Mau Menabung untuk Membeli Rumah dan Menikah Ala Milenial? Ini Caranya!

Siapa yang tidak kenal dengan menabung? Sejak dibangku sekolah dasar kita selalu diajarkan untuk rajin menabung oleh orang tua dan guru. Karena menabung adalah cara terbaik untuk mencapai tujuan yang kamu inginkan di masa yang akan datang salah satunya yang diinginkan setiap orang adalah dapat membeli rumah dan menikah.

Menabung sejatinya aktifitas untuk menyisihkan uang dan terhindar dari sikap boros. Setiap orang pun punya gayanya masing-masing dalam menabung. Dari menyisihkan uang untuk tabungan sejak awal menerima gaji, ada juga yang menyisihkan uang jika ada sisa untuk ditabung dan berbagai cara lainnya.

Bagaimanapun cara menabung para milenial berharap dapat mengumpulkan dana yang cukup untuk tujuan keuangan seperti menikah dan membeli rumah. Lalu bagaimana caranya?

1. Menabung Emas untuk Biaya Menikah

menabung membeli rumah

Salah satu tujuan milenial saat ini yang sudah memasuki masa-masa umur 25 hingga 35 tahun adalah menikah. Seperti yang kita ketahui untuk persiapan biaya menikah tidaklah sedikit. Libatkan juga calon pasanganmu untuk membicarakan tujuan ini. Dengan sama-sama menabung akan memudahkan dan mempercepat terkumpulnya biaya menikah.

Rata-rata biaya pernikahan saat ini dapat mencapai ratusan juta rupiah tergantung dari kapasitas undangan pernikahan dan konsep yang akan diusung dalam pernikahan tersebut. Pertama yang harus dilakukan adalah melakukan pencatatan kebutuhan biaya-biaya yang akan dikeluarkan. Ini penting dan lakukan dengan teliti agar tidak terjadi pemborosan kebutuhan pernikahan kedepannya.

Setelah mendapatkan total nominal dari biaya pernikahan, tentukan jangka waktu yang harus di kemudian persiapkan uangnya dengan menabung setiap bulan. Cara menabung ala milenial saat ini adalah dengan menabung emas. Kenapa emas? agar nilai uang yang ditabung tidak tergerus dengan nilai inflasi.

Selain menyisihkan uang dari gaji bulanan, kamu dan pasangan dapat mencari pendapatan lain diluar gaji seperti kerja freelance atau bisnis online. Pemasukan-pemasukan lain seperti itu memang sangat dibutuhkan agar memudahkan dapat segera menyiapkan biaya pernikahan.

2. Menabung Emas untuk Membeli Rumah

menabung membeli rumah 02

Setelah menikah kebutuhan utama keluarga baru adalah memiliki rumah. Jika belum memiliki dana yang mencukupi untuk membeli rumah dapat tinggal sementara di rumah orang tua / mertua ataupun kontrak terlebih dahulu. Hanya saja impian keluarga baru tentu saja dapat memiliki rumah sendiri untuk dapat ditinggali sampai masa tua.

Sayangnya untuk membeli rumah saat ini pun tidaklah mudah. Rata-rata harga rumah sudah ratusan juta hingga milyaran rupiah apalagi untuk daerah Jakarta saat ini. Dengan besaran harga segitu memang sangat terasa berat jika pendapatan kita tidaklah besar dan tentu saja butuh waktu yang lama.

Bagaimana dengan KPR? Jika dihitung-hitung maka dana yang kamu keluarkan akan lebih besar dari harga rumah seharusnya. Alternatif selain KPR yang ampuh untuk memiliki rumah dengan menabung emas. Rata-rata setiap tahun harga emas mengalami kenaikan yang cukup signifikan diatas inflasi maka uang yang kita belikan emas lebih terjamin untuk dapat membeli rumah kedepannya.

Untuk melakukan hal itu kamu dapat melakukan survey terlebih dahulu daerah mana yang inginkan. Lalu survey rata-rata harga rumah ditempat itu sehingga mendapatkan angka nominal berapa dana yang harus kamu tabung dengan menyisihkan uang bulanan. Besaran dapat beragam sesuai kemampuan.

Kamu dapat menyisihkan 20% hingga 30% dari gaji bulanan, bonus tahunan dan THR untuk ditabung emas agar lebih cepat terwujud untuk mendapatkan rumah impian bersama pasangan.

Dari cara diatas hal yang paling penting adalah tetap disiplin dalam menabung.

Masih ragu buat menabung emas?

——-

BACA JUGA:

 9 Ide Undangan Pernikahan Unik dan Hemat

9 Tips Agar Gaji Awet dan Tak Lewat Begitu Saja

Tips Perayaan Nikah yang Tidak Memberatkan dengan Bujet di Bawah 10 Juta

——-

Tamasia adalah Aplikasi beli emas mulai dari Rp 10.000 sehingga kamu bisa memulai untuk punya tabungan emas dan berinvestasi di emas. Tamasia berada di bawah pengawasan Bappebti. Emas aman tersimpan di lembaga kliring resmi dan 100% didukung oleh emas LM Antam. Download gratis sekarang di android dan iOS!

Facebook Comments

Share your thoughts