Benarkah Emas Asli Jika Dibakar Tidak Berubah?

By October 30, 2017Investasi
emas asli jika dibakar

Sudah dari dulu emas adalah salah satu logam mulia yang bernilai tinggi. Karena nilainya tersebut tidak sedikit orang berusaha memalsukannya untuk dapatkan keuntungan. Orang-orang yang tidak mau tertipu emas palsu mencari cara agar mudah membedakan antara emas asli dan emas palsu.

Bayangkan saja kalau emas yang kamu beli ternyata emas palsu, pastinya kamu akan rugi besar. Uang yang sudah susah payah kamu kumpulkan dengan kerja keras hilang begitu saja. Terlebih lagi kalau emas yang kamu beli kamu niatkan sebagai tabungan untuk rencana masa depanmu pasti akan sangat membebani pikiranmu.

Agar emas yang kamu beli adalah emas asli:

Cara yang cukup mudah untuk kita-kita yang awam agar emas yang kita beli terjamin keasliannya adalah dengan beli emas hanya dari tempat-tempat terpercaya saja. Ini cukup mudah buat kamu yang ingin membeli emas batangan kamu bisa langsung pergi ke Butik Emas Antam, kantor cabang Pegadaian terdekat, atau beli emas online di Tamasia.co.id langsung dari smartphone kamu.

Tapi buat kamu yang beli emas perhiasan harus ekstra teliti dengan kadar emas pada perhiasan yang kamu ingin beli. Selain pastikan kamu membelinya di toko emas terpercaya, kamu juga harus pastikan kadar emas yang pada perhiasan yang kamu beli sama seperti yang diklaim oleh penjual. Supaya bila suatu saat nanti kamu ingin menjualnya harga yang kamu dapatkan tidak semakin anjlok lagi karena kadar emas yang tidak sesuai.

Cara tes emas asli dengan dibakar:

Namun ada kalanya mungkin kamu mendapatkan hadiah perhiasan emas. Atau bisa jadi kamu dapat warisan berupa emas batangan. Kamu tidak tahu emas tersebut dibeli di mana dan bisa jadi emasnya tidak disertai dengan sertifikat keaslian emas. Kalau seperti ini kondisinya tentu kamu perlu melakukan pengetesan kadar emas tersebut.

Saat ini telah banyak alat bantu yang canggih dan cepat dalam mengukur kadar emas. Umumnya tempat seperti Butik Emas Antam dan Pegadaian memiliki alat canggih tersebut. Alat tes emas yang canggih memungkinkan kita untuk mengetahui kadar emas tanpa perlu menggosok emas.

Selain cek kadar emas dengan peralatan canggih, di masyakat juga beredar kabar berbagai cara untuk cek apakah emas asli atau tidak. Salah satunya dengan membakar emas tersebut. Kalau mendengar cara tes keaslian emas dengan membakarnya, umumnya orang akan bertanya:

  • Seperti apakah jadinya emas asli jika dibakar?
  • Apakah dengan cara membakar emas untuk cek keaslian emas itu benar?

Oke… sebelum kamu mencoba membakar emas atau perhiasan emas yang kamu punya, kamu harus tahu kalau membakar emas perhiasan sangat berpotensi merusak perhiasan tersebut.

Dari video berikut ini kita bisa saksikan bagaimana jika perhiasan dengan kadar emas  berbeda dibakar dengan korek api gas:

Di video itu kamu bisa melihat kalau perhiasan emas yang sebelah kiri setelah dibakar menyisakan bekas hitam atau gosong. Sedangkan perhiasan emas yang sebelah kanan ketika dibakar menyala merah dan setelah itu tidak menyisakan bekas hitam.

Perhiasan emas yang tidak menyisakan bekas gosong hitam adalah perhiasan emas yang menggunakan emas murni. Sedangkan yang meninggalkan sisa hitam gosong adalah perhiasan emas dengan campuran logam lain.

Lalu apakah dengan cara membakar emas untuk cek keaslian emas itu benar?

Membakar emas untuk cek keaslian emas sebaiknya tidak kamu lakukan. Karena emas perhiasan yang kadarnya kurang dari 24 karat memang dicampur dengan logam lain. Itu yang menyebabkan bekas hitam gosong bila dibakar.

Bila perhiasan emas dibakar meninggalkan bekas hitam tidak secara otomatis membuat perhiasan emas tersebut palsu dan tidak berharga. Maka dari itu jangan tes keaslian perhiasan emas dengan membakarnya karena justru akan merusak perhiasan emas tersebut dan menurunkan harga jualnya.

 

 

 

Facebook Comments

Leave a Reply