Cara Meredam Emosi

Coba Beberapa Cara Ini Untuk Meredam Emosi Agar Lebih Tenang

Siapa yang tidak pernah marah? Rasanya setiap orang pasti pernah memiliki emosi yang bisa tak terkontrol hingga membuat marah. Biasanya ini terjadi karena keadaan atau kondisi yang sedang tidak baik dan ada banyak hal yang dapat memicunya. Dari yang hal paling penting hingga sepele pun kadang bisa memicu emosi seseorang.

Sebenarnya, setiap orang punya tingkatan emosinya masing-masing.  Memang, mengontrol emosi bukan lah hal yang mudah seperti membalikkan telapak tangan. Ada yang dapat mengendalikan emosinya dengan baik tapi nggak sedikit juga yang nggak bisa mengendalikan emosi sehingga berakibat buruk untuk kesehatan jangka panjangmu. Saat emosi memuncak biasanya tekanan darah akan meningkat akibat jantung yang memompa darah lebih cepat dan tak beraturan.

Jika terus seperti itu akan berdampak pada beberapa keluhan seperti sakit kepala, nyeri dada bahkan hingga sesak napas loh. Jadinya akan berdampak buruk untuk kesehatan kan. Nah jika kamu mulai emosi, ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk meredam emosi.

BACA JUGA: 5 Langkah Cara Hidup Bahagia Yang Harus Kamu Coba

1. Kalau saat emosi biasanya nafas jadi nggak beraturan, coba kamu ambil nafas dalam-dalam dan keluarkan hingga kamu tenang

Cara Meredam Emosi

Salah satu cara untuk meredakan emosi yang paling sederhana adalah menarik nafas dalam-dalam sangat cocok saat tubuh menjadi tegang. Ini adalah teknik agar tubuh menjadi rileks agar banyak oksigen yang masuk ke dalam tubuh agar lebih tenang. Pejamkan mata secara perlahan lalu tarik napas dalam-dalam. 

Cara ini sama sederhana bukan? Hanya  dengan menghirupnya dari hidung dan mengeluarkannya secara perlahan dari mulut. Terus ulangi teknik ini berulang-ulang hingga tubuhmu merasa tenang Bayangkan saja emosi yang tadi di hatimu ikut keluar bersama nafas yang kamu keluarkan dan hembuskan. Lakukan beberapa kali supaya hatimu lega.

2. Setelah emosi mu mulai sedikit demi sedikit berkurang, coba lah cari tempat yang sepi dan tenang kemudian coba duduk dan istirahat

Setelah mengambil nafas dalam dalam dan dihembuskan kemudian langkah selanjutnya adalah mencari tempat tenang dan cobalah duduk dan istirahat. Bisa jadi emosimu timbul karena situasi hati yang kurang baik atau suasana hati yang kurang mendukung alhasil emosi gampang meledak. 

Dengan kamu duduk kamu bisa lebih fresh dan beristirahat sejenak untuk lebih tenang dan memperbaiki suasana hatimu. Setelah tenang, kamu bisa mulai mengevaluasi apa penyebabnya kamu dalam waktu sekejap emosi. Dijamin nggak lama lagi kamu bakal lebih tenang dan dapat mengendalikan emosi sesaat.

3. Kontrol emosimu dengan merilekskan otot-otot dengan mendengarkan musik

Cara Meredam Emosi

Cara berikutnya untuk meredam emosimu kamu hanya dengan beberapa gerakan. Coba kamu regangkan otot-ototmu dengan melakukan beberapa gerakan dari kepala hingga kaki. Lemaskan semua badan-badanmu dengan berbagai gerakan dengan gerakan bahu, leher, pundak, punggung dan lainnya. 

Nah selain melemaskan otot-otot coba kamu ikuti dengan mendengarkan lagu-lagu tenang yang kamu suka. Ikuti irama musik dengan menggerakkan tubuhmu sambil melemaskan otot. Dengan begitu tubuhmu akan lebih merasa rileks agar lebih tenang untuk meredam emosi.

Jika kamu mulai emosi coba deh untuk menerapkan tiga cara diatas. Cara sederhana yang bisa membuatmu meredam emosi. Mudah bukan?

——-

BACA JUGA:

Sering Galau Apa Kata Orang Tentang Pilihan Hidup? Jangan Buang Waktumu Lagi

Sering Menunda Membeli Emas? Ini Waktu Yang Tepat Membeli Emas

4 Tantangan Yang Harus Kamu Hadapi Demi Menjalani Hidup Yang Lebih Baik

——-

Tamasia adalah Aplikasi beli emas mulai dari Rp 10.000 sehingga kamu bisa memulai untuk punya tabungan emas dan berinvestasi di emas. Tamasia berada di bawah pengawasan Bappebti. Emas aman tersimpan di lembaga kliring resmi dan 100% didukung oleh emas LM Antam. Download gratis sekarang di android dan iOS!

Facebook Comments

Share your thoughts