Perencanaan Keuangan Syariah, Membuat Hidupmu Menjadi Lebih Berkah

Perencanaan keuangan pribadi ataupun keluarga memang sangatlah penting di era seperti saat ini baik perencanaan keuangan konvensional maupun perencanaan keuangan syariah. Ciri-cirinya adalah tidak bertentangan dengan prinsip-prinsip syariah itu sendiri.

Tidak jauh beda dengan perencanaan keuangan biasa seperti membuat tujuan keuangan, mengatur arus kas, mengatur investasi dan lainnya menggunakan produk-produk syariah. Itu semua dapat dimudahkan saat ini dengan kemudahan akses aplikasi mobile yang bisa membantu proses perencanaan keuangan.

Untuk perencanaan keuangan syariah dalam mengatur tujuan di masa depan lebih prioritaskan dalam menunaikan ibadah haji atau umroh. Lalu dalam perencanaan arus kas, kamu harus mengalokasikan dalam pembayaran hutang, investasi dengan produk syariah dan juga zakat secara rutin setiap bulannya.

BACA JUGA: Sering Galau Apa Kata Orang Tentang Pilihan Hidup? Jangan Buang Waktumu Lagi 

Perencanaan Keuangan Konvensional dan Syariah

Perencanaan Keuangan Syariah 1

Perkembangan perencanaan keuangan saat ini semakin maju jika dibandingkan dengan tahun tahun sebelumnya. Saat ini, perencanaan keuangan semakin berkembang dengan semakin sadarnya masyarakat Indonesia yang lebih banyak beragama Islam tentang bagaimana riba itu sendiri.

Secara garis besar, perencanaan keuangan syariah tidak jauh beda dengan konvensional. Bagaimana cara berinvestasi, membangun aset, manajemen resiko, dan lain sebagainya.

Hanya saja dalam perencanaan keuangan syariah dalam menabung dan investasi sesuai dengan prinsip syariah seperti deposito syariah, emas, reksa dana syariah, saham syariah dan lainnya. Apalagi saat ini semakin banyak produk tabungan dan investasi yang sudah sesuai dengan kaidah syariah.

Seiring berkembangnya Perbankan Syariah, Asuransi Syariah, Pasar Modal Syariah dll maka ilmu dari perencanaan keuangan konvensional berubah menjadi perencanaan keuangan syariah,

Dalam proses keduanya sama-sama berfokus pada bagaimana agar uang yang kamu miliki tidak tergerus dengan tingkat inflasi saat ini. Seperti yang kita ketahui tingkat inflasi dapat mempengaruhi kenaikan harga-harga kebutuhan dasar sehingga membuat pengeluaranmu semakin membengkak.

Maka diperlukan proses merencanakan uang yang baik dan benar.

Hal-Hal Penting dalam Perencanaan Keuangan Syariah

Perencanaan Keuangan Syariah

Nah, ada beberapa hal yang harus kamu pahami dalam merencanakan uang sesuai prinsip-prinsip sesuai islami. Apa saja itu?

  • Saving and Investment of Wealth

Hal yang harus kamu perhatikan adalah bagaimana kamu dapat menabung dan berinvestasi sesuai dengan kaidah syariah

  • Management of Wealth

Kamu juga wajib memperhatikan seberapa banyak arus kas masuk dan kas keluar serta bagaimana komposisi hutang dan aset yang kamu miliki saat ini.

  • Risk & Insurance of Wealth

Tidak hanya melihat arus kas saja,  kamu wajib memilih asuransi syariah dan mempersiapkan dana darurat untuk kepentingan yang mendesak

  • Distribution of Wealth

Warisan, Wasiat, Hibah menjadi salah satu hal yang juga begitu penting.

  • Cleansing of Wealth

Dengan menunaikan zakat, infaq, shadaqah, waqaf sudah sesuai dengan ketentuan syariah saat ini sehingga juga mengatur akan hal itu.

Selain itu diharapkan untuk memiliki pola hidup dan tujuan yang lebih baik juga daripada sebelumnya. Tidak hanya berfokus pada kehidupan saat ini tetapi juga dengan kehidupan di akhirat. Menarik bukan?

——-

BACA JUGA:

3 Tips Membuat Akhir Pekanmu Menjadi Produktif dan Tidak Membosankan

Bagaimana Perkembangan Inflasi dalam 5 Tahun Terakhir?

Mengenal Lebih Dekat Tentang Investasi Dinar

——-

Tamasia adalah Aplikasi beli emas mulai dari Rp 10.000 sehingga kamu bisa memulai untuk punya tabungan emas dan berinvestasi di emas. Tamasia berada di bawah pengawasan Bappebti. Emas aman tersimpan di lembaga kliring resmi dan 100% didukung oleh emas LM Antam. Download gratis sekarang di android dan iOS!

Facebook Comments

Share your thoughts