3 Cara Cerdas Mengatur Keuangan Bagi Para Freelancer

Berkembangnya era digital saat ini tentu saja mulai bermunculan jenis ragam profesi baru. Salah satunya adalah freelancer. Freelancer adalah pekerja lepas waktu yang tidak terikat oleh jam kerja layaknya orang-orang kantoran lainnya.

Biasanya para freelancer memiliki keahlian yang berbeda satu sama lain seperti fotografer, penerjemah, MC, web designer, penulis dan lainnya. Mereka memiliki kebebasan dalam mengatur besaran penghasilan dan bekerja sendiri.

Karena memiliki kebebasan dalam mengatur penghasilan berdasarkan proyek yang digarap dan kesanggupan klien akan membayarkan jasanya maka freelancer tidak mendapatkan penghasilan tetap setiap bulannya. Terkadang bisa melebihi gaji karyawan pada umumnya tetapi bisa juga tidak mendapatkan pemasukan sama sekali bergantung pada penawaran pekerjaan yang datang.

Penghasilan yang tidak menentu kerap menjadi sebuah masalah tersendiri para freelancer. Oleh karena itu, salah satu hal yang sangat diwajibkan oleh para freelancer adalah kemampuan mengatur keuangan yang baik agar segala kebutuhan dapat terpenuhi dengan keadaan pendapatan yang tidak menentu.

Ada beberapa cara yang dapat dilakukan oleh para freelancer untuk membantu mengatur keuangan setiap bulannya.

1. Buat Laporan Keuangan Pribadi untuk Mengatur Keuangan Para Freelancer

mengatur-keuangan-freelancer

Bagi seorang freelancer yang tidak memiliki penghasilan tetap setiap bulannya maka harus memiliki detail laporan keuangan pribadi. Laporan keuangan ini dapat dibuat dengan pencatatan jenis penawaran kerja apa saja yang dapat diterima oleh freelancer. Catat juga tanggal pengerjaan, pembayaran serta nominal dari proyek yang sedang dikerjakan.

Tidak hanya penghasilan saja yang dicatat, pengeluaran setiap bulannya juga wajib dicatat bahkan pengeluaran setiap harinya. Simpan struk pembayaran agar kamu dapat melihat uang setiap harinya digunakan buat kebutuhan apa saja.

Laporan keuangan yang detail akan dapat memperkirakan jumlah anggaran setiap bulannya sehingga kamu dapat jauh lebih aman untuk menyiapkan anggaran kedepannya sesuai dengan penghasilan dan pengeluaran.

2. Mempersiapkan Dana Darurat

mengatur-keuangan-freelancer02

Selain memiliki laporan keuangan pribadi bulanan, yang harus disiapkan oleh seorang freelancer adalah dana darurat. Dana darurat sangat penting bagi kamu seorang freelancer karena dengan pembayaran proyek yang dapat diundur dan lainnya yang tidak pasti maka dana darurat akan membantumu tetap bisa hidup seperti biasanya tanpa harus khawatir tidak memiliki uang.

Salah satu cara menyiapkan dana darurat yaitu dengan menyisihkan 10% dari pendapatan setiap bulannya dari hasil pengerjaan proyek untuk dikumpulkan sebagai dana darurat. Besaran dana darurat tentu saja relatif idealnya dapat mencukupi kebutuhan 3-6 bulan ketika sedang tidak bekerja atau belum mendapatkan penawaran proyek kembali.

3. Berinvestasi Sejak Dini

mengatur-keuangan-freelancer03

Setelah memiliki dana darurat langkah berikutnya adalah uang yang kamu sisihkan juga untuk investasi. Saat ini jenis investasi sangat beragam yang dapat kamu pilih. Jangan lupa kamu harus memilih instrumen investasi yang memiliki return diatas inflasi.

Salah satu instrumen investasi yang memiliki kenaikan harga sedang tinggi-tingginya saat ini adalah emas. Mulailah dengan persiapan tabungan emas yang dapat membantumu untuk mewujudkan impian-impian jangka panjangmu karena emas sangat cocok sebagai instrumen investasi jangka panjang.

Emas juga cocok untuk semua jenis profil risiko dan cenderung aman. Saat ini kamu dapat mulai membeli emas hanya dengan menggunakan aplikasi handphone yang mudah dan praktis tanpa harus ribet ke toko emas seperti dahulu.

Bagi seorang freelancer mempersiapkan investasi jangka panjang memang sudah sebagai kewajiban untuk mempersiapkan masa depan yang lebih baik hingga masa pensiun nantinya.

Apapun pekerjaannya saat ini kamu harus dapat merencanakan keuangan setiap bulannya dengan bijak. Mulai atur keuangan sejak dini agar dapat menikmati hasilnya di masa depan.

——-

BACA JUGA:

Apa Penyebab Harga Emas Naik? Kapan Waktu yang Tepat Menjual Emas?

Mau Cara Cepat Bebas dari Utang? 3 Hal Ini Bisa Kamu Terapkan!

3 Manfaat Rutin Financial Check Up Setiap Bulan Yang Harus Kamu Ketahui

——-

Tamasia adalah Aplikasi beli emas mulai dari Rp 10.000 sehingga kamu bisa memulai untuk punya tabungan emas dan berinvestasi di emas. Tamasia berada di bawah pengawasan Bappebti. Emas aman tersimpan di lembaga kliring resmi dan 100% didukung oleh emas LM Antam. Download gratis sekarang di android dan iOS!

Facebook Comments

Share your thoughts