menjalani-social-distancing

3 Hal Yang Harus Kamu Perhatikan Saat Menjalani Social Distancing

Dalam beberapa hari terakhir istilah social distancing semakin populer di kalangan masyarakat khususnya Indonesia. Kenapa? Ini merupakan dampak dari penyebaran massal dan masif virus COVID-19 yang hanya dalam beberapa minggu membuat infeksi ratusan orang di berbagai wilayah di Indonesia.

Pandemi ini menjadi pusat perhatian baik masyarakat bahkan hingga presiden.Saat ini Presiden Joko Widodo mengimbau masyarakat untuk mengurangi aktivitas di luar rumah demi menahan penyebaran virus corona COVID-19 di Indonesia. Jokowi menghimbau agar kegiatan seperti belajar, bekerja dan beribadah sebaiknya dilakukan di rumah.

Ada beberapa cara untuk menjauhkan diri dari penyakit sesuai anjuran Presiden, salah satunya dengan social distancing. Apa Itu Social Distancing? Adalah kondisi dimana masyarakat diminta untuk menghindari hadir di pertemuan besar atau kerumunan orang. 

Akibatnya banyak acara olahraga, festival, dan pertemuan lainnya dibatalkan, ada alasan kesehatan masyarakat sesuai dengan kondisi saat ini. Pembatalan ini membantu menghentikan atau memperlambat penyebaran penyakit sehingga sistem perawatan kesehatan untuk lebih siap merawat pasien dari waktu ke waktu. 

BACA JUGA: Bagaimana Cara Menghadapi Virus Corona Yang Sedang Merajalela?

Dengan kondisi seperti saat ini beberapa kegiatan harus mulai di rubah seperti mulai bekerja dari rumah, meliburkan sekolah, menunda rapat atau menggunakan media online untuk rapat jarak jauh. Selama virus corona COVID-19 ini menyebar ada baiknya kamu mulai mengikuti arahan yang ada saat ini.

Apa saja sih yang harus kamu perhatikan saat menjalani social distancing ?

1. Mengurangi frekuensi makan di tempat umum seperti mall dan cafe

menjalani-social-distancing

Selama masa menjalani social distancing ini, usahakan terus mengurangi kunjungan di tempat umum khususnya di tempat yang menyediakan makanan dan minuman seperti mall dan cafe. Opsi lainnya adalah kamu dapat memanfaatkan aplikasi ojek online untuk pesan antar ke rumah mu agar kamu tetap dapat menyantap hidangan makanan favorit tanpa harus datang ke restorannya.

2. Saatnya menghindari liburan ke berbagai tempat terlebih dahulu

Selain datang ke tempat makan, saat masa social distancing juga menunda untuk perjalanan wisata. Meskipun kamu memilih untuk menggunakan kendaraan pribadi, tujuan utama dari  social distancing adalah menjaga kuman yang ada pada dirimu agar tidak menyebar ke orang lain. Tidak hanya saat perjalanan, tetapi saat berlibur maka kamu akan dapat berkumpul dengan kerumunan orang dengan jumlah yang banyak padahal kamu harus berusaha menjauhi kerumunan orang saat ini. Kamu harus mengurangi kontak fisik dengan orang lain di luar lingkunganmu.

3. Perbanyak aktivitas di rumah seperti bekerja dan olahraga

Saat ini, mulai berlakunya sistem kerja dari rumah sesuai anjuran Presiden Jokowi maka dari itu sudah saatnya memulai bekerja dari rumah. Walaupun tidak semua perusahaan bisa menerapkan sistem ini tetapi sudah banyak yang menerapkan sistem bergantian masuk kantor dan work from home dengan karyawan lainnya.

Bagaimana olahraga? Kamu dapat sesekali pergi keluar rumah untuk mendapatkan udara segar tetapi dengan frekuensi yang sedikit agar tetap menjaga jarak dengan banyak orang saat ini. Saat kamu sedang meninggalkan rumah, mulailah dengan mengusap tangan dengan sanitizer atau air terlebih dahulu untuk menjaga kebersihan. Selain itu sering-seringlah mencuci tangan, terutama ketika baru datang dari bepergian, sebelum makan atau sebelum kamu berhubungan dengan orang lain.

Kehidupan sosial boleh saja dibatasi saat ini. Semua orang juga bertanggung jawab untuk memerangi virus ini agar semakin tidak menyebar luas. Tetap waspada dan terus jaga kesehatan.

——-

BACA JUGA:

Mulai Punya Emas Cukup #DiRumahAja dengan Tamasia!

Virus Corona Menjadi Pandemi Global, Bagaimana Harga Emas? 

Terus Mencetak Rekor Lagi, Apa Penyebab Harga Emas Melonjak Tinggi?

——-

Tamasia adalah Aplikasi beli emas mulai dari Rp 10.000 sehingga kamu bisa memulai untuk punya tabungan emas dan berinvestasi di emas. Tamasia berada di bawah pengawasan Bappebti. Emas aman tersimpan di lembaga kliring resmi dan 100% didukung oleh emas LM Antam. Download gratis sekarang di android dan iOS!

Facebook Comments

Share your thoughts