Hindari Investasi Bodong Dengan Menjauhi 3 Ciri-Ciri Ini

Pernah mendengar tawaran investasi bodong? Tawaran-tawaran investasi ini memang selalu marak di kalangan masyarakat. Mereka menggunakan media-media hingga pesan singkat sms untuk terus menawarkan janji-janji manis yang kerap menipu banyak masyarakat saat ini.

Terkadang tawaran ini memang meresahkan dan kerap membingungkan terutama masyarakat awam. Seperti biasa masyarakat awam yang tidak paham investasi yang baik dan benar akan selalu menjadi sasaran empuk para pelaku investasi bodong ini.

Biasanya para pelaku investasi bodong ini menggunakan strategi pemasaran yang menarik masyarakat yang tidak dapat dipertanggungjawabkan apalagi menggunakan penjelasan-penjelasan yang terlihat keren dan memberikan tawaran keuntungan yang memukau dalam sekejap. Dari keadaan itulah mulai maraknya investasi bodong saat ini.

Bahkan beberapa tahun terakhir ini masih banyak tawaran investasi bodong yang dilaporkan meresahkan masyarakat seperti Koperasi Pandawa. Untuk menghindari semakin banyaknya korban yang berjatuhan maka perlu disosialisasikan terus menerus tentang investasi aman dan bebas dari investasi bodong.

Biasanya investasi bodong memiliki beberapa ciri-ciri:

1. Menawarkan Janji Keuntungan Yang Tinggi dan Instan

investasi bodong01

Sering mendengarkan janji-janji manis dari pelaku investasi bodong? Biasanya tawaran yang mereka janjikan adalah dengan keuntungan yang tinggi, instan hingga tanpa resiko. Menarik bukan?

Ditengah-tengah tawaran investasi saat ini kamu harus benar-benar jeli dan melihat bagaimana kinerja investasi tersebut. Jangan mudah tergiur dengan iming-iming keuntungan besar dan cepat.

Sebelum melakukan investasi kamu harus benar-benar paham produk dahulu bagaimana keuntungan, risiko, waktu dan sistemnya. Jangan seperti peribahasa membeli kucing dalam karung yang hanya main tebak-tebakan.

2.  Mengambil Keuntungan dari Perekrutan

investasi bodong02

Waspadalah ketika kamu agar tidak terjebak dengan skema ponzi. Biasanya ciri paling umum skema ponzi tersebut adalah barang atau asset nya tidak ada sama sekali dan tidak jelas. Biasanya lembaga yang melakukan penawaran hanya berfokus pada mengumpulkan anggota sebanyak-banyaknya dan meminta deposit uang dan terus melakukan perekrutan tanpa menjual barang yang jelas.

Paling sial jika kamu menjadi anggota paling akhir, biasanya dengan sistem ini jika menjadi anggota paling akhir tidak mendapatkan janji investasi seperti awal perjanjian saat terjadi sebuah masalah atau penutupan. Maka dari itu, selalu teliti lah dalam sistem tawaran-tawaran yang ada. Kritisi di awal agar dapat aman kemudian.

3. Pengelolaan Investasi Yang Tidak Jelas

investasi bodong03

Ketika mendapat tawaran investasi yang harus kamu cek terlebih dahulu adalah kemana uang yang akan kamu gunakan jadi kamu paham kemana uang yang kamu transfer dan penjelasan detailnya. Seperti contoh, ketika kamu membeli emas di Tamasia maka uang yang kamu transfer akan digunakan untuk membeli emas. Jadi sudah jelas kemana uang dan untuk apa uang yang kamu gunakan tersebut.

Kalau tidak jelas kemana uang yang akan digunakan maka kamu cukup waspada dengan tawaran-tawaran tersebut. Apalagi si penawar sibuk terus berdalih tentang keuntungan terus tanpa menjelaskan lebih detail pada sistem.

Walaupun begitu, jangan takut untuk memulai memilih produk investasi. Karena tidak semua produk investasi yang ditawarkan saat ini merupaka produk investasi bodong. Tentu saja ada banyak tawaran-tawaran investasi yang memberikan keuntungan bagi pelanggan.

Jangan lupa untuk terus crosscheck kepada lembaga pengawas seperti Otoritas Jasa Keuangan (OJK) atau Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (BAPPEBTI)  tentang sejauh mana keabsahan produk investasi yang dijalankan oleh pihak penawar.

Semoga ciri-ciri diatas dapat membantumu untuk lebih berhati-hati dalam menjauhi tawaran investasi bodong. Selamat berinvestasi dengan aman!

——-

BACA JUGA:

Diawasi BAPPEBTI Kini Investasi Emas Digital di Tamasia Semakin Aman

3 Kebiasaan Ini Akan Membuat Pengeluaran Semakin Membengkak, Jangan Dibiasakan Ya!

Bingung Mempersiapkan Mahar Pernikahan? Emas Batangan Dapat Menjadi Pilihan

——-

Tamasia adalah Aplikasi beli emas mulai dari Rp 10.000 sehingga kamu bisa memulai untuk punya tabungan emas dan berinvestasi di emas. Tamasia berada di bawah pengawasan Bappebti. Emas aman tersimpan di lembaga kliring resmi dan 100% didukung oleh emas LM Antam. Download gratis sekarang di android dan iOS!

Facebook Comments

Share your thoughts