan… tiga kilogram emas bertabur berlian!

Ssst… sudah-sudah jangan bertengkar hanya karena mahar siapa yang paling bernilai, yang diberikan Hamish Daud atau pria Jeneponto tersebut. Mereka memilih cara masing-masing, kan? Tentunya sesuai kemampuan masing-masing.

Lebih baik pikirkan diri kamu, punya niat nikah apakah juga sudah punya sesuatu yang akan dijadikan mahar? Belum? Lagu lama. Uangnya belum cukup padahal sudah bekerja lama? Saatnya kenal dengan Tamasia, aplikasi jual-beli emas secara online yang memungkinkan kamu memiliki emas dari hanya beberapa gram bahkan kilogram dengan kemudahan cicilan. Segera temukan dan install aplikasi Tamasia di Google Play dan Apps Store. Saatnya mengalahkan Hamish Daud!

Facebook Comments

Leave a Reply