Work From Home Meningkat

Tren Work From Home Meningkat, Apa Saja Kelebihan dan Kekurangannya?

Sejak bulan lalu ketika warga Indonesia yang dinyatakan positif terjangkit virus Covid-19, jumlah warga Indonesia semakin terus bertambah yang mengalami kasus seperti ini. Bahkan, per tanggal 17 Maret 2020 sudah terjadi 172 kasus terinfeksi dan jangkauan wilayahnya meluas hingga di berbagai wilayah di pulau jawa seperti jawa barat, jawa tengah, banten (sumber: kompas.com)

Presiden Indonesia Joko Widodo pun sudah memberikan himbauan kepada masyarakat Indonesia untuk memulai bekerja dari rumah. Semakin bertambahnya kasus terjangkit virus ini, mulai bermunculan istilah work from home dengan tren yang semakin meningkat. Lalu sebenarnya apa itu work from home?

Work from home adalah konsep kerja di mana dengan keadaan saat ini karyawan dapat melakukan pekerjaannya dari rumah dengan menggunakan jaringan internet agar tidak perlu datang ke kantor. Konsep ini nggak jauh beda dengan istilah remote working yang dimana sama-sama bekerja dengan sistem jarak jauh.

Untuk konsep work from home ini memiliki plus minus yang harus kamu ketahui. Apa saja itu?

BACA JUGA: Virus Corona Menjadi Pandemi Global, Bagaimana Harga Emas?

Keuntungan Work From Home:

  1. Ingin mencari work life balance ? nah konsep work from home ini sangat tepat karena dapat menjaga keseimbangan kehidupan kerja karena banyak orang mengklaim suasana kerja bisa lebih tenang di rumah sehingga meningkatkan konsentrasi pada pekerjaan dan tanpa terbebani menghabiskan waktu di jalan untuk pergi dan pulang kantor. 
  2. Dari sisi perusahaan juga memberikan penghematan dengan berkurangnya biaya operasional kantor seperti ruang, tagihan listrik dll. 
  3. Para karyawan lebih merasa termotivasi dan bersemangat kerja sehingga meningkatkan produktivitasnya.

Kekurangan Work From Home:

  1. Seperti kita ketahui, bekerja dengan jarak jauh dapat menimbulkan masalah dalam memonitor pekerjaan. Kesalahan paling utama dalam bekerja jarak jauh adalah kurangnya komunikasi. 
  2. Selain masalah komunikasi, sayangnya tidak semua pekerjaan dan perorangan cocok untuk pekerjaan dengan konsep Work From Home yang trennya sedang meningkat seperti saat ini. Terutama untuk beberapa pekerjaan yang berhubungan dengan operasional dan produksi ketika dimana mesin-mesin hanya ada dikantor. 
  3. Konsep ini juga memberikan dampak buruk akibat kurangnya bersosialisasi yang juga dapat merugikan manusia yang dasarnya adalah makhluk sosial. Akibatnya akan cenderung lebih anti sosial dan tidak ingin beraktifitas diluar rumah padahal itu juga sangat penting dalam kehidupan bermasyarakat.

Walaupun sering terdengar produktifitas menurun karena bekerja dari rumah dapat tidak konsisten sebenarnya ada beberapa hal yang harus diperhatikan agar dapat berjalan dengan lancar. Kunci utamanya adalah pada komunikasi antar tim yang harus terjalin dengan kuat.

Bukan berarti jika bekerja dari rumah maka bisa seenaknya dan malas-malasan. Ada beberapa hal yang harus dipersiapkan oleh perusahaan dan tim seperti internet, laptop, aplikasi manajemen proyek seperti Trello hingga aplikasi konferensi video seperti Zoom.

Manfaatkan berbagai akses mudah untuk memperlancar kerjasama antar tim dengan jarak jauh tanpa harus kehilangan komunikasi. Dengan begitu akan menjadi lebih produktif dan bermanfaat sehingga meeting dan pengerjaan project tetap berjalan seperti biasanya.

——-

BACA JUGA:

3 Alasan Agar Kamu Tidak Ikutan Panic Buying Dengan Kondisi Saat Ini

3 Cara Ini Segera Wujudkan Resolusi Keuanganmu! 

Merasa Gaji Cepat Habis? Mungkin 3 Hal Ini Sering Kamu Lakukan

——-

Tamasia adalah Aplikasi beli emas mulai dari Rp 10.000 sehingga kamu bisa memulai untuk punya tabungan emas dan berinvestasi di emas. Tamasia berada di bawah pengawasan Bappebti. Emas aman tersimpan di lembaga kliring resmi dan 100% didukung oleh emas LM Antam. Download gratis sekarang di android dan iOS!

Facebook Comments

Share your thoughts