3 Fakta Ini Yang Harus Kamu Ketahui Tentang Emas, Sudah Tahu Belum?

Siapa yang tak mengenal investasi emas? Emas sudah menjadi investasi paling lama yang sudah dikenal sejak dahulu kala dan memiliki beberapa fakta yang hingga kini tetap eksis. Sebelum banyaknya alternatif investasi seperti saat ini, logam mulia sudah ada.

Emas tetap menjadi investasi yang diakui harganya dari masa ke masa dan dalam jangka panjang mengalami kenaikan harga. Tidak hanya untuk investasi saja, emas kerap menjadi alternatif mahar untuk pernikahan sehingga memiliki banyak nilai manfaat.

Tahun 2019 pun investasi emas menjadi primadona ditengah ketidakpastian ekonomi global sehingga harganya terus mengalami kenaikan sepanjang awal tahun ini. Selain kenaikan harga yang semakin tinggi emas pun investasi yang relatif mudah dan aman dari kenaikan inflasi setiap tahunnya.

Nah ada beberapa fakta tentang emas nih yang wajib kamu ketahui. Apa saja itu?

1. Harga Emas Fluktuatif Fakta Pertama Yang Harus Kamu Ketahui

fakta emas

Fluktuatif disini merupakan perubahan naik turunnya harga emas setiap harinya. Perubahan harga emas di Indonesia selalu mengikuti harga emas dunia. Karena mengikuti harga emas duni sehingga harga emas sering naik turun sesuai dengan kondisi ekonomi global.

Kenaikan dan penurunan harga emas selalu memberikan keuntungan dan kerugian bagi pembeli dan penjual. Sebab itu, investasi emas cocok untuk jangka panjang dikarenakan dalam jangka panjang trend harga emas mengalami kenaikan yang signifikan.

Dengan harga emas yang menarik jangan lupa selalu memeriksa emas dengan kadar 24 karat dengan kemurnian 99,99% dan memiliki sertifikat. Salah satu emas yang terpercaya saat ini adalah emas keluaran Antam.

Emas yang asli akan memberikan rasa aman kepadamu kelak jika ingin menjualnya kembali.

2.  Fakta Kedua Cara Menyimpan Emas pun Berbeda

fakta emas2

Ketika kamu mau membeli emas, maka kamu akan mendapatkan emas fisik yang dapat kamu simpan. Karena itu, memiliki emas fisik bukan hal yang mudah sehingga membutuhkan tempat untuk penyimpanannya.

Kenapa? Karena emas termasuk barang berharga dan rawan terhadap pencurian jika lalai dalam menyimpan emas fisik tersebut. Apalagi emas fisik yang dibeli tidak atas nama pribadi sehingga siapa saja yang mendapatkan emas fisik dapat langsung menjualnya.

Agar terhindar dari kasus pencurian maka dapat menggunakan fasilitas safe deposit box yang ada di bank-bank terdekat. Tapi ingat, ketika menggunakan fasilitas itu maka kamu akan dikenakan biaya yang bervariasi antar bank dan juga tergantung jumlah emas yang kamu titipkan.

Meskipun biayanya tidak murah tapi fasilitas tersebut sangat bermanfaat agar kamu dapat dengan tenang tanpa harus was-was menyimpannya dirumah

3. Emas Sebagai Cadangan Devisa

fakta emas3

Dahulu emas menjadi acuan mata uang dunia tetapi saat ini emas tidak menjadi acuan mata uang lagi. Walaupun begitu emas tetap menjadi komoditas berharga yang dibutuhkan oleh negara-negara di seluruh dunia.

Kenapa? Hingga saat ini masih banyak negara yang menyimpan emas sebagai cadangan devisa negara masing-masing. Cadangan devisa adalah aset yang dimiliki oleh bank sentral biasanya dalam mata uang cadangan yang berbeda, sebagian besar dollar Amerika Serikat dan berbagai cadangan bank yang disimpan pada bank sentral, oleh pemerintah.

Nah emas menjadi salah satu aset yang dimiliki oleh bank sentral setiap negara sebagai cadangan devisa. Berdasarkan data dari gold.org pada Q2 2019, saat ini negara dengan emas sebagai cadangan devisa terbesar adalah Amerika Serikat sebesar 8.133 ton (75,8 % dari total cadangan devisa berupa emas). Diikuti oleh Jerman sebesar 3.366 ton (71,6 %), Italia 2.451 ton (67,3%), Perancis 2.435 ton (66,2%), Rusia 2,206 ton (19,2%), China 1,926 ton (2,7%).

Bagaimana dengan Indonesia? Saat ini Indonesia berada di urutan ke 38 dengan emas sebesar 78,5 ton sekitar 2,8% dari total cadangan devisa negara Indonesia. Emas sebagai cadangan devisa memang sangat penting bagi setiap negara apalagi dengan keadaan perekonomian seperti saat ini maka cadangan devisa yang besar akan semakin menjaga stabilitas perekonomian.

Demikianlah 3 Fakta tentang emas yang wajib kamu ketahui. Emas memiliki banyak kegunaan dan selalu menjadi favorit investasi jangka panjang.

Semakin tertarik dengan emas?

——-

BACA JUGA:

Diawasi BAPPEBTI Kini Investasi Emas Digital di Tamasia Semakin Aman

3 Tips Hindari Boros dalam Mengelola Gaji Bagi Para Fresh Graduate

3 Manfaat Rutin Financial Check Up Setiap Bulan Yang Harus Kamu Ketahui

——-

Tamasia adalah Aplikasi beli emas mulai dari Rp 10.000 sehingga kamu bisa memulai untuk punya tabungan emas dan berinvestasi di emas. Tamasia berada di bawah pengawasan Bappebti. Emas aman tersimpan di lembaga kliring resmi dan 100% didukung oleh emas LM Antam. Download gratis sekarang di android dan iOS!

Facebook Comments

Share your thoughts