FAQ Tamasia #BeliSukaSuka

VERIFIKASI AKUN

1. Mengapa saya harus melengkapi data profil & verifikasi data?

  • Untuk menjaga keamanan akun & memastikan bahwa pengguna tersebut adalah benar-benar anda. Selain itu agar dapat menggunakan fitur kirim, cetak, & jual emas.

2. Mengapa nama rekening bank harus sesuai dengan nama yang tertera di KTP?

  • Karena kami ingin memastikan bahwa penarima dana dari penjualan emas anda adalah benar-benar anda.

3. Bagaimana cara verifikasi akun & lengkapi data profil?

  • Pilih menu “akun saya” lalu klik “data akun” untuk verifikasi email dan upload KTP. Kemudian klik “Profil saya” untuk melengkapi profil data diri, alamat tinggal, & rekening Bank.

4. Berapa lama proses verifikasi akun saya?

  • Proses verifikasi akun membutuhkan 2×24 jam di hari kerja.

5. Mengapa akun saya di tutup?

  • Akun anda ditutup karena tim kami menemukan data KTP & rekening yang sama pada akun Tamasia yang lain. Jika kamu mengalami ini bisa lapor ke kami agar bisa kita tindaklanjuti melalui email ke info@tamasia.co.id.

6. Bagaimana cara tutup akun saya?

  • Anda dapat mengajukan proses tutup akun dengan mengikuti syarat dan ketentuan dari Tamasia. Untuk detail proses dan ketentuannya bisa dilihat dihalaman www.tamasia.co.id/tutup-akun

BELI EMAS

1. Apa itu beli emas suka-suka di Tamasia?

  • Fitur beli emas dimana pelanggan bisa beli mulai dari Rp 10.000 dan langsung di konversi dengan gram sesuai dengan harga emas di hari tersebut.

2. Bagaimana cara beli emas?

  • Pilih menu “beli emas”, lalu pilih nominal yang tersedia, jika kamu ingin input nominal selain pilihan tersebut, klik “lainnya” lalu input nominal sesuai yang diinginkan dengan minimum nominal Rp 10.000,-. Lalu ikuti langkah selanjutnya & lakukan pembayaran melalui tranfer bank. Jika pembayaran berhasil maka emas kamu langsung terbeli dan tertera di “emas saya”.

3. Berapa jumlah minimum pembelian emas?

  • Pembelian minimum emas adalah Rp 10.000,-.

4. Apakah setiap pembelian emas bisa langsung diterima oleh saya?

  • Tidak, emas yang terbeli langsung masuk di “emas saya” dalam aplikasi, jika mencapai satuan cetak tertentu (minimal 1 gram), emas baru bisa dicetak dan dikirim ke alamat pengguna.

5. Berapa jumlah maksimal pembelian emas?

  • Tidak ada jumlah maksimal pembelian emas di Tamasia.

TRANSFER EMAS

1. Kapan saya bisa melakukan transfer emas saya?

  • Jika pengguna sudah terverifikasi dan saldo emas tersedia 0,02 gram, maka pengguna sudah bisa melakukan transfer emas

2. Bagaimana cara kirim emas?

  • Pilih menu “tranfer emas”. Pastikan pengguna & penerima  sudah melengkapi data profil & verifikasi data, dan memiliki saldo emas. Lalu input nominal gram yang ingin kirim. Klik selanjutnya, lalu konfirmasi data transaksi. Masukkan PIN untuk verifikasi transfer emas.

3. Berapa lama transaksi transfer emas diterima oleh penerima?

  • Transaksi transfer emas yang berhasil, maka akan langsung masuk ke saldo emas penerima pada saat itu juga jika jaringan internet pengguna dan penerima tidak ada kendala

4. Berapa limit/maksimal emas bisa ditransfer?

  • Maksimal emas dapat ditransfer adalah senilai 0,02 gram

JUAL EMAS

1. Kapan saya bisa melakukan jual emas saya?

  • Untuk pelakukan penjualan emas pertama kali, emas pengguna harus mencapai 2 gram untuk pertama kali, dengan nominal minimal 0,02 gram setiap jual emas. Untuk penjualan kedua & selanjutnya tidak ada batasan minimal jumlah emas pengguna.

2. Bagaimana cara jual emas?

  • Pilih menu “jual emas”. Pastikan pengguna sudah melengkapi data profil & verifikasi data, serta telah mencapai 1 gram pertama. Lalu input nominal gram yang ingin dijual. Kemudian selesaikan proses penjualan. Jika sudah, selanjutnya Tamasia akan memproses penjualan emas pengguna.

3. Apakah uang penjualan emas langsung masuk ke rekening saya?

  • Proses penjualan emas sampai dengan uang masuk ke rekening pengguna memerlukan waktu 1 – 2 hari kerja. Pengguna dapat memantaunya di menu “transaksi” di bagian “jual emas”.

