Liburan Hemat Bersama Keluarga? 3 Tips Ini Akan Membantumu!

Tak terasa saat ini sudah memasuki bulan Agustus. Berarti hanya tinggal empat bulan lagi kita sudah merencanakan liburan hemat bersama keluarga ataupun teman dalam rangka memasuki penghujung tahun ini sambil melepas penat selama setahun bekerja.

Untuk menyiapkan liburan yang menyenangkan salah satu yang harus kamu persiapkan adalah alokasi dana untuk liburan itu sendiri. Jika mendadak tanpa persiapan maka kamu akan terasa berat untuk menyiapkan dana tersebut.

Agar hal itu tidak terjadi alangkah lebih tenang jika liburan sudah kamu persiapkan jauh-jauh hari. Alasan utamanya agar budget dana mu tidak membengkak untuk membeli keperluan-keperluan yang tidak seharusnya dibeli baik liburan dalam negeri maupun luar negeri.

Maka dari itu demi mendapatkan liburan yang nyaman dan hemat maka ada beberapa tips yang dapat membantumu.

Apa saja itu ?

1. Survei Lokasi Liburan dan Pemesanan Tiket Jauh-Jauh Hari

Liburan Hemat Keluarga3

Hal pertama yang harus kamu lakukan pastilah harus menentukan tujuan liburanmu terlebih dahulu. Jangan sampai ketika kamu sudah berangkat liburan masih belum tahu kemana tempat destinasi wisata yang mau dituju. Ini akan semakin membuatmu boros.

Tentukan tujuan liburmu dengan cara melakukan survei bisa melalui internet, buku, brosur dan lain-lain. Carilah tempat yang benar-benar ingin kamu tuju untuk melepas penat seperti liburan ke pantai, liburan ke tempat wisata, liburan ke gunung dan masih banyak tempat menarik lainnya.

Survei pun tidak hanya terbatas pada lokasi liburan loh. Kamu dapat melakukan survei pada promo atau diskon pada kendaraan yang akan kamu tumpangi untuk menuju lokasi liburan. Baik kereta, bus, pesawat dan lainnya. Ini akan semakin menghemat pengeluaranmu.

Biasanya semakin kamu sudah jauh-jauh hari memesan tiket sebelum hari keberangkatan maka kamu akan mendapatkan promo ataupun penawaran-penawaran menariknya yang tentu saja hemat dikantong. Tentu saja itu semakin memudahkanmu untuk mengalokasikan dana liburan.

2. Persiapkan Dana Liburan Jauh-Jauh Hari Agar Tak Membuatmu Boros Dan Tetap Hemat Bersama Keluarga

Liburan Hemat Keluarga2

Setelah mengetahui lokasi dan memesan tiket jauh-jauh hari maka langkah berikutnya yang harus kamu lakukan adalah menyiapkan uang untuk budget dana liburanmu. Alokasikan uang dari gaji setiap bulan agar tidak membuat kantongmu jebol mendadak.

Dari jauh-jauh hari kamu harus dapat mengalokasikan dana liburanmu misal sebesar 10-20% setiap bulannya. Semakin lebih lama mempersiapkannya maka akan semakin lebih murah untuk menyisihkan uang setiap bulannya.

Untuk menyiapkan dana liburan, kamu dapat menggunakan pilihan lain selain menabung uang saat ini. Kamu dapat menggunakan investasi emas yang jauh menguntungkan daripada hanya nabung uang. Kamu dapat menyiapkan membeli emas untuk persiapan dana liburan dengan aplikasi Tamasia apalagi dengan kenaikan harga emas akhir-akhir ini akan membuatmu semakin untung.

3. Catat Pengeluaran Saat Liburan Agar Liburan Tetap Hemat Bersama Keluarga

Liburan Hemat Keluarga1

Mungkin akan terasa berat untuk satu hal ini. Tetapi saat liburan ada baiknya kamu harus mencatat setiap pengeluaran yang kamu lakukan. Dengan mencatat pengeluaran maka kamu dapat mengatur dan mengetahui kemana saja uang yang kamu keluarkan. Sifat borospun semakin dapat kita hindari.

Jika kamu dapat berhemat selama liburan bersama teman atau keluarga, ketika masih uang sisa maka kamu dapat berbelanja untuk kebutuhan oleh-oleh seperti pakaian, aksesoris dan lainnya. Dengan membeli oleh-oleh dapat mengenang momen-momen liburan yang pernah kamu jalani.

Tapi jangan sampai membuat kantongmu jebol ya hanya gara-gara berbelanja oleh-oleh. Ini perlu diwaspadai.

Beberapa tips singkat diatas akan memudahkanmu dalam berhemat selama liburan. Tetapi itu semua tergantung padamu.

Pintar-pintar lah dalam mengatur uang agar lebih hemat dan liburan tenang.

——-

BACA JUGA:

Apa Penyebab Harga Emas Naik? Kapan Waktu yang Tepat Menjual Emas?

Mau Cara Cepat Bebas dari Utang? 3 Hal Ini Bisa Kamu Terapkan!

3 Manfaat Rutin Financial Check Up Setiap Bulan Yang Harus Kamu Ketahui

——-

Tamasia adalah Aplikasi beli emas mulai dari Rp 10.000 sehingga kamu bisa memulai untuk punya tabungan emas dan berinvestasi di emas. Tamasia berada di bawah pengawasan Bappebti. Emas aman tersimpan di lembaga kliring resmi dan 100% didukung oleh emas LM Antam. Download gratis sekarang di android dan iOS!

Facebook Comments

Share your thoughts