Mau Rutin Berkurban Setiap Tahunnya? Cara Ini Dapat Kamu Terapkan!

Bagi umat muslim diseluruh dunia, Idul Adha menjadi hari yang ditunggu dan dirayakan pada tanggal 10 Dzulhijah setiap tahunnya. Untuk itu kita perlu tahu cara qurban setiap tahun pada Idul Adha. Karena menjadi momen yang dirayakan oleh semua umat muslim dengan cara berqurban baik kambing ataupun sapi.

Untuk membeli hewan ternak tersebut memang tidak semua orang mampu secara finansial. Harga hewan ternak yang selalu mengalami kenaikan setiap tahunnya membuat banyak orang merasa berat untuk membelinya apalagi jika memiliki penghasilan yang terbatas. Walaupun masih terasa berat untuk berqurban tetapi itu bukan menjadi halangan yang utama bagi umat muslim yang bersungguh-sungguh dan punya niat yang tulus.

Apakah kamu sudah menyiapkan dana untuk membeli hewan kurban? Ada beberapa tips yang dapat memudahkanmu untuk menabung agar bisa berqurban setiap tahunnya.

Bagaimana caranya?

1. Menabung Uang Setiap Bulan

Untuk menyiasati kenaikan harga sapi atau kambing setiap tahunnya untuk berkurban, kamu dapat menggunakan menabung secara rutin setiap bulannya. Untuk menabung ini sebaiknya dengan menggunakan rekening bank yang terpisah dari rekening untuk kebutuhan sehari-hari.

Dengan cara menabung setiap bulannya akan memudahkanmu untuk membeli hewan ternak untuk berkurban tahun depannya. Cara ini memang sudah umum tetapi ini merupakan cara mudah yang dapat dilaksanakan oleh siapapun.

Sepertinya sederhana tetapi menabung rutin setiap bulan secara konsisten dalan jangka waktu 10-11 bulan tentu saja bukan hal yang mudah. Cara ini juga memiliki kegagalan yang lebih besar. Kenapa? Dikarenakan saat ditengah jalan kamu dapat tergoda untuk  mengambil uang tabungan tersebut.

Alhasil uang yang sudah kamu kumpulkan dari penyetoran tiap bulan tidak dapat untuk membeli hewan kurban. Untuk mengurangi kegagalan tersebut saat ini kamu dapat menggunakan tabungan khusus kurban yang telah disediakan oleh beberapa bank. Tabungan ini menggunakan fasilitas autodebet yang secara otomatis akan memotong setiap bulannya dari rekening utama yang kita miliki sehingga lebih rutin dan tidak mudah ditarik.

2. Menabung Emas Setiap Bulan

cara qurban setiap tahun

Selain menggunakan cara menabung di tabungan bank, ada cara lain yang lebih efektif yaitu dengan menabung emas. Cara ini relatif lebih mudah dan aman terhindar dari godaan untuk mengambil uang secara tiba-tiba. Jika dalam bentuk emas, kamu akan tidak mudah untuk tergoda mengambilnya..

Selain itu harga emas relatif mengalami kenaikan setiap tahunnya dan terhindar dari resiko mengalami penurunan harga yang besar yang dapat membuatmu merugi. Emas juga merupakan investasi yang tergolong likuid atau mudah untuk dicairkan sehingga tidak perlu khawatir ketika Idul Adha tahun depan datang maka dapat kamu jual kembali emas tersebut.

Menabung emas saat ini semakin mudah dengan menggunakan aplikasi dari smartphone. Kamu dapat menabung emas menggunakan aplikasi Tamasia hanya dimulai dari 10 ribu saja. Lewat aplikasi tersebut akan memudahkanmu untuk mencapai tujuanmu membeli hewan kurban tahun depan.

Dari cara-cara diatas dapat kamu terapkan dengan niat yang utama maka berkurban setiap tahun bisa dapat kamu laksanakan. Untuk itu penting sekali untuk menyiapkan diri dengan niat dan komitmen yang kuat untuk rutin setiap bulan.

Semoga kita semua dapat berkurban rutin setiap tahunnya.

——-

BACA JUGA:

 Bagaimana Dinar Dirham Menyelamatkan Masa Depanmu

Menjadi Millennial Mapan, Apa Saja Persiapannya?

Nikah Biaya Sendiri? Menabung Dulu, Begini Caranya

——-

Tamasia adalah Aplikasi beli emas mulai dari Rp 10.000 sehingga kamu bisa memulai untuk punya tabungan emas dan berinvestasi di emas. Tamasia berada di bawah pengawasan Bappebti. Emas aman tersimpan di lembaga kliring resmi dan 100% didukung oleh emas LM Antam. Download gratis sekarang di android dan iOS!

Facebook Comments

Share your thoughts