4. Berapa limit/maksimal emas bisa dijual?

  • Maksimal emas dapat dijual adalah senilai Rp 15.000.000 dalam 1 hari.

CETAK EMAS

1. Kapan saya bisa melakukan cetak emas?

  • Cetak emas yang tersedia di Tamasia adalah 1, 5, 10, 25, 50, 100 gram. Untuk itu, pengguna baru dapat melakukan cetak emas setelah emas pengguna mencapai satuan cetak terkecil yakni 1 gram.

2. Bagaimana cara melakukan cetak emas?

  • Pilih “cetak emas’. Lalu pilih satuan gram dan jumlah keping yang diinginkan. Jika ingin cetak lebih dari 1 satuan emas (misal ada 2 satuan cetak yang ingin di cetak yakni 1 & 5 gram), maka klik “+” lalu pilih satuan gram yang berbeda dan jumlah kepingnya. Pastikan total emas yang dicetak sesuai dengan total emas milik pelanggan. Lalu pilih cara pendapatkan emas, kemudian selesaikan pembayaran untuk biaya cetak & biaya kirim (jika pilih opsi kirim). Selanjutnya Tamasia akan memproses penjualan emas pengguna. Pantau status cetak emas di menu “transaksi” di bagian “cetak emas”.

3. Apakah emas yang telah di cetak dikirim ke alamat saya?

  • Jika pengguna memilih opsi “kirim ke alamat saya” dan ekspedisi pengiriman yang bermitra dengan Tamasia melayani pengiriman ke daerah pengguna, maka emas akan dikirim ke alamat pengguna.

4. Apakah ada biaya kirim?

  • Iya ada, biaya kirim sesuai dengan harga yang ditetapkan oleh partner ekspedisi yang bermitra dengan Tamasia. Pengguna bisa memilih opsi “ambil di kantor tamasia” jika tidak ingin dikenakan biaya pengiriman.

5. Apakah ada biaya cetak?

  • Iya ada, biaya cetak berbeda-beda sesuai dengan besaran satuan gram yang dipilih untuk di cetak. Besaran biaya cetak tertera di dalam aplikasi atau dilihat di halaman ini

IMPIANKU

1. Apa itu Impianku?

  • Fitur dimana kamu bisa membuat & merealisasikan target impian kamu melalui emas. Target dana yang kamu butuhkan untuk impian kamu akan dikonversi dengan harga jual emas pada saat ini sehingga kamu bisa membeli emas berdasarkan target gramasi emas.

2. Mengapa dana yang dibutuhkan untuk impian dikonversikan dengan harga jual emas?

  • Karena jika impian kamu telah 100% terdanai oleh emas yang telah kamu beli, maka kamu bisa menjual emas kamu langsung melalui aplikasi. Emas yang telah terkumpul khusus untuk impian juga dapat dicetak dan diterima secara fisik.

3. Berapa jumlah impian yang bisa dibuat?

  • Saat ini jumlah maksimal impian yang bisa dibuat adalah 3 impian.

4. Apa yang dimaksud dengan setoran awal di fitur Impianku?

  • Setoran awal adalah fitur dimana kamu bisa mendanai awal untuk impian yang kamu buat. Setoran awal ini akan menarik emas dari saldo emas utama kamu.

5. Apa yang dimaksud dengan tarikan otomatis?

  • Tarikan otomatis adalah fitur dimana secara sistem akan menarik sejumlah gramasi emas secara rutin (bulanan/mingguan) dari saldo emas untuk mendanai impian kamu. Fitur ini bisa berjalan dengan catatan jumlah saldo emas kamu sesuai atau lebih dari jumlah emas pada saat tarikan otomatis terjadi.

6. Apa yang terjadi ketika impian telah 100% terdanai?

  • Pada halaman detil impian ada tombol ” Pindahkan ke saldo emas” dimana total emas yang sudah terkumpul untuk impian kamu akan dikembalikan ke saldo emas utama. Selanjutnya kamu bisa menjual atau cetak agar dana tersebut bisa untuk merealisasikan impian kamu.

7. Bagaimana jika ditengah jalan ingin mengambil emas pada impian?

  • Emas yang ingin kamu tarik (jual/cetak) bisa dilakukan kapan saja. Buka halaman detail impian kamu, lalu klik gambar tempat sampah di kanan atas untuk menghapus impian kamu. Emas pada impian otomatis akan pindah ke saldo emas kamu.

7. Bagaimana cara membeli emas untuk mendanai impianku?

  • Ada beberapa cara membeli emas untuk mendanai impian kamu. 1) aktifkan tarikan otomatis, sehingga impian kamu secara rutin (bulanan/mingguan) akan terisi secara rutin hingga 100% terdanai sesuai target tanggal impian terpenuhi, Pastikan saldo emas kamu mencukupi. 2) Beli melalui menu beli emas dan pastikan kamu memilih impian kamu pada halaman beli emas, sehingga emas yang terbeli otomatis akan mengisi saldo emas impian kamu (bukan menambah saldo emas utama).