tips mengatur keuangan ala raditya dika

5 Tips Mengatur Keuangan Ala Raditya Dika Yang Wajib Kamu Ketahui!

Dalam masa pandemi seperti saat ini, salah satu hal yang wajib dilakukan adalah mengatur keuangan dengan sebaik-baiknya. Kondisi saat ini menuntut untuk mengatur keuangan lebih bijak seperti tips ala Raditya Dika yang bisa dipelajari.

Menurut Raditya Dika, seorang aktor, penulis, sutradara dan juga influencer bagi anak-anak muda Indonesia ada beberapa hal yang harus kamu lakukan untuk mengatur keuangan agar lebih baik. Apa saja itu?

Baca juga: 4 Penyebab Salah Investasi Yang Sering Terjadi Pada Pemula

1. Uang keluar harus lebih sedikit dibandingkan dengan uang masuk

Sering mendengar peribahasa besar pasak daripada tiang? Peribahasa tersebut sangat cocok untuk menggambarkan bagaimana kondisi mengatur keuangan yang wajib dihindari. Jangan sampai pengeluaran lebih besar daripada pemasukan.

Mungkin terlihat sepele, tetapi tips tersebut menjadi  hal dasar yang wajib kamu pahami. Kondisi yang sedang tidak menentu saat ini dapat membuat siapapun lebih boros daripada uang yang dimiliki.

2. Beli barang untuk kebutuhan pribadi bukan membuat orang lain untuk terkesan

Pada dasarnya, membeli barang untuk berbagai kebutuhan pribadi bukan untuk menyenangkan orang lain. Berapa banyak barang yang telah dibeli hanya bertujuan membuat orang lain kagum?

Padahal hal itu harus yang dihindari agar tidak terjadi pemborosan terus menerus membeli barang hanya ingin dipandang atau hanya sebatas mengikut trend. Tidak semua orang benar-benar peduli dengan apa yang kita miliki jadi mulai mengurangi kebiasaan seperti itu sangat membantu perencanaan keuanganmu.

3. Mulailah coba investasi sedini mungkin

Tidak ada salahnya untuk mulai mencoba belajar investasi dari sejak dini. Investasi wajib dilakukan agar saat mengatur keuangan menjadi lebih maksimal.

Beragam jenis investasi sudah ada saat ini dari emas hingga saham. Rata-rata semua sudah menggunakan teknologi aplikasi yang memudahkan siapapun untuk mengaksesnya kapan saja dan dimana saja. 

Salah satu investasi yang wajib kamu coba adalah yaitu emas. Karena saat ini dengan menggunakan aplikasi Tamasia kamu bisa memulai investasi pertamamu dari 10 ribu saja!.

4. Walaupun saat ini sudah era Cashless, kamu juga harus menggunakan uang tunai saat berbelanja

Peran uang tunai sedikit demi sedikit sudah mulai tergantikan dengan uang digital. Walaupun begitu, terkadang membeli barang juga lebih baik menggunakan uang  tunai. Kenapa?

Karena menurut penelitian ketika kamu membayar sesuatu dengan uang tunai, maka rasa sakitnya sama seperti rasa sakit fisik. Sehingga ini akan membuatmu dapat lebih bijak saat membeli barang.

5. Jangan cuma irit saja, kamu wajib menambah pemasukan

Berbicara mengenai mengatur keuangan, hal wajib yang harus kamu lakukan adalah terus menerus berusaha untuk menambah penghasilan. Dengan begitu, ketika pengeluaranmu sudah tidak dapat dikurangi lagi maka salah satu caranya adalah dengan menambah penghasilan.

Untuk menambah penghasilan, dengan era digital saat ini dapat memudahkanmu untuk memulai berwirausaha atau mencari penghasilan tambahan dengan kegiatan freelance. Asal ada niat pasti dapat mencari pemasukan tambahan untuk dapat mengatur keuangan agar lebih baik kedepannya.

Nah itu lah 5 tips mengatur keuangan ala Raditya Dika yang dapat kamu terapkan dalam kehidupan sehari-hari. Tips sederhana tersebut dapat efektif jika terus menerus dijalankan. Nantinya akan membentuk kebiasaanmu sehari-hari.

zakat emas

——-

BACA JUGA:

Buat Kamu yang Masih Bingung Cara Menabung, Lakukan 3 Hal Ini Agar Terasa Mudah 

5 Jenis Investasi yang Aman untuk Prospek Jangka Panjang, Sudah Coba Yang Mana?

3 Cara Mudah Mengelola Uang Receh Yang Kamu Miliki

——-

Tamasia adalah Aplikasi beli emas mulai dari Rp 10.000 sehingga kamu bisa memulai untuk punya tabungan emas dan berinvestasi di emas. Tamasia berada di bawah pengawasan Bappebti. Emas aman tersimpan di lembaga kliring resmi dan 100% didukung oleh emas LM Antam. Download gratis sekarang di android dan iOS!

Facebook Comments

Share your thoughts