Jauhi 4 Kebiasaan Buruk Ini Dalam Mengelola Gaji

Salah satu keahlian yang harus dimiliki setiap orang saat ini adalah pandai mengatur keuangan baik pribadi maupun keluarga untuk menghindari kebiasaan buruk mengelola gaji. Mungkin terdengar sangat sederhana bagaimana kita mengatur pengeluaran agar tidak lebih dari pemasukan setiap bulannya.

Apakah semudah itu? Mungkin belum semua orang paham bagaimana mengatur keuangan dengan baik dan benar. Padahal banyak sekali permasalahan yang terjadi dalam keluarga berawal dari kebutuhan uang.

Sejago apapun dalam mengelola keuangan dan sebanyak apapun penghasilan yang dimiliki tentu saja ada kebiasaan-kebiasaan yang tidak sengaja kita lakukan. Kebiasaan tersebut ternyata membawa dampak buruk dalam kondisi keuangan setiap bulannya. Apa saja itu?

1. Malas Membuat Rencana Keuangan Merupakan Kebiasaan Buruk dalam Mengelola Gaji yang Paling Utama

kebiasaan buruk mengelola gaji

Siapa yang masih malas-malasan dalam membuat rencana keuangan setiap awal menerima gaji? Ternyata itu adalah kebiasaan buruk yang harus kamu hindari secepat mungkin. Berawal dari malas membuat rencana keuangan pasti akan berlanjut malas mencatat pengeluaran.

Tidak heran jika banyak yang merasa bahwa gaji selalu numpang lewat rekening begitu saja. Tanpa persiapan dan rencana awal yang baik maka jangan kaget kamu akan sering lupa kemana saja uang yang kamu gunakan selama ini.

Untuk membantumu dalam mencatat pengeluaran jangan lupa gunakan aplikasi dari gadget mu. Selain lebih mudah dan juga lebih praktis.

2. Impulsif dalam Berbelanja

kebiasaan buruk mengelola gaji 02

Sering merasa ingin membeli semua barang ketika lagi jalan di mall? Kamu tidak sendirian. Banyak dari kita yang masih memiliki sifat impulsif yang dimana sebuah tindakan tanpa memikirkan konsekuensinya terlebih dahulu.

Padahal belum tentu kita butuh barang tersebut tetapi ada dorongan dimana ingin membelinya khawatir akan harganya yang kembali naik jika sudah tidak ada diskon. Biasanya penyebab sifat impulsif ini adalah tidak bisa mengontrol apa yang diinginkan dan dibutuhkan.

Seakan-akan semua yang kita liat harus kita miliki padahal belum tentu dibutuhkan. Bisa boros banget kalau seperti itu setiap bulan.

3. Tidak Punya Rencana Investasi

kebiasaan buruk mengelola gaji 03

Minimnya pengetahuan tentang investasi memang menjadi kendala sebagian orang dan menganggap bahwa investasi itu selalu rumit. Anggapan itu tentu saja tidak benar.

Kenapa? Kamu harus tahu saat ini setiap orang dapat membuat rencana investasi dengan mudah dan murah. Yaitu dengan investasi emas.

Siapa yang tidak mengenal emas? Sejak dulu emas menjadi investasi favorit dan dapat digunakan oleh siapa saja tanpa harus banyak belajar hal rumit. Nah sekarang investasi emas fisik lebih mudah dengan menggunakan aplikasi saja loh.

4. Kebiasaan Buruk Mengelola Gaji Menyebabkan Kamu Bergantung pada Kartu Kredit

kebiasaan buruk mengelola gaji 04

Memiliki kartu kredit memang semakin mudah di era saat ini. Tawaran dari berbagai bank untuk memiliki kartu kredit memang menggiurkan dengan embel-embel bebas biaya administrasi dan promo menarik lainnya.

Terkadang dengan kemudahan-kemudahan yang diberikan membuat orang tertarik untuk mengoleksi kartu kredit. Semakin banyak kartu kredit biasanya semakin lupa untuk jadwal pembayarannya yang membuat menjerat hutang si pemilik kartu tanpa disadari.

Dalam ilmu perencanaan keuangan ada batasan maksimal dalam penggunaan hutang setiap bulannya yaitu 30% dari pendapat bulanan. Pastikan kamu tidak terjerat dalam penggunaan kartu kredit yang berlebihan.

Empat kebiasaan buruk diatas sudah selayaknya kamu jauhi demi tetap menjaga hidupmu terhindar dari pemborosan setiap bulannya. Semuanya kembali ke tekad untuk mengendalikan diri.

Mulailah dari sekarang dan selamat mencoba!

——-

BACA JUGA:

 Bermimpi Punya Rumah Sendiri Bisa Kok Asal Mau Menabung

Cara Menabung Anak Zaman Now

Caranya Menabung Beli Mobil

——-

Tamasia adalah Aplikasi beli emas mulai dari Rp 10.000 sehingga kamu bisa memulai untuk punya tabungan emas dan berinvestasi di emas. Tamasia berada di bawah pengawasan Bappebti. Emas aman tersimpan di lembaga kliring resmi dan 100% didukung oleh emas LM Antam. Download gratis sekarang di android dan iOS!

Facebook Comments

Share your thoughts