Dos and Don’ts Gelar Pesta Pernikahan dengan Bujet Minim

By April 13, 2018Perencanaan Keuangan

Menikah dan menghabiskan sisa usia bersama kekasih hati merupakan impian besar. Impian untuk melewati susah dan senang bersama dengan yang tercinta dan membangun sebuah keluarga. Mengutip kata-kata dari Jon Krakauer dalam karya nonfiksi yang berjudul Into the Wild, “Happines [is] only real when shared.” Ya, kebahagian di antara dua orang yang saling mengasihi adalah kebahagiaan yang sejati.

Memulai kebahagian kamu dengan segera menyelenggarakan pesta pernikahan bukanlah ide gila. Tidak perlu takut dengan biaya pernikahan yang mahal karena setelah ini akan dibahas Dos and Don’ts seputar pesta pernikahan dengan bujet terbatas. Yuk kita simak, Brides.

The Dos: Tips Mempersiapkan Pesta Pernikahan dengan Bujet Minim

Ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan ketika merencanakan sebuah pesta pernikahan. Berikut tips menyiapkan pesta pernikahan hemat biaya yang patut kamu simak.

1.Berdiskusi dengan Pasangan dan Keluarga

Sebelum terjun ke tahap memilih dan merencanakan pesta pernikahan, ada baiknya jika kamu berdiskusi dengan pasangan tentang bayangan pesta pernikahan yang diinginkan. Sebisa mungkin, cobalah melibatkan anggota keluarga untuk diajak berdiskusi dan bertukar ide. Bersikaplah terbuka dan jujur tentang bujet yang kamu miliki agar pasangan dan anggota keluarga lainnya dapat memberikan ide yang tepat.

2. Tetapkan Satu Tanggal

Untuk menghemat pengeluaran, sebaiknya hindari pelaksanaan prosesi terpisah. Akad / pemberkatan sebaiknya dilaksanakan di hari yang sama dengan hari resepsi sehingga pengeluaran dapat lebih ditekan.

3. Segera Buat Daftar Tamu Undangan

Bersama pasangan, buatlah kesepakatan untuk membagi jumlah tamu yang diundang. Ingat ya Brides, jangan egois dengan presentasi jumlah undangan. Calon suamimu pun ingin menunjukkan istrinya ke teman dan kerabatnya.

Setelah pembagian antara kamu dan pasangan selesai, tentukan jumlah total orang yang kamu undang. Lalu, pilih secara bijak siapa saja yang termasuk di dalamnya. Usahakan untuk mengundang keluarga dan sahabat-sahabat terdekat saja.

Tentu kamu ingin menyebarkan kabar gembira tentang pernikahan kamu dengan mengundang semua orang. Namun, untuk menghemat biaya-biaya lainnya, daftar tamu undangan yang terdiri dari orang-orang inti saja, akan mengurangi risiko bujet yang membengkak.

4. Beralih ke Undangan Digital

Undangan digital tidak hanya memudahkan calon mempelai menyebarkan berita bahagia mereka ke kerabat atau teman yang tinggal berjauhan. Undangan digital juga dapat memangkas biaya cetak undangan konvensional yang tidak murah.

5. Research, Compare, and Repeat

Untuk urusan katering, lokasi pernikahan, dan dekorasi, kamu harus cerdas dalam memilihnya. Tiga hal ini biasanya memakan biaya terbanyak. Jadi, kamu harus pandai mencari vendor yang menawarkan harga paling baik dengan kualitas servis memuaskan. Mencari bantuan Wedding Organizer tentu akan sangat membantu. Namun, dengan meluangkan sedikit waktu, kamu bisa kok memilih vendor untuk tiga hal di atas sendiri.

Sangat disarankan untuk melakukan research berbagai vendor dari jauh-jauh hari dan membandingkan harga serta produknya. Take your time! Jangan terlalu cepat menjatuhkan pilihan sebelum membandingkan setidaknya 3 vendor berpotensi.

