3 Alasan Wajib Kamu Ketahui Pentingnya Perencanaan Keuangan

Pada tahun 2017, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menyampaikan informasi bahwa hanya 12,6 persen dari 260 juta masyarakat Indonesia saat ini yang benar-benar merencanakan keuangan dengan sebaik-baiknya. Artinya hanya sekitar 33 juta masyarakat indonesia yang sudah benar-benar melek bagaimana pentingnya perencanaan keuangan itu.

Dilihat dari informasi tersebut bisa disimpulkan bahwa masih banyak masyarakat Indonesia yang belum mengetahui pentingnya merencanakan keuangan baik individu maupun keluarga. Mengingat pengetahuan tentang bagaimana merencanakan keuangan tidak diajarkan dari bangku sekolah sehingga masih banyak yang belum memahaminya.

Pemahaman yang baik segala hal tentang keuangan dapat memberikan kemudahan dalam mengelola gaji setiap bulannya. Simpelnya agar dapat mengontrol pengeluaran tidak lebih dari pendapatan setiap bulannya. Kemudian paham berapa persen penempatan uang dari pendapatan untuk konsumsi, untuk tabungan, investasi dan lainnya.

Dengan cara apa pun dan ke mana pun penempatan uang maka hal ini seharusnya telah disesuaikan dan diperhitungkan dalam sebuah perencanaan keuangan sehingga berbagai tujuan keuangan dapat tercapai dengan baik pada masa yang akan datang.

Lalu apa saja keuntungan ketika kita melakukan perencanaan keuangan?

1. Dengan Mengerti Pentingnya Perencanaan Keuangan Dapat Membantu Mewujudkan Tujuanmu

pentingnya perencanaan keuangan

Berbicara perencanaan keuangan selalu terkait dengan tujuan dan arah yang akan dilakukan. Setiap orang memiliki tujuan masing-masing dalam hidupnya. Seperti membeli rumah, membeli kendaraan, menikah dan lainnya. Tujuan-tujuan tersebut tanpa disadari membutuhkan banyak dukungan secara finansial.

Ketika memutuskan untuk menikah salah satu faktor yang harus diperhatikan adalah seberapa banyak kebutuhan finansial yang harus dipersiapkan. Tentu saja butuh banyak biaya yang harus dikeluarkan. Agar tujuan menikah itu dapat tercapai dan berjalan dengan baik sudah seharusnya merencanakan keuangan sejak jauh-jauh hari.

Jika sudah tercapai kebutuhan finansial yang dianggarkan otomatis tujuanmu pun juga tercapai sesuai dengan rencana. Untuk dapat memahami proses perencanaan keuangan ada baiknya untuk menggunakan jasa financial planner profesional yang tersertifikasi. Dari jasa yang digunakan dapat konsultasi tentang masalah-masalah dan langkah untuk mencapai tujuan di masa depan.

2. Tidak Mudah Tertipu Investasi Bodong

pentingnya perencanaan keuangan 02

Maraknya investasi bodong saat ini membuat masyarakat mulai was-was dengan produk-produk keuangan. Padahal ketika kita sudah memahami perencanaan keuangan hal-hal seperti ini dapat dijauhi sehingga aman dari setiap investasi bodong. Dari banyaknya laporan masyarakat saat ini investasi bodong sering memakan korban orang-orang yang kurang paham dalam ilmu perencanaan keuangan.

Cepat tergiur dengan keuntungan yang besar dalam jangka waktu pendek menjadi salah satu sasaran utama para penyedia investasi bodong tersebut. Padahal, jika kita lebih memahami tentang dunia perencanaan keuangan maka tawaran investasi bodong dapat kita hindari dan mengamankan uang kita

Salah satu investasi yang jauh dari tawaran investasi bodong adalah investasi emas. Kenapa emas? Dengan kemudahan investasi emas dan tidak menjanjikan keuntungan yang fantastis dalam waktu sekejap seperti pada tawaran investasi bodong lainnya. Cara kekinian membeli emas di era digital saat ini dengan menggunakan aplikasi yang terpercaya seperti Tamasia.

3. Pentingnya Perencanaan Keuangan Akan Membantumu Dapat Membedakan Keinginan dan Kebutuhan.

pentingnya perencanaan keuangan 03

Pernah merasa besar pasak daripada tiang setiap bulannya? Mungkin dari kita sering mengalaminya. Salah satu penyebabnya adalah kita selalu membeli banyak barang berdasarkan apa yang kita inginkan. Padahal barang tersebut belum tentu kita butuhkan.

Misal ketika lagi jalan ke mall kita melihat barang-barang diskon seperti sepatu atau baju. Padahal kita tahu kalau barang itu tidak lagi dibutuhkan tapi karena tidak punya rencana keuangan yang baik maka kita akan lebih cepat tergiur untuk menghabiskan uang dengan barang-barang diskon.

Bagaimana dengan yang sudah paham perencanaan keuangan? Tentu saja tidak akan cepat tergiur dan lebih bijaksana dalam membelanjakan uangnya. Karena sejak awal sudah paham berapa porsi uang yang harus dibelanjakan untuk berbagai kebutuhan ini itu. Daripada habis untuk barang yang tidak dibutuhkan alangkah baiknya uang disimpan sesuai dengan rencana keuangan yang sudah dibuat.

Dari ketiga hal diatas dapat kita simpulkan bahwa setiap orang wajib untuk mulai dan menerapkan perencanaan keuangan yang baik dan efektif. Mulailah dari sekarang agar setiap tujuanmu dapat segera tercapai. Kalau bukan sekarang, kapan lagi?

——-

BACA JUGA:

8 Tips Mengatur Rencana Keuangan yang Baik di Usia 25-an

9 Tips Agar Gaji Awet dan Tak Lewat Begitu Saja

Menjadi Millennial Mapan, Apa Saja Persiapannya?

——-

Tamasia adalah Aplikasi beli emas mulai dari Rp 10.000 sehingga kamu bisa memulai untuk punya tabungan emas dan berinvestasi di emas. Tamasia berada di bawah pengawasan Bappebti. Emas aman tersimpan di lembaga kliring resmi dan 100% didukung oleh emas LM Antam. Download gratis sekarang di android dan iOS!

Facebook Comments

Share your thoughts