menabung emas dana pensiun

Apakah Bisa Menabung Emas Untuk Dana Pensiun? Begini Langkahnya

Pernahkah terfikirkan bahwa menabung emas bisa untuk dana pensiun?

Masa pensiun menjadi salah satu masa yang wajib dihadapi oleh siapapun karena menghadapi masa pensiun tidak hanya berbicara mengenai mental saja tetapi juga tentang rencana keuangan. Rata-rata usia pensiun orang Indonesia berada pada rentang umur 55 sampai 60 tahun.

Usia yang sudah tidak lagi produktif kerap membuat sebagian orang was-was dalam menjalankannya. Biasanya pada rentang umur pensiun tubuh sudah tidak lagi fit seperti masa produktif di umur 20 sampai 40 an. Sehingga mulai banyak membutuhkan biaya diluar konsumsi seperti biaya pengobatan.

Baru-baru saja Bank HSBC mengeluarkan hasil riset dari 1000 orang responden hanya 30% yang telah tersadar untuk memulai berinvestasi untuk masa pensiun. Sehingga masih 70% yang belum benar-benar mempersiapkan investasi untuk menghadapi masa pensiun.

Masih banyak orang yang merasa cuek dan belum memahami betapa pentingnya mempersiapkan dana pensiun tersebut. Mayoritas masih ingin menikmati gaya hidup sesuai dengan umur produktif saat ini.

Padahal seberapapun besar penghasilanmu, sama-sama wajib memperhitungkan masa pensiun apalagi dengan masa pensiun yang cenderung tidak dapat bekerja secara produktif dengan biaya pengeluaran bulanan yang selalu tetap. Belum lagi kenaikan barang-barang kebutuhan pokok yang pasti selalu terjadi setiap tahunnya.

Hal-hal yang seperti itu lah menyebabkan betapa pentingnya mempersiapkan dana pensiun itu. Lalu bagaimana caranya?

Salah satu alternatif yang aman untuk dana pensiun dengan menabung emas.

Kenapa emas? Emas relatif aman dengan kenaikan harga setiap tahunnya. Belum lagi kenaikannya selalu diatas kenaikan nilai inflasi. Setidaknya dalam beberapa tahun terakhir nilai emas cenderung unggul dari investasi lainnya.

Bagaimana caranya menabung emas untuk dana pensiun?

1. Hitung umur saat ini hingga umur pensiun

Kamu dapat menghitung terlebih dahulu dari umurmu saat ini hingga umur pensiun yang rata-rata berada pada usia 55 tahun. Contoh jika usia mu saat ini adalah 30 tahun maka kamu masih memiliki waktu 25 tahun untuk menyiapkan uang sebelum memasuki masa pensiun

2. Hitung rata-rata pengeluaran setiap bulannya

Caranya dengan menghitung rata-rata pengeluaran kebutuhan setiap bulannya. Misal kamu mengeluarkan biaya sebesar 5 juta pada bulan pertama, 6 juta pada bulan kedua dan 4 juta pada bulan ketiga maka jika dijumlahkan dan kemudian dibagi 3 maka rata-rata pengeluaran bulananmu sebesar 5 juta.

3. Hitung kebutuhan di masa depan

Langkah berikutnya adalah memperhitungkan nilai masa depan yang harus kita hitung dengan uang saat ini. Jadi pengeluaran bulanan sebesar 5 juta dapat dikalikan dengan 300 (jumlah bulan dari 25 tahun hingga mencapai masa pensiun) maka total uang yang harus dimiliki sebesar 1,5 milyar ketika memasuki usia pensiun!

Perhitungan diatas belum termasuk inflasi yang terjadi setiap tahunnya. Bisa lebih besar lagi!

Semakin lama untuk mempersiapkan dana pensiun maka semakin besar uang yang harus kita keluarkan.

Maka dari itu, kamu dapat menyiasatinya dengan terus rajin menabung emas yang memiliki nilai yag lebih tinggi dari kenaikan inflasi setiap tahunnya hingga masa pensiun tiba. Saat ini menabung emas semakin mudah dengan menggunakan aplikasi Tamasia.

Jika kamu mendambakan masa pensiun yang lebih indah dan nyaman tanpa memikirkan hutang dan kebutuhan lainnya maka segera mempersiapkan tabungan emas untuk dana pensiun adalah pilihan yang tepat.

——-

BACA JUGA:

3 Manfaat Rutin Financial Check Up Setiap Bulan Yang Harus Kamu Ketahui

Mau Rutin Berkurban Setiap Tahunnya? Cara Ini Dapat Kamu Terapkan!

3 Tips Mengelola Dana Darurat dengan Aman

——-

Tamasia adalah Aplikasi beli emas mulai dari Rp 10.000 sehingga kamu bisa memulai untuk punya tabungan emas dan berinvestasi di emas. Tamasia berada di bawah pengawasan Bappebti. Emas aman tersimpan di lembaga kliring resmi dan 100% didukung oleh emas LM Antam. Download gratis sekarang di android dan iOS!

Facebook Comments

Share your thoughts