Cara lain untuk berhemat adalah dengan mencari vendor yang menawarkan paket all in one. Vendor dengan pilihan paket seperti ini biasanya menyediakan paket katering, dekorasi, foto, baju pengantin, dan tata rias dengan harga yang jauh lebih miring.

6. Turun Tangan secara Langsung

Guna menghemat pengeluaran pernikahan, jangan ragu untuk turun tangan sendiri di beberapa proses persiapannya. Salah satu di antaranya adalah menyiapkan suvenir untuk tamu ala kamu. Kamu dapat mencari referensi suvenir melalui YouTube atau media sosial lainnya, dan melakukan sedikit DIY dengan hadiah pernikahan tersebut. Proses ini akan sedikit memakan waktu, jadi luangkan waktu dari sejak beberapa bulan sebelum acara ya, Brides.

7. Stick to The Plan

Setelah melakukan perhitungan detail tentang segala persiapan pernikahan, kamu harus bisa melakukan eksekusi sesuai rencana. Jangan mudah tergoda dengan hal-hal yang tidak masuk dalam perencanaan pesta pernikahan. Misalnya, jika kamu sudah menyiapkan bujet sebesar A rupiah untuk make up, maka carilah MUA yang sesuai dengan bujet tersebut. Jangan mengubah secara tiba-tiba apa yang sudah kamu rencanakan, hanya karena kamu tergoda dengan riasan pernikahan seorang selebgram di akun Instagramnya.

The Don’ts: Hal-Hal yang Wajib Dihindari Saat Menyiapkan Pesta Pernikahan dengan Bujet Minim

Agar biaya pesta pernikahan yang akan kamu selenggarakan terkelola secara efektif, kamu wajib menghindari hal-hal di bawah ini:

1. Memesan Tempat Sebelum Membuat Daftar Tamu Undangan

Buatlah daftar tamu terlebih dahulu sebelum memesan tempat. Dengan begitu, kamu dapat mengetahui jenis dan ukuran tempat yang paling sesuai dengan pesta pernikahan kamu. Daftar tamu undangan akan membantu kamu memutuskan beberapa pilihan terkait tempat penyelenggaraan pesta.

Coba tanyakan beberapa pertanyaan berikut ke diri kamu setelah selesai membuat daftar tamu. Apakah kamu perlu menyewa gedung atau cukup melakukan prosesi nikah di rumah? Jika harus menyewa gedung, sebesar apa ukuran yang gedung yang sesuai dengan jumlah masa yang kamu undang? Jika menyewa tenda, sebesar apa tenda yang sesuai? Dan beberapa pertanyaan serupa lainnya.

2. Stres dan Lupa Istirahat

Merencanakan pernikahan tanpa bantuan WO dan melakukan sendiri beberapa persiapan pasti akan menguras tenaga kamu. Belum lagi pikiran-pikiran dan rasa gugup yang muncul menjelang hari pernikahan. Tampak seperti kerja keras yang melelahkan! Well, don’t overstress yourself. Mintalah bantuan orang terdekat jika kamu merasa berat dengan tanggung jawab yang terlalu banyak.

3. Terlalu Hemat

Meskipun kamu berusaha untuk menggelar pesta pernikahan dengan bujet minim, bukan berarti kamu dapat bersikap “terlalu” hemat. Sebaiknya, kamu tetap mengalokasikan dana untuk keperluan lain-lain sehingga jika sewaktu-waktu ada hal yang meleset dari rencana, kamu tidak kebingungan mencari dana pendukungnya. Jangan pula karena alasan berhemat, kamu sengaja memesan katering dengan jumlah yang tidak proporsional dengan jumlah undangan.


Ingin mulai kumpulkan bujet buat mahar dan acara pernikahan sedari sekarang? Kumpulkan emas untuk wujudkan pernikahan impianmu bersama Tamasia. Download aplikasi Tamasia sekarang dan rasakan mudahnya beli emas mulai dari Rp10.000,- langsung dari smartphone kamu.

Download Aplikasi Android TamasiaDownload Aplikasi iOS Tamasia

Facebook Comments

Leave a Reply