Mau Cara Cepat Bebas Dari Utang? 3 Hal Ini Bisa Kamu Terapkan!

Masih banyak dari kita saat ini yang berkeinginan untuk segera mencapai kebebasan finansial secepat mungkin bahkan di usia muda. Salah satu kondisinya tersebut ditunjukkan dengan cara dimana saat sudah bebas dari segala tagihan utang yang dimiliki.

Masalahnya kondisi bebas dari utang tidak bisa dirasakan oleh seluruh orang saat ini tetapi masih banyak cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi hal tersebut. Kebutuhan-kebutuhan yang semakin naik tiap tahunnya dengan pemasukan yang terbatas malah cenderung tidak mengalami kenaikan.

Pada akhirnya, dengan kondisi terdesak maka banyak yang mengambil jalur meminjam utang agar dapat terus memenuhi keinginan. Namun, kebiasaan berutang akan menjadi bumerang jangka panjang bagi si peminjam.

Dalam ilmu perencanaan keuangan batas aman ketika berutang adalah sebesar rasio 30% dari pendapatanmu setiap bulannya. Kebiasaan berutang yang tidak terkontrol akan membuat peminjam bisa melebih dari besaran rasio tersebut.

Bagi yang sudah memiliki utang saat ini ada tiga cara yang dapat kamu jalankan:

1. Cara Utama untuk Segera Bebas Utang dengan Segera Melunasinya

Cara Bebas Utang 1

Kebiasaan selalu menumpuk utang setiap bulannya tanpa terencana dengan baik maka tanpa sadar akan dapat merasa tercekik bagi pihak peminjam. Untuk itu prioritas utama buat kamu yang saat ini sedang terjerat utang maka segera dahulukan lunasi utang dengan bunga yang tinggi.

Dikarenakan utang dengan bunga yang tinggi akan membuat rasio batas utang mu semakin membengkak (lebih dari 30%). Ini akan berdampak buruk terhadap perencanaan keuangan yang sudah kamu buat setiap bulannya.

Memang tidak mudah untuk melunasi utang dengan bunga tinggi namun bukan berarti bisa diabaikan. Jika kondisimu dalam keadaan seperti itu maka fokus untuk berhemat untuk menekan biaya pengeluaran lain karena prioritaskan untuk membayar utang.

2. Cara Berikutnya dengan Membuat Perencanaan Keuangan dan Anggaran Yang Lebih Baik Agar Segera Bebas dari Utang

Cara Bebas Utang 2

Rata-rata kondisi berutang disebabkan oleh perencanaan keuangan yang buruk. Perencanaan keuangan yang baik akan membantumu untuk menyusun anggaran setiap bulannya. Jika sudah membuat anggaran seperti konsumsi, investasi, liburan dan lainnya maka akan memudahkanmu untuk terjauh dari sifat berutang.

Setelah dapat melunasi utang dengan bunga tinggi maka cara berikutnya kamu harus membuat perencanaan keuangan agar dapat terhindar dari sifat boros. Dengan lebih hemat akan membantumu untuk berhemat dan bisa membantu membayar utang-utang lain yang masih kamu miliki.

Kurangi sifat konsumtif seperti boros makan di restoran dan belanja pakaian yang ingin dibeli setiap sedang jalan ke mall.

3. Tidak Tergantung pada Gaji Utama dengan Mencari Sumber Pendapatan Lain

Cara Bebas Utang 3

Jika kamu merasa pemasukan saat ini masih kurang jika dibandingkan pengeluaran setiap bulannya maka sudah saatnya untuk mendapatkan pekerjaan sampingan agar membantumu terbebas dari sifat ingin berutang. Jenis pekerjaan dapat disesuaikan dengan skill yang kamu miliki.

Kamu dapat memaksimalkan waktu dan skill yang dimiliki untuk mencari penghasilan tambahan seperti mencari pekerjaan freelance yang dapat tetap dikerjakan tanpa mengganggu pekerjaan utama. Rata-rata pekerjaan freelance dapat dikerjakan secara online dan dimana saja tanpa harus terikat tempat dan waktu.

Dari ketiga cara diatas hal yang lebih penting adalah kamu harus dapat terus melatih diri agar tidak mudah dalam berutang. Hindari sifat boros dengan memiliki perencanaan keuangan dan dapat membedakan antara kebutuhan dan keinginan.

Hidup tanpa utang akan membuatmu lebih nyaman dan tenang.

——-

BACA JUGA:

Beli Emas Online di Tamasia Lebih Mudah dari Beli Emas Antam di Bank

3 Masalah Keuangan Generasi Milenial, Apakah Kamu Juga Mengalaminya?

Apakah Emas Bisa Menjadi Investasi Pelindung Nilai yang Aman?

——-

Tamasia adalah Aplikasi beli emas mulai dari Rp 10.000 sehingga kamu bisa memulai untuk punya tabungan emas dan berinvestasi di emas. Tamasia berada di bawah pengawasan Bappebti. Emas aman tersimpan di lembaga kliring resmi dan 100% didukung oleh emas LM Antam. Download gratis sekarang di android dan iOS!

Facebook Comments

Share your thoughts